Program Hamil

PROGRAM HAMIL
23 Desember 2020

12 Tes Kehamilan Alami Tanpa Testpack yang Akurat

Selain untuk masak, penggunaan baking soda ternyata bisa dibuat sebagai tes kehamilan alami, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Daftar isi artikel

Jika Moms tidak yakin apakah sedang hamil atau tidak maka mungkin tidak ada salahnya mencoba tes kehamilan alami buatan sendiri. Tes ini seringnya menggunakan bahan-bahan rumah tangga yang sudah tersedia.

Untuk ketahui kehamilan biasanya diperlukan test HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang sering disebut hormon kehamilan karena dibuat oleh sel-sel yang terbentuk di dalam plasenta, yang memberi nutrisi pada sel telur setelah dibuahi dan menjadi melekat pada dinding rahim.

Menurut American Pregnancy Association, Tingkat pertama dapat dideteksi dengan tes darah sekitar 11 hari setelah pembuahan dan sekitar 12-14 hari setelah pembuahan dengan tes urin. Tapi, tak jarang beberapa orang sebelum tes tersebut melakukan tes kehamilan alami.

12 Tes Kehamilan Alami

Moms pasti bertanya-tanya memangnya ada tes kehamilan alami tanpa test pack? Ternyata beberapa orang masih meyakini bisa melakukan test kehamilan alami yang dibuat sendiri. Nah, berikut ini beberapa tes kehamilan alami tersebut:

1. Tes Kehamilan Garam

Tes kehamilan alami, Foto : Orami Photo Stock

Setiap rak dapur akan memiliki garam di dalamnya. Yang Moms butuhkan untuk tes kehamilan dengan garam adalah sampel urin yang dikumpulkan di pagi hari, satu atau dua sejumput garam dan gelas bersih untuk mencampur bahan-bahannya.

Cara membuat tes kehamilan alami tanpa test pack ini adalah tambahkan sampel urin ke gelas dan teteskan satu atau dua sejumput garam. Tunggu tiga menit. Jika Moms sedang hamil, Moms akan melihat bahwa gumpalan putih krem ​​terbentuk dari reaksi tersebut. Jika tidak ada reaksi yang terjadi antara urine dan garam, berarti Moms tidak hamil.

2. Tes Kehamilan Gula

Tes kehamilan alami, Foto : Orami Photo Stock

Gula adalah sesuatu yang selalu Moms simpan di rumah. Untuk alasan ini, metode ini dianggap yang paling mudah. Yang Moms butuhkan untuk tes kehamilan dengan gula ini hanyalah sampel urin yang dikumpulkan segera setelah Moms bangun, satu mangkuk, dan satu sendok makan gula. Inilah yang perlu Moms lakukan.

Cara melakukan tes kehamilan alami ini yaitu tambahkan gula ke dalam mangkuk dan tuangkan sampel urin di atasnya. hCG yang ada dalam urin tidak melarutkan gula dengan mudah. Jika Moms melihat gumpalan pembentukan gula dalam urin, berarti Moms hamil. Jika gula mudah larut dalam urin, ini menandakan bahwa Moms tidak hamil.

Baca Juga: Fakta Hormon HCG dalam Kehamilan, Hormon yang Membuat Test Pack Jadi Positif

3. Tes Kehamilan Baking Soda

Tes kehamilan alami, Foto : Orami Photo Stock

Biasanya Moms menggunakan manfaat baking soda di dapur untuk berbagai keperluan, terutama saat membuat roti beragi. Tapi itu juga memiliki kekuatan untuk menunjukkan jika Moms hamil. Untuk itu, yang Moms butuhkan hanyalah soda kue, sampel urine, dan cangkir bersih.

Ambil cangkir bersihnya. Tambahkan soda kue ke dalamnya. Sekarang, tambahkan sampel urin yang dikumpulkan. Jika Moms melihat bubuk pemutih bereaksi dengan urine menghasilkan gelembung dan desis, Moms harus menganggap diri Moms hamil. Jika tidak ada reaksi dan solusinya mengendap, maka Moms belum hamil lewat test kehamilan alami tanpa test pack ini.

4. Tes Kehamilan Gandum & Barley

Tes kehamilan alami, Foto : Orami Photo Stock

Gandum dan barley adalah bagian dari sistem pangan setiap India. Tahukah Moms bahwa mereka juga dapat membantu Moms menentukan status kehamilan Moms? Iya! Kedua benih berkecambah dua kali lebih cepat dalam urin wanita hamil daripada di air. Untuk pengujian, Moms membutuhkan biji barley dan gandum, sampel urin, dan mangkuk bersih.

Ambil mangkuk, tuangkan sampel urin, dan tambahkan biji gandum dan barley ke dalamnya. Biarkan selama dua hari agar berkecambah. Jika Moms melihat benih berkecambah dalam beberapa hari, berarti Moms hamil. Jika mereka belum bertunas, berarti Moms belum hamil.

Analisis yang diterbitkan oleh Cambridge Journal of Medical History pada tahun 1963 menemukan bahwa sekitar 70% kasus ketika seorang wanita hamil, benih berkecambah. Beberapa benih berkecambah ketika seorang wanita tidak hamil bisa jadi ini pilihan tes kehamilan alami dan akurat.

5. Tes Kehamilan Serbuk Mustard

Tes kehamilan alami

Jika Moms mengalami keterlambatan haid dan curiga bahwa Moms hamil, Moms dapat menggunakan alat tes kehamilan buatan sendiri ini sebagai pengganti terburu-buru ke apotek untuk membeli alat tes kehamilan. Yang Moms butuhkan untuk tes ini adalah setengah hingga cangkir bubuk mustard dan bak mandi berisi air hangat. Bubuk mustard dikatakan bisa memanaskan tubuh Moms dan membantu Moms menyingkirkan periode tertunda.

Tambahkan bubuk mustard ke air bak mandi hangat dan rendam diri Moms di dalamnya selama sekitar 20 menit. Tunggu selama dua hingga tiga hari. Jika Moms mengalami menstruasi setelah menunggu, Moms mungkin hamil. Namun, jika Moms mengalami menstruasi, itu menMomskan bahwa Moms belum hamil.

6. Tes Kehamilan Daun Dandelion

Tes Kehamilan Alami

Tes kehamilan di rumah ini terbukti sangat akurat. Jadi, jika Moms memiliki tanaman dandelion di halaman belakang rumah, Moms bisa memanfaatkan pengujian ini. Yang Moms butuhkan hanyalah beberapa daun dandelion, lembaran plastik, dan sampel urin Moms dikumpulkan di pagi hari.

Tempatkan beberapa daun dandelion di atas seprai, pastikan tidak langsung di bawah sinar matahari. Tuang sampel urine di atas daun dan tunggu selama 10 menit. Jika Moms mengamati daun berubah menjadi coklat kemerahan atau pembentukan gelembung, anggaplah Moms sedang hamil! Jika tidak ada perubahan pada daunnya, berarti Moms belum hamil.

Baca Juga: Tes Kehamilan dan Waktu Tepat untuk Mengujinya

7. Menyimpan Tes Kehamilan Urine

Tes kehamilan alami, Foto : Orami Photo Stock

Tes kehamilan buatan sendiri yang efektif lainnya hanyalah mengamati urin Moms yang tersimpan. Yang Moms butuhkan hanyalah toples kaca dan sampel urin dikumpulkan di pagi hari.

Tambahkan sampel ke dalam toples kaca dan simpan selama sekitar 24 jam. Jika Moms melihat lapisan tipis atau lapisan tipis terbentuk di permukaan sampel yang disimpan, berarti Moms hamil. Tidak adanya lapisan atau film apa pun menunjukkan bahwa Moms belum hamil.

8. Tes Kehamilan Pasta Gigi

Tes kehamilan alami, Foto : Orami Photo Stock

Ini adalah tambahan terbaru pada daftar tes kehamilan buatan rumah karena pasta gigi tidak tersedia pada saat nenek kami melakukan tes. Untuk cara ini, Moms hanya bisa menggunakan pasta gigi berwarna putih untuk hasil yang akurat. Pasta gigi berwarna mungkin mengandung bahan kimia tambahan yang dapat mengganggu hasil. Yang Moms butuhkan untuk tes kehamilan di rumah dengan pasta gigi hanyalah mangkuk bersih, dua sendok makan pasta gigi putih, dan urine yang dikumpulkan di pagi hari.

Tes kehamilan alami caranya dengan campur dua sendok makan pasta gigi dan satu sendok makan air seni dalam mangkuk. Jika pasta gigi berubah menjadi biru dan berbusa, berarti Moms hamil. Jika pasta gigi tidak bereaksi dengan urine, berarti Moms tidak hamil.

Meskipun tes kehamilan alami dan akurat ini efektif, Moms tidak pernah dapat mengMomslkannya karena tidak tahu jumlah pasti urin yang akan ditambahkan ke pasta gigi dan juga tidak tahu berapa lama kami harus menunggu reaksi terjadi.

9. Tes Kehamilan dengan Sabun

Tes kehamilan alami, Foto : Orami Photo Stock

Ini adalah tes yang mudah dan cepat yang dapat Moms lakukan di rumah tanpa kerumitan. Yang Moms butuhkan hanyalah sabun. Bisa dari semua jenis, merek, atau bahan. Selain itu, Moms membutuhkan mangkuk lebar dan sampel urin pertama hari itu.

Tempatkan sabun dalam mangkuk lebar dan tuangkan dua sendok makan air seni ke atas sabun. Jika sabun bereaksi dengan urine menghasilkan gelembung dan buih, berarti Moms hamil. Jika Moms mengamati tidak ada reaksi, Moms tidak hamil.

10. Tes Kehamilan Shampo

shampoo

Ini senyaman tes sabun dan pasta gigi. Moms dapat menggunakan sampo apa pun dan Moms tidak memerlukan alat khusus untuk mengujinya. Yang Moms butuhkan hanyalah air, sampel urin pertama dikumpulkan segar di pagi hari, dua tetes sampo, dan mangkuk bersih untuk mencampur semua bahan.

Campurkan dua tetes sampo dan air dalam mangkuk bersih. Kocok perlahan agar tidak berbusa. Tambahkan urine dan tunggu sampai bereaksi. Jika sampo mulai berbusa dan berbusa, berarti Moms hamil. Jika Moms tidak melihat reaksi, Moms tidak hamil.

Catatan hati-hati saat mencampur sampo dan air. Aduk perlahan untuk menghindari pembentukan buih. Buih akan mengganggu tes dan akhirnya memberi Moms hasil yang salah.

Baca Juga: Test Pack Kesuburan dan Test Pack Kehamilan, Apa Bedanya?

11. Tes Kehamilan Cuka

cuka.jpg

Bahan cuka ini tidak hanya menambah rasa pada masakan makanan tetapi juga telah terbukti menjadi bahan yang berguna dalam tes kehamilan alami tanpa test pack.

Moms cukup menggunakan cuka putih terjangkau yang tersedia di pasaran untuk tes ini. Selain itu, Moms memerlukan sampel urin yang dikumpulkan di pagi hari dan gelas bersih untuk mencampurkan keduanya.

Ambil cuka di gelas bersih dan tambahkan sampel urin ke dalamnya secara perlahan. Dalam kasus kehamilan, akan ada perubahan warna solusinya. Jika tidak ada perubahan warna larutan, Moms belum hamil.

12. Tes Kehamilan dengan Pemutih

Tes kehamilan alami

Cara membuat tes kehamilan alami ini menurut pendapat populer yaitu kumpulkan 1/2 cangkir urin Moms dalam wadah kecil dan tambahkan 1/2 cangkir pemutih ke dalamnya. Tunggu 3 hingga 5 menit. Jika berbusa dan berbusa, itu adalah hasil yang positif.

Tes ini bisa berbahaya jika Moms menghirup asap atau mengoleskan campuran ke kulit Moms. Gunakan sarung tangan saat menangani pemutih dan pastikan untuk menghindari asapnya. Jangan buang air kecil langsung di atas secangkir pemutih, karena uapnya dapat mengiritasi kulit Moms.

Bagaimana cara kerjanya diyakini bahwa hormon hCG dalam urin bereaksi dengan pemutih dan menyebabkannya berbusa dan mendesis.

Seperti pengujian lainnya, Moms mungkin lebih baik menggunakan produk rumah tangga ini untuk salah satu tujuan yang dimaksudkan. Selain itu, urine dari wanita tidak hamil dapat menyebabkan reaksi yang sama.

Baca Juga: Seberapa Akurat Tes Kehamilan?

Meskipun Moms tergoda untuk memilih alat tes kehamilan alami buatan sendiri yang dibuat dengan bahan lemari daripada yang dibeli di toko, kenyataannya tidak terbukti secara ilmiah akurat.

Mereka mungkin menyenangkan untuk dicoba sebelum menggunakan metode yang sudah terbukti, tetapi jangan menganggap serius hasilnya dan tentu saja tidak mendasarkan keputusan kesehatan Moms pada mereka.

Jika Moms merasa hamil, hubungi dokter Moms segera sehingga Moms dapat melakukan tes kehamilan dan memulai perawatan prenatal. Jika Moms mencoba untuk hamil, Moms harus mengonsumsi vitamin prenatal dengan asam folat.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait