Kesehatan

KESEHATAN
8 Juli 2020

5 Tips Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

Meski perlu menjaga pola makan, penderita diabetes tetap boleh mengemil makanan tertentu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Amelia Puteri

Penderita diabetes harus menjaga pola makan untuk menjaga kadar gula darahnya. Sacha Uelmen, dari American Diabetes Association mengatakan penderita diabetes dilarang makan di antara waktu makan untuk menjaga gula darahnya.

Sedangkan, ngemil di antara jam makan juga cara menjaga gula darah. Sacha menjelaskan, orang diabetes direkomendasikan makan camilan tergantung pada obat yang dikonsumsi, berapa lama ia makan dan berat badannya.

Karena itu, Moms juga harus tahu seperti apa tips makan camilan untuk penderita diabetes.

Tips Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

Menurut Sacha, lebih baik menjaga keseimbangan makanan, termasuk karbohidrat, protein dan lemak untuk menjaga fluktuasi glukosa darah.

"Perlu diingat, stres, kurang tidur dan seberapa banyak olahraga yang Anda lakukan dalam sehari juga memengaruhi kadar gula darah," kata Sacha dikutip dari The Healthy.

Jika, Moms atau Dads penderita diabetes, lebih baik pilih camilan sehat, termasuk makanan yang tinggi protein, serat, karbohidrat dan rendah gula olahan. Berikut tipsnya.

Baca Juga: Benarkah Penderita Diabetes Lebih Rentan Mengalami Gangguan Kecemasan?

1. Pilih Kandungan Protein

5 Tips Cemilan Sehat Bagi Penderita Diabetes - 1 protein.jpg

Foto: shutterstock.com

Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Makanan berprotein juga membantu seseorang merasa kenyang sehingga mengurangi risiko makan berlebihan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi protein baik untuk penderita diabetes, tetapi tidak semua penelitian mendukung hal ini.

Sebuah penelitian tahun 2017 yang dipublikasikan di National Center of Biotechnology Information, menyimpulkan bahwa diet tinggi protein masih tergantung pada jenis proteinnya.

Karena, beberapa jenis protein nampaknya meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan komplikasi lain. Sementara, jenis protein lainnya bisa membantu melindungi penderita diabetes.

Orang dengan diabetes juga perlu menghindari makanan yang tinggi lemak dan natrium, seperti daging olahan dan kacang-kacangan dengan tambahan gula.

2. Makanan Ringan Berserat Tinggi

5 Tips Cemilan Sehat Bagi Penderita Diabetes - 2 makanan ringan berserat tinggi.jpg

Foto: shutterstock.com

Makanan ringan dengan kandungan serat tinggi adalah pilihan camilan baik untuk penderita diabetes. Karena, ada bukti bahwa beberapa jenis serat dapat meningkatkan resistensi insulin dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Sebuah studi pada tahun 2018 yang dipublikasikan secara online di Journal of Nutrition Oxford Academic menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 20-30 persen.

Studi ini mencatat efek diet tinggi serat terutama berasal dari biji-bijian utuh atau serat sereal yang tidak larut dan tidak hancur dalam tubuh.

Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa kombinasi serat yang tidak larut dan larut dalam makanan dapat bermanfaat. Artinya, orang perlu mengonsumsi beragam serat yang berbeda.

Adapun sumber serat yang baik termasuk sayuran dan buah-buahan, kacang kacangan dan biji-bijian dan gandum utuh.

Baca Juga: Sudah Tahu Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2? Yuk Simak

3. Jangan Lupa Konsumsi Lemak Sehat

5 Tips Cemilan Sehat Bagi Penderita Diabetes - 3 lemak sehat.jpg

Foto: shutterstock.com

Lemak adalah nutrisi penting, tetapi bila mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat dan jenis yang baik. Karena, kadar lemak yang tinggi dalam tubuh adalah faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2.

Lemak jenuh dan trans yang banyak terkandung dalam daging termasuk bukan pilihan sehat.

Berdasarkan penelitian tahun 2018 yang dipublikasikan online di National Center of Biotechnology Information, para ilmuwan menemukan bukti bahwa beberapa jenis lemak menawarkan perlindungan untuk penderita diabetes, tetapi hasilnya masih diperlukan lebih banyak penelitian.

Bagi orang dewasa, sebanyak 20-35 persen dari asupan kalori mereka harus berasal dari lemak. Tapi, kebutuhan asupan lemak ini tergantung pada kondisi individu. Seorang dokter biasanya akan memberi saran tentang asupan lemak harian.

4. Makanan Ringan Rendah Sodium

5 Tips Cemilan Sehat Bagi Penderita Diabetes - 4 makanan ringan rendah sodium.jpg

Foto: shutterstock.com

Diet rendah sodium dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan serangan jantung.

Meskipun mengurangi konsumsi garam alami bisa membantu menurunkan risiko. Tetapi, sebanyak 75 persen asupan natrium kita berasal dari makanan olahan asin daripada menambahkan garam ke makanan.

Buah-buahan segar, sayuran dan kacang-kacangan termasuk makanan dengan sedikit kandungan natrium. Moms bisa membuat makanan ringan dan makanan panggang sendiri di rumah sebagai camilan untuk penderita diabetes.

Baca Juga: 5 Masalah Kulit yang Bisa Menyerang Penderita Diabetes

5. Selalu Minum Air Putih

5 Tips Cemilan Sehat Bagi Penderita Diabetes - 5 minum air.jpg

Foto: shutterstock.com

Rasa haus bisa terasa seperti lapar. Sedangkan, minum air sepanjang hari bisa membantu seseorang merasa kenyang. Air putih juga bisa menjadi camilan sehat bagi penderita diabetes.

Namun, orang dengan diabetes perlu membatasi asupan minuman soda, jus buatan dan minuman dengan pemanis buatan lainnya. Karena, minuman kemasan atau dengan pemanis buatan lebih banyak mengandung gula.

Dalam hal ini, minum kopi dan teh dalam jumlah sedang termasuk cocok untuk penderita diabetes. Tetapi, tambahan gula, krim dan zat penyedap lainnya dalam minuman itu bisa meningkatkan kandungan kalorinya dan meningkatkan gula darah.

Moms juga harus membatasi atau menghindari soda dan minuman diet lainnya yang mengandung pemanis buatan. Karena, penelitian belum menunjukkan bahwa produk ini aman untuk dikonsumsi semua orang, khususnya penderita diabetes.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait