Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
24 Maret 2021

Tips dan Cara Merawat Jaket Kulit Agar Awet dan Tidak Berjamur

Jaket kulit membutuhkan perawatan ekstra yang berbeda dari jaket berbahan kain lainnya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms ada yang suka memakai jaket kulit? Lalu, tahukah Moms seperti apa cara merawat jaket kulit?

Jaket kulit kembali populer di tahun 2021. Kepopuleran jaket kulit ini kiat meningkat seiring perkembangan fashion dunia. Dulunya, di tahun 1900-an, jaket kulit dikenakan oleh para penerbang dan anggota militer.

Jaket kulit pertama kali tipe A1 dibuat oleh seorang desainer asal Perancis, Chapal, pada tahun 1925.

Jaket kulit tak hanya sebagai salah satu pelengkap fashion namun juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh di tengah cuaca ekstrem.

Bahkan, jaket kulit digunakan sebagai seragam ensemble untuk melindungi para pilot atau penerbang dari paparan cuaca ekstrem di ketinggian.

Menurut buku berjudul ‘The Black Leather Jacket’ karangan Mick Farren, pada Perang Dunia I, jaket kulit terbuat dari kulit kijang, kulit rusa, kulit domba, dan kulit sapi.

Namun, kini banyak pilihan bahan yang bisa digunakan dalam pembuatan jaket kulit tak terkecuali bahan kulit sintetis yang harganya lebih terjangkau.

Kepopuleran jaket kulit dimulai pada pertengahan tahun 1940-1950. Jaket kulit semakin diterima masyarakat setelah kerap dikenakan oleh para aktor pria di berbagai film Hollywood seperti Jimmy Stewart di film Night Passage (1957), Gary Cooper di For Whom the Bell Tolls, hingga Harrison Ford dalam serial film Indiana Jones.

Kini, jaket kulit tak hanya dipakai oleh pria saja namun juga menjadi salah satu fashion ikon wanita. Dengan padu padan busana lainnya, jaket kulit bisa terlihat formal, kasual, maupun boyish.

Meski begitu, jaket kulit membutuhkan perawatan ekstra yang berbeda dari jaket berbahan kain lainnya. Sebab, jika tak dirawat dengan baik, jaket kulit yang Moms miliki bisa berjamur, usang, hingga mengelupas.

Nah, berikut ini cara merawat jaket kulit yang baik dan benar.

Cara Merawat Jaket Kulit Agar Tetap Lemas

cara merawat jaket kulit

Foto: Unsplash.com

Salah satu kendala yang dialami ketika memiliki jaket kulit ialah terasa kaku dan berat ketika dikenakan. Hal ini tentu bikin Moms kurang nyaman dan terlihat aneh dilihat.

Tapi, Moms tak perlu khawatir, berikut ini cara merawat jaket kulit agar tetap lemas dan nyaman saat dipakai seharian.

1. Memakainya Setiap Hari

Salah satu penyebab jaket kulit kaku ialah karena jarang dikenakan. Terlebih jika jaket yang Moms miliki sudah berusia lebih dari 2 tahun, tentu kelenturannya berbeda dengan ketika Moms membelinya pertama kali.

Jason Schott, Kepala Operasi busana khusus kulit di New York membocorkan cara merawat jaket kulit agar tetap lemas ialah memakainya setiap hari.

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun memakai jaket kulit setiap hari dapat melatih elastisitas jaket agar tetap lemas dan lembut.

Sesekali tekuk siku, angkat lengan, atau putar lengan ke depan dan belakang untuk membantu jaket agar tidak kaku.

Meskipun Moms tidak mengenakannya di luar ruangan, tapi setidaknya tetaplah memakai jaket kulit selama beberapa menit untuk menjaga kelenturannya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Tepat Melindungi Kulit Bayi dari Sinar Matahari?

2. Gunakan Pelembut Jaket Kulit

Cara merawat jaket kulit kedua yang bisa dilakukan agar jaket kulit tetap lemas yakni mengoleskan pelembut khusus jaket kulit.

Pelembut ini telah digunakan untuk melembutkan berbagai benda yang terbuat dari kulit selama lebih dari 50 tahun yang lalu.

Setiap kali perawatan jaket kulit biasanya memakan waktu enam bulan yang dikhususkan untuk memulihkan kualitas kulit, melembutkan, dan melindungi jaket kulit dari berbagai hal yang dapat merusaknya.

Oleskan pemebut tersebut ke bagian paling rentan kaku atau rusak seperti bagian leher, siku, bahu, dan seluruh bagian depan maupun belakang jaket.

Tak perlu membeli pelembut dengan harga yang mahal, Moms bisa juga membuatnya sendiri di rumah dengan campuran Vaseline dan alkohol.

Mengutip olpr. Leather Goods, caranya oleskan alkohol secukupnya ke kapas, lalu oleskan ke bantalan permukaan jaket hingga mengkilap.

Selanjutnya, timpa dengan Vaseline. Lakukan hal ini beberapa kali dan biarkan semalaman hingga mengering.

3. Remas Jaket

Cobalah untuk meremas-remas jaket hingga berbentuk bola lalu gulingkan dan lemparkan ke depan maupun ke belakang. Hal ini dilakukan agar jaket yang kaku bisa sedikit lebih lentur ketika dikenakan.

Kemudian, pakai jaket beberapa saat setelah meremas dan menggulingkannya, karena hal ini dapat membuat jaket menjadi lebih pas di tubuh.

4. Basahi Jaket

Selanjutnya, cara merawat jaket kulit agar lemas adalah dengan membasahinya. Hal ini mungkin terdengar aneh, tapi air dapat membantu melenturkan jaket, Moms.

Bahkan jika Moms kehujanan, tak perlu melindungi jaket kulit dari hujan, Moms bisa mengenakannya ketika hujan deras. Selanjutnya, biarkan jaket kering, kini jaket kulit yang lemas dan lentur bisa lebih nyaman dikenakan.

Baca Juga: Tips Mencuci Baju untuk Merawat Kulit Bayi, Simak di Sini

5. Lap Jaket dengan Kain Kering

Setelah membasahi jaket lalu mengeringkannya, biasanya buliran air masih tersimpan di permukaan jaket sehingga perlu diseka dengan lap kering agar hasilnya lebih maksimal.

Kelembapan memang baik untuk kelenturan jaket kulit, tapi menyimpan jaket kulit dalam keadaan lembap dapat menyebabkan jaket berjamur dan usang.

Selalu bersihkan jaket dengan kain atau handuk kering untuk menghilangkan kelembapan berlebih sebelum menyimpannya.

Selain itu, keringkan jaket pada suhu ruangan, jangan menggunakan mesin pengering atau kipas angin karena akan membuat tekstur kulit menjadi kaku.

Cara Merawat Jaket Kulit Asli

cara merawat jaket kulit

Foto: Unsplash.com

Jaket kulit asli umumnya dijual dengan harga yang fantastis. Oleh karena itu, perawatan khusus dibutuhkan agar menjaga jaket kulit asli tetap awet. Berikut ini cara merawat jaket kulit asli.

  1. Gunakan spons lembut, sedikit air, dan sabun untuk menghilangkan debu, noda makanan dan bekas riasan wajah.
  2. Pastikan untuk rutin membersihkan bagian kerah dan ujung lengan karena di sinilah biasanya kotoran.
  3. Oleskan sabun dan air ke area yang kotor saja. Lalu gosok dengan gerakan yang lembut alih-alih merendam jaket ke air sabun.
  4. Jangan rendam jaket ke air sabun secara berlebihan, karena hal ini dapat merusak kulitnya.
  5. Setelah membersihkan area yang kotor dengan air dan sabun, jangan lupa untuk menyeka dengan kain kering.
  6. Jangan jemur jaket kulit di bawah sinar matahari langsung, karena akan membuat kulit mengelupas. Sebaliknya, gantung jaket di area yang teduh lalu angin-anginkan saja.
  7. Jika jaket kulit Moms terlihat kusam, gunakan kondisioner khusus bahan kulit atau semir kain agar terlihat mengkilap dan seperti baru.

Baca Juga: 5 Tips Belanja Baju Lebaran untuk Ibu Menyusui

Cara Merawat Jaket Kulit yang Berjamur

cara merawat jaket kulit

Foto: Unsplash.com

Jamur menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi ketika mengoleksi jaket kulit. Noda putih ini tak hanya bisa merusak kualitas jaket kulit namun juga menimbulkan bau apek dan tidak sedap.

Tentu, Moms tak ingin kan jaket kulit kesayangan rusak karena berjamur? Nah, berikut ini cara merawat jaket kulit yang berjamur, mengutip Mrs. Laundry.

1. Campurkan Air dan Alkohol

Campurkan air dan alkohol, lalu aduk dalam ember atau wadah baskom. Kemudian, celupkan kain kering ke dalam campuran air dan alkohol lalu peras.

Setelah memastikan kain menjadi lembap, maka gosok ke jaket kulit dengan lembut.

Ulangi cara ini beberapa kali hingga jamur hilang. Setelah itu, lap jaket dengan kain kering. Lakukan hal ini sesering mungkin agar jaket terhindar dari jamur.

2. Gosok dengan Sabun

Jika menggunakan alkohol tidak dapat membersihkan jamur secara menyeluruh, Moms bisa menggosok jaket dengan sabun.

Hal ini bisa jadi cara merawat jaket kulit yang terkena jamur dengan ampuh. Gunakan sabun khusus kulit agar tidak merusak kualitas jaket.

Moms juga bisa mencampurkan deterjen dengan air hangat untuk mengangkat jamur yang menempel pada jaket. Pastikan untuk mengeringkan jaket dengan kain kering sebelum dimasukkan ke lemari atau digunakan.

Baca Juga: 5+ Tips Memilih Pakaian Bayi, Jangan Asal Beli!

3. Gantung Jaket di Area Berangin atau Berventilasi

Pastikan Moms menyimpan jaket di area yang terkena angin atau memiliki ventilasi.

Misalnya, di bawah kipas angin. Moms juga bisa sesekali mengeluarkan jaket lalu menggantungnya di luar untuk perawatan yang maksimal.

Meski begitu, pastikan untuk menjauhkan jaket dari sinar matahari langsung agar kulit jaket tetap awet dan tidak mengelupas.

4. Oleskan Pelembap

Oleskan pelembap khusus untuk jaket kulit menggunakan selembar kain kering. Gosokkan ke permukaan yang berjamur.

Selain menghilangkan jamur, cara ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan kelembapan sehingga membuat jaket lebih lemas, lentur, serta nyaman dikenakan.

Itulah sejumlah tips dan cara merawat jaket kulit yang bisa Moms praktikkan di rumah. Mudah bukan? Selamat mencoba!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait