Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Tidur Siang Saat Hamil Bisa Ganggu Tumbuh Kembang Janin, Benarkah?

Bagikan


Tidur Siang Saat Hamil Bisa Ganggu Tumbuh Kembang Janin, Benarkah?

Ada banyak mitos kehamilan yang beredar dan belum dibuktikan kebenarannya. Salah satu mitos yang kerap berkembang adalah tidur siang saat hamil dapat menganggu tumbuh kembang janin. Apakah hal ini benar? Nyatanya, hal ini kurang tepat.

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine mengungkapkan bahwa perempuan hamil yang tidur siang secara teratur dapat menurunkan risiko berat badan lahir rendah.

Baca Juga : Amankah Tidur Tengkurap Saat Hamil?

Berat badan lahir rendah dapat berisiko cukup serius seperti komplikasi kesehatan saat anak-anak dan dewasa seperti penyakit pernapasan dan hipertensi. Selain bermanfaat untuk energi selama hamil, nyatanya tidur siang saat hamil memiliki manfaat jangka panjang bagi kesehatan Si Kecil.

Dalam laporan tersebut, para peneliti di Cina menganalis data dari 10.111 peserta dalam studi Healthy Baby Cohort tahun 2012-2014.

Hasil lainnya menunjukkan bahwa ibu hamil yang tidur siang secara teratur dengan durasi 60-90 menit menurunkan risiko 30 persen untuk memiliki bayi berat badan lahir rendah. Hal ini dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak tidur siang.

Studi ini juga menunjukkan bahwa tidur siang 5-7 hari dalam seminggu juga menurunkan risiko memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah hingga 22 persen.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Dr. Suzanne Karan dari University of Rochester Medical Center di New York. “Studi tidur siang ini semakin memperkuat bahwa tidur adalah bagian penting bagi kesehatan kehamilan secara keseluruhan,” ujarnya.

Baca Juga : 7 Tips Tidur untuk Ibu Hamil Supaya Tetap Nyaman

Menurutnya, kehamilan adalah modal untuk kesehatan anak jangka panjang. Masalah kesehatan atau masalah lainnya yang dialami saat hamil dapat berdampak cukup panjang.

Selain itu, tidur siang juga bisa jadi siasat bagi Moms yang kesulitan tidur pada malam hari karena sering bolak balik ke toilet atau ketidaknyamanan fisik lainnya pada trimester ketiga.

Disamping memanfaatkan waktu siang hingga sore hari untuk tidur, ada berbagai cara agar Moms bisa mendapatkan istirahat cukup selama kehamilan.

Antara lain mengurangi minuman berkafein seperti soda, kopi dan teh. Batasi asupan minuman ini dari pagi atau sore hari. Moms juga harus hindari cairan atau makanan berat beberapa jam sebelum tidur. Moms bisa makan lebih banyak saat sarapan dan makan siang, kemudian mengurangi porsi saat malam hari.

Baca Juga : Ibu Hamil Susah Tidur Saat Trimester Ketiga? Ini Kiat Agar Bisa Tidur Nyenyak

Cara lain yang bisa dicoba adalah melakukan aktivitas tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Hal ini dapat membantu tubuh untuk memberi sinyal untuk tidur.

Jangan lakukan kegiatan terlalu berat sebelum tidur. Lakukan sesuatu yang lebih santai seperti membaca buku atau minum minuman hangat. Ingat bahwa asupan minuman yang masuk juga harus bebas kafein. Moms bisa mengonsumsi minuman seperti susu hangat.  

Susah tidur saat hamil juga bisa disebabkan oleh kram kaki. Moms bisa melakukan peregangan otot betis sebelum tidur. Tak kalah penting adalah asupan kalsium dan magnesium dalam makanan sehari-hari. Moms juga bisa mengikuti kelas yoga atau teknik relaksasi untuk membantu Moms lebih santai.

Setelah mengetahui manfaat tidur siang saat hamil, Moms sebaiknya tak mempercayai mitos kehamilan soal tidur siang.

Nyatanya, tidur siang saat hamil menyimpan manfaat. Jangan lupa untuk mengatur waktu tidur agar dapat istirahat cukup saat hamil.

Kalau Moms punya cara apa agar tidur cukup saat hamil?

(GSA)

Sumber : mother.ly, kidshealth.org

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.