Fashion & Beauty

1 Agustus 2021

Threading Alis Lebih Baik dari Sulam dan Waxing, Benarkah?

Karena alis yang rapi adalah impian para wanita!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Threading alis sudah menjadi pilihan banyak perempuan untuk menunjang penampilan. Namun bukan hanya threading alis, ada beberapa perawatan alis yang bisa membuat penampilan Moms terlihat lebih sempurna.

Tak bisa dipungkiri bahwa memiliki bentuk alis yang sempurna adalah impian bagi banyak wanita. Meskipun tidak ada alis yang sangat simetris antara kanan dan kiri, tetapi bentuk alis yang sesuai dapat memengaruhi bentuk wajah agar terlihat lebih bagus.

Apalagi, Moms tak perlu susah payah menggambar alis menggunakan produk kosmetik yang bisa menghabiskan banyak waktu. Apalagi perlu mengoreksi jika dilihat kembali bentuk alisnya tidak sempurna.

Moms mungkin pernah mendengar beberapa cara untuk merapikan alis, baik itu dengan menggunakan metode waxing atau threading.

Tetapi, metode mana yang sebenarnya lebih baik? Lalu seperti apa dampak dan manfaat dari masing-masing metode merapikan alis? Cari tahu lebih lanjut di artikel ini ya, Moms.

Baca Juga: 11 Cara Meluruskan Rambut Keriting Secara Alami yang Patut Dicoba

Threading Alis

threadingalis

Foto: democratandchronicle.com

Threading alis melibatkan dua potong benang jahit, yang dililit dan diletakkan di bagian alis dan digerakan seperti gunting untuk mencabut rambut alis yang keluar dari tepi.

Threading alis dapat menyebabkan kemerahan karena melibatkan menarik kulit. Jika Moms takut akan rasa sakit, pikirkan 2 kali sebelum pergi ke salon threading alis.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Rambut Keriting yang Wajib Agar Tetap Sehat

Kelebihan Threading Alis

Seperti penjepit, ini adalah proses merapikan alis yang bebas bahan kimia, bermanfaat bagi Moms yang sensitif terhadap lilin, memiliki kulit sangat kering, atau sedang menggunakan produk anti-penuaan.

Kemerahan pada area yang dilakukan threading cenderung menghilang dalam waktu singkat. Prosesnya bisa dilakukan dengan sangat cepat.

Kekurangan Threading Alis

Teknik ini dapat dilakukan dalam waktu singkat tetapi ini berarti kesalahan dapat terjadi sama cepatnya.

Jika seorang profesional yang tidak berpengalaman melakukan teknik ini secara tidak benar, rambut alis dapat patah sehingga rambut kembali tumbuh lebih cepat.

Bergantung pada kepekaan seseorang dan keterampilan orang yang melakukan teknik ini, threading bisa terasa menyakitkan.

Benang yang tajam bahkan dapat menyebabkan luka kecil jika tidak dilakukan dengan benar.

Baca Juga: Agar Rambut Tak Rusak, Cari Tahu Tata Cara Keramas yang Baik Berikut Ini!

Hal yang Perlu Diketahui

Dilansir dari Glamour, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum melakukan threading alis. Ini dia!

1. Tidak Sakit

Hal terbesar yang membuat banyak orang mengurungkan niat untuk melakukan threading alis adalah takut merasa sakit. Namun ternyata, Moms tidak perlu takut melakukannya nih, Moms!

Threading alis dengan metode yang tepat takkan membuat kulit di area alis tidak akan terasa sakit. Jadi, Moms jangan khawatir, ya!

Jika Moms sangat gugup dan masih benar-benar takut, Moms bisa meminta spesialis untuk mencoba melakukan teknik threading alis di tangan Moms terlebih dahulu.

Ketika seseorang sudah merasakan pengalamannya dan merasa bahwa threading alis tidak menyakitkan, maka ia akan mencoba melakukannya.

2. Hasil yang Sempurna

Melakukan threading alis memiliki satu goal atau tujuan, yakni membuat alis terlihat sempurna. Bahkan untuk pemilik alis yang kecil sekalipun bisa melakan treatment ini.

Yang dimaksud dengan alis yang sempurna ini adalah membuat alis Moms memiliki bentuk yang presisi.

Threading alis sendiri akan membuat tidak ada sehelai alis pun yang tertinggal. Bahkan sehelai alis yang belum tumbuh sempurna pun bisa langsung kembali dihilangkan dengan mudahnya.

Threading alis sendiri bisa mengontrol pertumbuhan bulu alis lebih baik dibandingkan mencukurnya. Terlebih bentuknya pun akan terlihat sempurna.

3. Perawatan Lebih Mudah

Tidak seperti tweezing yang tak bisa selalu membersihkan bulu alis yang pendek, threading bisa menghilangkan semua bulu yang tak diinginkan dengan cara yang sangat mudah.

Hal tersebut memungkinkan bulu alis akan tumbuh pada saat yang bersamaan. Jadi, Moms tak perlu sama sekali melakukan pencabutan bulu alis dengan menggunakan pinset atau melakukan touch up setiap minggunya.

Sementara itu, ketika Moms sudah melakukan threading alis, Moms bisa kembali melakukan perawatan ini pada minggu ke 4 atau ke 5. Gampang banget, kan Moms perawatannya!

Baca Juga: Perhatikan! Ini 5 Kesalahan Mencatok yang Dapat Merusak Rambut

4. Prosesnya Cepat

Banyak profesional yang bisa melakukan treatment treading alis dengan cara yang cepat atau cukup singkat, Moms.

Jika Moms berekspektasi proses ini akan memakan waktu satu jam, hal tersebut bahkan tak mendekati waktu akuratnya sama sekali.

Proses threading alis sendiri bisa dilakukan dalam waktu 10 menit, paling lambat.

Jika Moms sudah memiliki bentuk alis yang bagus, maka proses threading alis bisa selesai lebih cepat lagi.

Baca Juga: Terburu-buru ke Kantor, Ini Cara Make Up Minimalis Kurang dari 15 Menit!

5. Solusi Terbaik

Threading alis bisa menjadi solusi terbaik untuk pembentukan alis karena hasilnya sangat presisi. Namun threading tak bisa dilakukan di tempat lain selain di bagian alis karena hasilnya yang tak akan efektif.

Hal tersebut dikarenakan proses ini mungkin akan memakan waktu yang panjang.

Jika Moms ingin menghilangkan bulu di bagian lain, Moms bisa mencoba untuk melakukan waxing saja karena prosesnya akan lebih cepat dari threading.

Tak hanya itu, laser pun bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghilangkan bulu di tubuh nih kalau Moms menganggap proses waxing sangat menyakitkan.

Nah itu dia Moms kelebihan dan kekurangan threading alis. Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membentuk alis. Yuk, simak selengkapnya!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Cat Rambut yang Halal untuk Rambut Berkilau

Waxing Alis

waxingalis

Foto: vanitee.com

Wax atau lilin diterapkan pada area rambut yang tidak diinginkan, seperti di antara alis, di bawah dan di atas garis alis alami.

Wax strip ditekankan dengan kuat pada kulit selama beberapa detik, sebelum ahli kecantikan dengan cepat mencabutnya melawan arah pertumbuhan rambut. Ada berbagai macam lilin, termasuk lilin gula, lilin kertas, dan lain sebagainya.

1. Kelebihan Waxing Alis

Waxing bisa cocok untuk orang-orang dengan rambut alis lebat atau kasar, atau untuk orang-orang yang butuh menghilangkan jumlah rambut lebih banyak.

Waxing juga merupakan pilihan yang baik untuk mereka yang tidak kuat dengan rasa sakit jika dicabut dengan metode tweezing.

Banyak orang menyukai metode waxing karena cepat dan menguntungkan serta praktisi diajarkan waxing di sekolah kecantikan.

2. Kekurangan Waxing Alis

Waxing tidak dianjurkan untuk penderita rosacea atau mereka yang menggunakan produk anti-aging lainnya atau resep anti-jerawat, karena waxing dapat menyebabkan atau memperburuk jerawat

Selalu pastikan untuk memberi tahu ahli kecantikan jika Moms menggunakan salah satu dari ini sebelum melakukan waxing.

Meskipun ini adalah proses yang singkat, waxing memberikan jumlah kontrol dan ketepatan paling sedikit dari metode lain. Metode ini juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang paling besar.

Rambut harus memiliki panjang tertentu agar lilin dapat bekerja maksimal untuk mencabut, sehingga waktu perawatan mungkin lebih lama.

Karena lilin juga melekat pada kulit, melakukan waxing berulang dari waktu ke waktu dapat menyebabkan kulit kendur dan hiperpigmentasi prematur.

Baca Juga: 3 Tips Makeup Tahan Lama dan Anti Luntur dari MUA Seleb, Ryan Ogilvy

Sulam Alis

microbladingalis

Foto: ashleyandthecity.com

Sulaman alis atau microblading adalah teknik tata rias “permanen” yang dilakukan dengan pisau kecil terbuat dari sederetan jarum yang lebih kecil.

Pisau microblading dicelupkan ke dalam tinta, dan kemudian digosokkan dengan ringan pada kulit dengan sapuan halus, meniru rambut.

Tidak seperti tato alis yang sering terlihat tidak alami dan tidak menarik, metode ini paling lama bertahan selama 3 tahun, memberikan Moms alis impian yang terlihat alami atau bisa disesuaikan dengan bentuk lain yang disukai.

1. Kelebihan Sulam Alis

Jika Moms tertarik dengan metode microblading, penting untuk mendapat informasi selengkap-lengkapnya.

Ada banyak hal indah tentang sulaman alis. Misalnya, selain ekstensi alis (mirip dengan ekstensi bulu mata), sulam alis adalah cara yang paling alami untuk mengoreksi alis yang jarang atau tidak rata, tanpa takut kehilangan rambut.

Hasil riasan semi permanen bertahan hingga 3 tahun, dan sangat sedikit sentuhan yang diperlukan. Karena hasilnya tidak sepenuhnya permanen, Moms tidak perlu khawatir tentang tren perubahan alis.

2. Kekurangan Sulam Alis

Ada beberapa risiko yang terkait dengan microblading. Microblading alis dilakukan dengan pisau yang memotong kulit, dan satu sesi dapat membutuhkan lebih dari 100 potongan kecil.

Jika orang yang melakukan microblading tidak terlatih dengan benar, mereka dapat memotong terlalu dalam atau melewati langkah-langkah sterilisasi yang penting, yang berpotensi menyebabkan infeksi. Ini adalah skenario terburuk.

Selain itu, kemungkinan teknisi microblading alis tidak melakukan pekerjaan dengan baik, dan memberikan bentuk alis yang miring.

Ada juga beberapa rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terlibat dalam proses, meskipun sebagian besar teknisi microblading akan menggunakan krim mati rasa sebelum melakukan prosedur.

Namun, krim ini mungkin tidak sepenuhnya efektif untuk semua orang, dan beberapa ketidaknyamanan mungkin masih terasa.

Baca Juga: 7 Cara Berdandan Formal Dalam 5 Menit

Mana Metode yang Sebaiknya Moms Pilih?

Tidak ada jawaban "benar" atau solusi untuk merapikan alis Moms, itu semua tergantung pada preferensi dan pengalaman pribadi.

Moms bisa pilih waxing alis jika kurang toleran terhadap rasa sakit dan tidak memiliki kulit sensitif. Jika Moms mencoba untuk menghilangkan rambut tubuh selain alis, waxing adalah cara yang tepat karena lebih efisien.

Waxing sangat cocok untuk alis super tebal dan untuk Moms yang ingin hasil instan, sehingga merupakan opsi yang baik jika Moms tidak suka threading.

Threading alis akan direkomendasikan jika Mom hanya ingin menghilangkan rambut yang tidak diinginkan di sekitar alis. Waxing bisa lebih merusak karena bahan kimia yang digunakan dan paparan keriput dini.

Threading baik untuk klien dengan kulit sensitif, dan baik untuk Moms yang sedang menjalani perawatan wajah dan perlu menghindar dari penggunaan bahan waxing.

Sementara sulam alis bisa Moms piilih jika ingin memiliki alis rapi dan tahan lama, dan karena ini merupakan semi-tato, Moms perlu memahami butuh perawatan lebih lanjut usai melakukan sulam alis.

Nah itu dia penjelasan mengenai threading alis beserta 2 metode alternatif lainnya. Jadi, metode mana yang ingin Moms coba?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait