3-12 bulan

3-12 BULAN
6 Oktober 2020

3+ Cara Membersihkan Gigi Bayi, Wajib Tahu!

Mulai dari gigi pertama, ini adalah tips aman menggosok gigi bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Seperti apa sih cara membersihkan gigi bayi yang benar dan aman? Moms yang punya bayi pasti bertanya-tanya kan? Nah, temukan jawabannya di sini ya Moms!

Gigi susu bayi mungkin hanya akan ada sementara, dan diganti selama tahun-tahun awal sekolah dengan gigi permanen. Tetapi, merawatnya adalah hal yang tidak kalah penting. Ini adalah cara untuk menjadikan kebiasaan sehat yang akan membuat Si Kecil memiliki gigi yang sehat seumur hidupnya.

Menyikat gigi dapat dimulai segera setelah gigi pertama bayi muncul. Dokter gigi anak akan merekomendasikan untuk membersihkan gusi bayi setelah menyusui, yang membantu melawan pertumbuhan bakteri dan meningkatkan kesehatan mulut, jauh sebelum gigi pertama bayi mulai muncul.

“Merawat gigi bayi Anda segera setelah yang pertama muncul akan sangat membantu menjaga kesehatan anak Anda dimulai sejak dini,” kata Dr Chad Hoge, dokter gigi yang berpraktik di Dakota Pediatric Dentistry.

Saat gigi pertama muncul, American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD) merekomendasikan untuk menggunakan pasta gigi berfluoride untuk mencegah gigi berlubang. Gunakan pasta gigi ukuran sebutir beras untuk bayi atau balita, dan seukuran kacang polong pada usia 3 tahun.

Cara Membersihkan Gigi Bayi

Karena bayi belum mengerti, Moms bisa menerapkan cara membersihkan gigi bayi yang bisa dilakukan setiap hari hingga Si Kecil menjadi terbiasa dan bisa menggosok gigi sendiri.

1. Persiapkan Alat dan Keamanan Bayi

Ini 4 Cara Aman Menggosok Gigi Bayi -1.jpg

Foto: Babyandchild.ae

Sebelumnya, Moms bisa mempersiapkan berbagai alat yang dibutuhkan. Ini menjadi cara membersihkan gigi bayi yang pertama karena akan menunjang lancarnya proses belajar Si Kecil.

Jika akan melakukannya di kamar mandi, pastikan Si Kecil memiliki pijakan yang kuat dan tidak licin.

Selanjutnya simpan sikat gigi, odol dan gelas kumur berdekatan agar mudah mengambilnya. Jangan lupa untuk menyimpan lap di dekat Moms jika suatu saat dibutuhkan.

Moms juga bisa memilih odol dan sikat gigi dengan bentuk menarik agar membuat suasana menggosok gigi lebih menyenangkan.

“Cari produk perawatan gigi yang dibuat khusus untuk anak-anak, seperti sikat gigi dengan Shrek di atasnya. Apa pun untuk membuatnya lebih menyenangkan," kata dia.

Baca Juga: 5 Langkah Merawat Gusi dan Gigi Bayi

Pigeon Training Toothbrush Lesson - 3 Lime Green

35% Rp60.200
Rp39.100
Pigeon Training Toothbrush Lesson - 3 Lime Green

2. Gosok Lembut Sambil Bernyanyi

Ini 4 Cara Aman Menggosok Gigi Bayi -2.jpg

Foto: Healthline.com

Cara membersihkan gigi bayi selanjutnya adalah gosok lembut sambil bernyanyi. Gusi bayi bisa jadi sensitif, bahkan ketika tidak sedang tumbuh gigi. Jika bayi benar-benar tidak menyukai sikat giginya, cobalah waslap lembut dan sentuhan lembut.

Saat menggosok gigi bayi, Moms bisa menyanyikannya lagu kesukaannya. Ini akan menjadi pengalihannya kepada sikat gigi dan Moms akan melihat Si Kecil membalasnya dengan senyuman manisnya.

Cussons Kids Pasta Gigi Hot Wheels Fresh Apple 45gr

16% Rp5.500
Rp4.600
Cussons Kids Pasta Gigi Hot Wheels Fresh Apple 45gr

3. Tunjukkan Caranya

Ini 4 Cara Aman Menggosok Gigi Bayi -3.jpg

Foto: Mywinnipegdentist.net

Cara membersihkan gigi bayi selanjutnya adalah beri contoh. Pelan-pelan, Moms bisa menunjukkan cara menggosok gigi yang benar. Misalnya cara menggosok gigi depan, belakang, pinggir, dalam dan lidah dengan lembut.

Ajarkan pula cara berkumur dan memuntahkannya ke wastafel. Dengan melihat Moms melakukannya sambil memberikan petunjuk, Si Kecil akan tertarik karena seolah-olah itu adalah sebuah permainan baginya.

Sambil mempraktikkan, Moms juga bisa memberitahu Si Kecil pentingnya menggosok gigi. “Kami katakan,‘ Ini yang kami lakukan: kami bangun, kami sarapan, kami menyikat gigi. Dan pada malam hari, sebelum tidur, kami menyikat gigi,'' jelas Chad.

Baca Juga: Tips Merawat Gigi Susu Bayi

MAM Oral Care for Newborn Rabbit Blue

16% Rp142.400
Rp119.000
MAM Oral Care for Newborn Rabbit Blue

4. Biarkan Si Kecil Bermain

Ini 4 Cara Aman Menggosok Gigi Bayi -4.jpg

Foto: Thelovelymoms.com

Cara membersihkan gigi bayi selanjutnya adalah biarkan ia bermain. Bayi mungkin akan penasaran dengan sikat gigi atau sikat jari. Dorong minatnya dengan membiarkannya memegang sikat dan memeriksanya dengan kecepatannya sendiri.

Bayi bahkan mungkin akhirnya akan memasukkan sikat ke dalam mulutnya, semuanya sendirian. Untuk menjaga keamanannya, terus perhatikan gerakan yang dilakukan oleh Si Kecil untuk meminimalisir kecelakaan saat menggosok gigi.

ViveVita Toothband Garden Bug (Isi 3)

Rp135.000
ViveVita Toothband  Garden Bug (Isi 3)

Tips Mencari Sikat Gigi Bayi yang Tepat

sikat gigi bayi-1

Foto: Orami Photo Stock

Karena gigi susu bayi akan tergantikan dengan gigi permanen, jadi perawatan gigi harus dimulai segera setelah Si Kecil lahir.

Ada beragam jenis sikat gigi yang diproduksi, maka dari itu, Moms perlu mengetahui tips untuk memilih sikat gigi bayi.

Dilansir Family Doctor, dengan perawatan gigi dan mulut yang baik, akan membantu kebiasaan yang baik saat gigi Si Kecil mulai tumbuh. Sedangkan, perawatan mulut yang buruk dapat menyebabkan infeksi, penyakit, atau masalah gigi lainnya.

Dalam Journal of Dental Materials and Techniques, kondisi seperti karies gigi dan gingivitis merupakan penyakit paling umum yang diderita anak-anak, dan bisa menyebabkan rasa sakit, kesulitan makan, kekurangan gizi, serta menurunkan kualitas hidup.

Mengutip Dentaly, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencari sikat gigi bayi supaya bisa menerapkan cara membersihkan gigi bayi di atas, yaitu:

  • Kepala sikat kecil, sehingga bisa menjangkau seluruh mulut dan membersihkan setiap permukaan setiap gigi, terutama pada bagian belakang mulut.
  • Pegangan besar, karena tangan anak belum bisa menggenggam pegangan yang lebih kecil seperti sikat gigi untuk orang dewasa.
  • Pegangan dengan genggaman baik, untuk mengurangi kemungkinan anak menjatuhkan sikat giginya, atau tergelincir saat sedang menyikat dan melukai gusinya.
  • Bulu lembut, sehingga tidak melukai dan mengiritasi gusi. Rasa sakit tersebut membuat Si Kecil tidak akan mau menyikat giginya.
  • Bulu dengan ujung bulat, untuk membantu mengurangi iritasi, menjaga kelembutan dan memberikan kenyamanan saat menggunakan sikat gigi bayi.
  • Desain yang menarik, sehingga kegiatan sikat gigi akan menyenangkan dan menarik bagi Si Kecil.

Baca Juga: 5 Tips Agar Menyusui Bayi yang Tumbuh Gigi Tetap Nyaman

Langkah Tepat Menggunakan Sikat Gigi Bayi

sikat gigi bayi-3

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa langkah yang perlu diingat sebagai langkah tepat dalam menerapkan cara membersihkan gigi bayi:

  1. Posisikan bayi sehingga Moms bisa melihat mulutnya, sehingga ia merasa aman. Misalnya saat Moms duduk di tempat tidur atau lantai, Si Kecil bisa berbaring dan kepalanya berada di pangkuan.
  2. Tahan dagu bayi menggunakan tangan Moms, dan kepalanya bersandar pada tubuh Moms.
  3. Angkat bibir bayi untuk membersihkan giginya menggunakan gerakan melingkar yang lembut.
  4. Pastikan menggunakan sikat gigi bayi ke bagian depan dan belakang setiap gigi dan juga garis gusi.

Baca Juga: Usia Berapa Bayi Bisa Diajari Gosok Gigi?

Semoga cara membersihkan gigi bayi ini dapat membantu Moms membangun pola hidup sehat Si Kecil ya.

Artikel Terkait