3-5 tahun

12 Juli 2021

5 Tips Aman Berinternet untuk Anak dari Google Indonesia

Jaga agar anak tetap aman saat berinternet.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Pada masa pandemi COVID-19 seperti ini, Moms dan Dads mungkin menyadari adanya peningkatan dalam menggunakan gadget pada anak. Untuk itu, orangtua perlu mengetahui tips aman berinternet untuk anak.

Hal ini karena anak-anak bisa saja menjadi korban kejahatan di dunia maya. Mulai dari peretasan akun, penipuan online, bullying, atau predator digital.

Belum lagi, ancaman konten yang tidak sesuai dengan umur anak sehingga berdampak buruk bagi diri anak.

Lalu, apa saja kah tips aman berinternet untuk anak? Simak selengkapnya.

Baca Juga: Mengajarkan Dampak Positif dan Negatif Internet pada Anak

Tips Aman Berinternet untuk Anak

Berikut tips aman berinternet untuk anak yang direkomendasikan oleh Google Indonesia:

1. Komunikasikan tentang Penggunaan Internet dengan Anak

tips aman berinternet untuk anak - 1

Foto: Orami Photo Stock

Tips aman berinternet untuk anak yang pertama adalah bangun komunikasi yang baik antara orang tua dengan Si Kecil. Buatlah peraturan tentang penggunaan gadget atau internet sesuai dengan kesepakatan bersama.

Hal ini penting agar screen time anak tidak berlebihan yang nantinya mungkin akan berdampak buruk bagi diri mereka.

Salah satu bahaya yang bisa mengintai anak saat menggunakan internet, yakni adanya interaksi anak dengan orang asing. Moms dan Dads harus senantiasa waspada karena interaksi dengan orang asing mungkin saja mengancam keselamatan anak.

Tidak ada peraturan baku mengenai kapan dan berapa lama penggunaan internet yang harus diterapkan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan atau kebijakan keluarga Moms, tetapi pastikan kesepakatan yang dibuat benar-benar ditegakkan.

2. Bimbing Anak untuk Menemukan Konten yang Sesuai

tips aman berinternet untuk anak - 2

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Veronica Utami, Direktur Marketing YouTube & NBU untuk Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara di Google, "Berdasarkan survei yang dirilis pada Februari 2021 oleh tim Trust Research kita bersama orangtua dan anak-anak berusia 18 tahun ke atas di seluruh Asia Pasifik dan Amerika Latin, ditemukan bahwa salah satu kekhawatiran orangtua di Indonesia adalah anak-anak melihat konten yang tidak pantas di internet."

Jadi, tips aman berinternet untuk anak yang selanjutnya, yakni bimbinglah anak untuk menemukan konten yang sesuai dengan usia mereka.

Selain mengedukasi langsung pada anak mengenai konten-konten apa saja kah yang boleh ditonton, Moms juga dapat memanfaatkan berbagai fitur keamanan keluarga dari Google agar mereka terlindung dari konten yang tak sesuai dengan usia.

Baca Juga: Mengajarkan Dampak Positif dan Negatif Internet pada Anak

Sebagai contoh, Moms dapat menggunakan SafeSearch di Google yang membantu memfilter konten eksplisit di hasil penelusuran baik gambar, video, dan situs web; hingga kontrol orang tua yang tersedia di YouTube Kids yang memungkinkan orang tua untuk hanya menampilkan video yang orang tua setujui, atau memilih konten yang sesuai berdasarkan usia anak.

Bisa juga menggunakan Family Link yang memungkinkan orang tua untuk mengawasi waktu penggunaan perangkat dan membatasi akses harian, mengelola Akun Google mereka, dan memahami dengan lebih baik perilaku anak saat menjelajahi internet.

Tak hanya itu, orang tua bisa memanfaatkan fitur tab "Kids" (Anak-Anak) di Google Play. Tab khusus ini berisi aplikasi yang telah ditinjau oleh pengajar dan memiliki konten berkualitas tinggi ditandai “disetujui pengajar”.

"Kerangka penilaiannya untuk aplikasi dan konten dapat tampil di tab ini dikembangkan melalui konsultasi dengan penilai lokal di Indonesia dan fakultas dari Harvard Graduate School of Education dan Universitas Georgetown," jelas Veronica dalam Press Briefing Safer with Google pada Rabu, 30 Juni 2021.

3. Pastikan Anak Selalu dalam Pengawasan

tips aman berinternet untuk anak - 3

Foto: Orami Photo Stock

Tips berinternet aman untuk anak lainnya adalah memastikan mereka selalu dalam pengawasan. Misalnya, dengan mendampingi Si Kecil saat screen time atau menyediakan ruangan terbuka yang bisa selalu dijangkau orangtua ketika anak menggunakan gadget.

Pastikan juga anak menggunakan internet dengan akun yang terhubung dengan perangkat Moms. Jadi, seluruh aktivitas atau interaksi anak di dunia maya dapat selalu dipantau dan mereka terhindar dari potensi bahaya.

Baca Juga: 3 Panduan Jadikan Screen-time Si Kecil Aman dan Produktif

4. Jadilah Contoh yang Baik dalam Menggunakan Internet

tips aman berinternet untuk anak - 4

Foto: Orami Photo Stock

Moms pasti setuju bahwa anak-anak merupakan peniru yang andal sehingga orang tua perlu menjadi contoh atau teladan bagi mereka.

Oleh karena itu, jadilah contoh yang baik dalam menggunakan internet. Dengan mematuhi peraturan penggunaan gadget yang telah disepakati bersama keluarga.

Kemudian, beri tahu juga bagaimana cara yang bijak dalam berinternet. Misalnya, dengan mengedukasi anak agar tidak menjadi korban misinformasi atau hoax.

Biasakan Si Kecil untuk selalu memeriksa apakah gambar yang mereka lihat di internet telah digunakan dalam konteks yang tepat.

Baca Juga: 6 Cara Agar Internet Aman Untuk Anak

Hal ini karena sebuah gambar juga dapat diambil di luar konteks atau diedit untuk menyesatkan orang yang melihatnya.

Coba beri tahu mereka cara menelusuri menggunakan gambar dengan mengklik kanan pada gambar atau foto dan pilih “Telusuri gambar ini di Google” untuk memastikan bahwa gambar tersebut merupakan fakta atau bukan.

Arahkan juga mereka untuk melihat lebih banyak sumber dan liputan berita dengan menggunakan mode berita atau telusuri topik berita di news.google.com. Pastikan untuk mengklik "Liputan Lengkap" jika opsinya tersedia.

5. Pastikan Informasi Terlindungi dengan Teknologi

tips aman berinternet untuk anak - 5

Foto: Orami Photo Stock

Orang tua tidak perlu takut atau khawatir secara berlebihan terhadap penggunaan internet pada anak. Internet tak selalu merugikan karena dunia digital memungkinkan anak-anak untuk memicu rasa ingin tahu, mengeksplorasi, dan kreativitas.

Namun, pastikan semua informasi anak terlindungi saat menggunakan teknologi agar mereka tetap aman.

Misalnya, dengan memberi tahu anak agar mereka tidak mengakses link yang belum tentu kebenarannya, ajarkan mereka untuk selalu mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya, dan pastikan anak menggunakan jaringan dan koneksi yang aman sebelum memasukkan informasi sensitif.

Selain itu, pastikan juga perangkat atau akun media sosial anak Moms dilindungi oleh kata sandi yang kuat dan dilengkapi dengan fitur verifikasi dua langkah. Hal ini bertujuan untuk mencegah risiko peretasan akun yang merugikan.

Baca Juga: Ketahui Plus Minus Gadget Bagi Perkembangan Anak dan Durasi Pemakaian Sesuai Usia

Nah, itu dia tips berinternet aman untuk anak yang bisa Moms terapkan di rumah. Semoga bermanfaat, ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait