Di atas 5 tahun

5 Maret 2019

Timnas U-22 Sukses jadi Jawara Piala AFF 2019, Begini Cara Memotivasi Anak yang Ingin jadi Atlet Profesional

Melihat secara langsung pertandingan profesional akan membuat mereka semakin termotivasi untuk mengejar mimpi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)

Prestasi membanggakan baru saja datang dari cabang olahraga sepak bola. Timnas U-22 membawa pulang piala AFF 2019, setelah berhasil mengalahkan Thailand di babak final dengan skor 2-1.

Dengan prestasi gemilang, tidak heran banyak anak-anak yang bercita-cita menjadi atlet profesional. Nah, jika Si Kecil sudah menunjukan minta dan bakat untuk menjadi atlet profesional, tidak ada salahnya jika Moms membantu mereka dengan memberikan motivasi.

Dikutip dari Nays.org ada beberapa cara untuk memotivasi Si Kecil yang ingin menjadi atlet profesional. Apa saja? Yuk kita cari tahu di bawah ini!

1. Tanyakan Bagaimana Latihannya

bigstock 139040312

Foto: Bluntmoms.com

Ajukan pertanyaan yang tepat setelah latihan atau permainan mereka. Bagaimana latihannya? Bagaimana perasaan mereka tentang olah raga mereka?

Satu atau dua pertanyaan menunjukkan perhatian Moms yang tepat, jika terlalu berlebihan berhati-hatilah karena mereka akan merasa tertekan.

Baca Juga: 10 Atlet Ini Banting Setir jadi Artis, Siapa Saja?

2. Beri Pujian

r0 200 3000 1887 w1200 h678 fmax

Foto: Northerndailyleader.com.au

Saat Si Kecil selesai berolahraga atau saat ia baru menyelesaikan pertandinganya meski tak menang berikan pujian untuk kerja kerasnya. Hal ini mengkomunikasikan dukungan Moms untuk setiap hal yang mereka lakukan.

3. Jangan Biarkan Kecemasan Menekan Mereka

082616 childsports thumb large

Foto: Healthline.com

Wajar saja jika Moms memiliki kecemasan saat mereka akan berolahraga atau bertanding. Entah takut mereka cedera atau kalah, semua mungkin saja dirasakan orang tua. Jangan tunjukan hal ini di depan mereka, ingatkan saja beberapa kali untuk lebih berhati-hati dan tak menyerah. Jangan biarkan mereka terbebani dengan wajah Moms yang penuh risau.

4. Ajak Mereka Menonton Pertandingan Profesional

200488808 001

Foto: Coachup.com

Melihat secara langsung pertandingan profesional akan membuat mereka semakin termotivasi untuk mengejar mimpi. Terlebih jika mereka telah memiliki seorang idola, akan lebih mudah bagi Moms untuk menyemangati mereka.

5. Mencoba Tetapkan Target

master

Foto: Newsjizz.com

Ketika anak-anak sudah mulai menunjukan keseriusannya untuk menjadi seorang atlet, maka jangan ragu untuk mulai menetapkan target pada mereka.

Moms tak perlu ragu mengatakan prestasi apa yang sebaiknya atau harus mereka raih. Bila gagal jangan salahkan mereka, namun tetap ada konsekuensi yang harus dijalani.

Baca Juga: Tak Ikuti Jejak Orang Tua, Ini 5 Anak Artis yang Jadi Atlet

6. Lakukan Evaluasi

3 boys basketball

Foto: Mykidstime.com

Biarkan anak-anak tahu apa yang mereka lakukan dengan baik serta apa yang perlu ditingkatkan. Contohnya saat mereka harus lebih bisa bekerja sama dengan tim, meningkatkan, tangkapan yang bagus atau hal lainnya.

Tidak masalah untuk memberikan evaluasi dan dorongan, asalkan Moms menyampaikannya dengan cara yang tepat.

Itulah tadi beberapa hal yang dapat Moms lakukan untuk membantu Si Kecil mengejar mimpinya menjadi seorang atlet. Selain memotivasi, hal lain yang perlu Moms lakukan adalah memastikan bahwa mereka mencintai semua hal yang dilakukan dan tak semata-mata karena keinginan orang tua.

Selamat mencoba!

(MDP)

 

 

 

 

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait