Selebriti

10 November 2020

Terbuka Soal Tumor Tiroidnya, Anak Thalita Latief Jadi Ekstra Perhatian

Anak adalah segalanya untuk seorang Thalita Latief
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Didiagnosis mengidap tumor tiroid bukanlah hal yang mudah untuk Thalita Latief. Apalagi saat diagnosis, tumor yang dideritanya sudah masuk dalam grade 4 atau sudah masuk dalam kategori tumor ganas, yang jika tidak segera diobati bisa memicu kanker.

Bagi dirinya dan keluarga sendiri juga suami, tentu ini merupakan perjalanan yang menantang. Terlebih lagi untuk anak semata wayangnya, Rafello Dimitri Rizky. Bukan hal yang mudah untuk menjelaskan hal ini pada Si Kecil.

Baca Juga: Diagnosis dan Penanganan Tumor Otak pada Anak

Lalu bagaimana cara Thalita Latief memberikan pengertian tentang tumor tiroidnya kepada sang anak?

Yuk simak cerita Thalita yang disampaikan dalam video berjudul “Bicara Pada Anak Tentang Penyakitnya, Ini Yang Dilakukan Thalita Latief”, di akun YouTube Orami Entertainment, bersama psikolog Liza Djaprie.

Sangat Terbuka dengan Anak

Thalita Latief tumor tiroid

Foto: YouTube Orami Entertainment

Meskipun dirinya sakit, Thalita mengaku bahwa ia tetap mengatakan pada anak dan tidak menyembunyikannya. Dirinya sangat terbuka dengan sang buah hati.

Saat mengidap tumor tiroid, ia juga menjelaskannya pada Si Kecil. Jadi selama dirinya menjalani perawatan di rumah sakit, Thalita pun masih berkomunikasi dengan anaknya melalui video call.

“Aku bilang kalau aku sakit dan menjelaskan kalau penyakit ini nggak seperti penyakit biasanya yang mudah sembuh. Butuh waktu lebih lama untuk disembuhkan,” Thalita menirukan saat dirinya menjelaskan pada Rafello.

Si Kecil masih bingung dan tidak langsung paham, oleh sebab itu Thalita menjelaskan dengan tujuan supaya Si Kecil mengerti bahwa ini penyakit yang lebih berbahaya dari pilek.

“Jadi menjelaskan dengan kata-kata yang sederhana, tapi anak tahu bahwa penyakit ini tuh lebih berbahaya dari penyakit biasanya. Cukup itu saja, jadi aku nggak menjelaskan seperti harus dioperasi atau dilakukan pembedahan dan lain sebagainya,” ucap Thalita.

Baca Juga: Hipoparatiroid dalam Kehamilan, Ini Penjelasan Lengkap yang Harus Moms Ketahui

Thalita juga meminta sang anak untuk mencoba meraba benjolan di lehernya, agar Si Kecil bisa lebih mengerti dan paham dengan kondisinya.

Si Kecil yang Jadi Ekstra Perhatian

Thalita Latief tumor tiroid

Foto: YouTube Orami Entertainment

Thalita bercerita bahwa pada awalnya Si Kecil Rafello memang kebingungan melihat perban yang begitu besar di leher bundanya. Dan kebetulan saat operasinya sudah selesai, dari bagian dada ke atas hingga kepala Thalita memang sedikit kaku dan tidak bisa terlalu bebas bergerak. Hal ini terjadi hingga ia sudah boleh pulang ke rumah.

"Anakku jadi udah takut duluan saat ngeliat aku pulang dengan perban yang besar di leher," tutur Thalita kepada Liza.

Melihat kondisi Thalita saat pulang ke rumah, hal ini juga membuat Si Kecil menjadi lebih ekstra care, perhatian, dan sangat membantu.

“Dia sering tanyain, Bunda udah makan belum, udah minum obat belum. Bahkan dia sering bawain aku roti atau makanan kalau lagi nggak kuat jalan,” cerita Talita tentang anaknya.

Thalita bercerita bahwa Rafello sangat perhatian dan tidak pernah merengek meminta dirinya pulang saat menjalani perawatan di rumah sakit. Dan lucunya lagi Rafello sering mengirimkan foto dari gambar yang ia buat sendiri, lalu dikirimkan kepada sang ibu.

"Hal ini justru jadi penguatan tersendiri buat aku," kenang Thalita.

Memilih untuk Merawat Rafello Sendiri

Thalita Latief tumor tiroid

Foto: YouTube Orami Entertainment

Tidak seperti figur publik lainnya yang mungkin memilih untuk menggunakan jasa nanny untuk merawat anak-anaknya dikarenakan jadwal yang sibuk, Thalita justru mengaku bahwa dirinya merawat Rafello sendiri sejak lahir.

Rafello juga menerima ASI eksklusif selama enam bulan, bahkan Thalita tidak segan membawa anaknya saat kerja. Rafello juga sempat diajak syuting bareng dengan Thalita.

"Aku memang punya banyak pengalaman berdua dengan Rafello, bahkan kita juga sempat punya acara parenting bareng. Jadi aku memang sangat dekat dengan anakku dan kita sering punya waktu ekstra bareng," kata istri dari Dennis 'Lyla' ini.

Baca Juga: Sempat Depresi Hingga Lakukan Percobaan Bunuh Diri, Kini Shafa Harris Telah Bangkit

Bangga Bisa Mewujudkan Mimpinya untuk Anak

Thalita Latief

Foto: YouTube Orami Entertainment

Thalita mengaku bahwa dirinya lebih suka menabung untuk traveling, daripada menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang tidak penting. Dirinya lebih senang uangnya bisa digunakan untuk mengajak anaknya jalan-jalan.

"Jadi aku sama anakku udah ke beberapa benua dengan umurnya yang belum genap 8 tahun. Itu udah menjadi satu anugerah dan kebanggaan untuk aku bahwa aku bisa kasih lihat dunia ke anakku. Anakku sudah pernah lihat Aurora misalnya. Jadi hal-hal yang aku belum pernah lihat saat seusia dia, sekarang bisa aku kasih ke dia," ungkap Thalita.

Menurut Thalita, ini merupakan salah satu mimpinya yang bisa terwujud dan bisa ia berikan kepada Rafello.

Hal-hal seperti inilah yang menurut Thalita menjadi kekuatannya untuk bekerja lebih giat, yaitu untuk membahagiakan keluarga, untuk bahagiain anak, dan orang tua. Jadi untuk Thalita sekarang ia bekerja untuk tujuan yang ingin ia capai, bukan tanpa tujuan.

"Jadi ingin lebih memanfaatkan momen dan tidak ingin kehilangan waktu," kata aktris kelahiran tahun 1988 ini.

Rafelo adalah Alasan Thalita untuk Hidup

Thalita Latief

Foto: YouTube Orami Entertainment

Setiap ibu pasti sangat menyanyangi anaknya, begitu pula dengan Talita. Ia juga mengatakan bahwa dirinya sangat dekat dengan anaknya tersebut, meskipun ia sibuk dengan jadwal syutingnya.

Baca Juga: Momen Ibu-Anak Raya Kitty dan Abqari Zia yang Baru Berulang Tahun Pertama

Dirinya mengaku bersyukur memiliki Rafelo, dan bisa berbagi suka duka dengan anak semata wayangnya itu.

“Semua yang aku lakukan, semuanya adalah untuk anakku Rafelo dan keluargaku. Anakku itu ya alasan aku untuk hidup,” ujar Thalita.

Thalita mengatakan bahwa dirinya akan berjuang untuk bisa sembuh sepenuhnya. Ia tulus menjalani semua pengobatan yang dibutuhkan agar bisa sembuh.

Itu dia cerita perjalanan Thalita Latief dengan tumor tiroidnya. Untuk melihat wawancara lebih lengkapnya, silakan simak video di bawah ini ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait