Tren

TREN
15 Januari 2021

5 Tips Desain Kamar Minimalis Ala Korea, Cobain ya!

Pilih warna yang tepat ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Budaya Korea memang tidak bisa dipungkiri memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia.

Tidak hanya lagu-lagu atau drama Korea saja yang menarik banyak perhatian, bahkan segala sesuatu yang berhubungan dengan Korea amat sangat diminati, termasuk juga dekorasi kamar yang minimalis.

Saat kita menyaksikan berbagai drama Korea, pasti ada scene di mana pemain menghabiskan waktu di dalam kamar. Nah, di sinilah, kita mulai bisa melihat desain kamar minimalis, lucu, dan enak dilihat.

Saking seringnya melihat dekorasi kamar-kamar ala Korea yang mencuri perhatian, mungkin Moms kepikiran untuk membuat dekorasi kamar seperti itu, namun bingung harus mulai dari mana.

Nah, untuk membantu Moms mendekorasi kamar ala Korea dengan tepat, coba perhatikan beberapa tips desain kamar minimalis ala Korea di bawah ini yuk, Moms!

Baca Juga: 6 Ide Dekorasi untuk Kamar Mandi Kecil, Patut Dicoba, Moms!

Tips Desain Kamar Minimalis Ala Korea

Berikut ini beberapa hal yang perlu Moms perhatikan untuk merubah dekorasi kamar menjadi kamar ala Korea. Ikuti tipsnya ya, Moms.

1. Pilih Kasur yang Sesuai

tips dekorasi kamar ala Korea

Foto: savoirbeds.com

Dekorasi kamar minimalis ala drama Korea adalah tentu saja harus memerhatikan model tempat tidur atau kasur. Di dalam drama Korea ada dua jenis tempat tidur, pertama yang menggunakan ranjang dan yang kedua tanpa ranjang.

Nah, tips desain kamar minimalis untuk pemilihan jenis tempat tidur ini Moms perlu sesuaikan dengan kondisi kamar.

Bila ruang kamar terbatas, memilih kasur tanpa ranjang bisa jadi pilihan tepat. Karena ranjang di dalam kamar memang bisa memberikan kesan penuh atau padat.

Ranjang juga bisa menjadi tempat berkumpulnya debu. Jika tidak rutin dibersihkan kita akan berisiko mengalami gangguan kesehatan.  

Jika sudah mantap memilih jenis tempat tidur, selanjutnya tentukan juga warna seprai yang tepat. Pastikan warna seprai senada atau minimal blending dengan cat tembok. Supaya, suasana kamar tidur semakin nyaman.

2. Sesuaikan Warna Tembok

tips dekorasi kamar ala Korea

Foto: roohome.com

Untuk memiliki desain kamar minimalis ala drama Korea, Moms juga harus fokus pada warna tembok. Dalam drama Korea warna cat tembok rumah atau kamar biasanya ditentukan oleh latar belakang ekonomi para tokohnya.

Nah jika Moms ingin mencontoh, tidak perlu menyesuaikan dengan latar belakang ekonomi kita, cukup kondisi finansial saja. Pilih juga warna cat tembok kamar harus juga sesuai dengan karakteristik pribadi kita atau suami.

Jangan sampai warna cat tembok yang dipilih tidak sesuai dengan kepribadian kita.

Karena kamar tidak hanya tempat untuk tidur atau beristirahat. Bisa juga menjadi sumber inspirasi atau kreativitas. Sehingga penting untuk memilih warna yang nantinya, tidak akan menganggu kedua mata dan kerja otak kita.

Baca Juga: 9 Pilihan Warna Cat Kamar Anak, Bisa Bikin Mood Lebih Baik!

3. Tentukan Interior yang Diinginkan

dekorasi kamar Korea

Foto: weheartit.com

Desain kamar minimalis ala drama Korea juga memperhatikan soal interior. Contoh: lemari, meja belajar atau meja kerja, meja rias, dan lain sebagainya.

Namun, jika ingin mencontoh drama Korea, batasi barang-barang yang ingin dimiliki di kamar tidur.

Beberapa tokoh di drama Korea bahkan tidak menggunakan lemari untuk menyimpan pakaian. Semua pakaian (kemeja, kaus, celana, rok, jaket) digantung saja di stand hanger.

Ada benarnya juga, pakaian yang digantung secara rapi di stand hanger bisa membuat pakaian terhindar dari lecak. Moms pasti sering kan mengalami baju sudah rapi disetrika, tiba-tiba lecak karena disimpan di dalam lemari.

Tips satu ini bisa dicontoh, lho!

4. Beri Sedikit Hiasan

dekorasi kamar ala Korea

Foto: pinterest.com

Beri sentuhan hiasan agar suasana kamar semakin indah dipandang mata. Ini juga menjadi desain kamar minimalis selanjutnya.

Misalnya lampu LED seperti yang ada di tumblr, rak tembok yang bisa digunakan untuk menyimpan foto-foto atau hiasan lainnya, rak gantungan untuk aksesories kita, atau bahkan tanaman hias.

Sebagai tips tambahan, jika Moms sering bekerja dengan komputer atau laptop di atas meja, coba untuk beli tanaman hias jenis sukulen.

Seperti kaktus, kaktus anggur, bola salju Meksiko, jade plant, dan lain sebagainya. Karena, tanaman jenis sukulen disebut mampu menghalau atau menyedot radiasi yang dikeluarkan oleh perangkat-perangkat elektronik.

Sehingga, sangat cocok untuk diletakkan di meja kerja kita.

Baca Juga: 13 Inspirasi Warna Cat Rumah Minimalis yang Cantik Nan Elegan

5. Beri Vinyl Lantai

desain kamar korea

Foto: thespruce.com

Alat dekorasi yang satu ini, bisa diterapkan tetapi kalau tidak juga tak masalah. Bila diperhatikan, desain kamar minimalis di drama-drama Korea Selatan sebagian besar lantainya adalah kayu.

Lantai kayu sendiri bukan hanya sebagai gaya dekorasi di beberapa negara, tetapi berfungsi untuk mengatur suhu ruangan kamar tidur itu sendiri.

Ketika musim dingin, lantai kayu akan membuat kamar menjadi hangat. Sedangkan jika musim panas, lantai kayu akan membuat suhu ruangan menjadi dingin.

Karena itulah negara-negara yang memiliki empat musim pada umumnya menggunakan lantai kayu untuk rumahnya.

Sayangnya, lantai kayu tentu memiliki cara perawatan yang berbeda dengan lantai beling atau ubin seperti rumah-rumah di Indonesia.

Maka dari itu, jika ingin total dalam mengubah kamar tidur persis seperti yang ada di drama Korea, pilih saja vinyl lantai bergambar kayu.

Vinyl lantai sebetulnya adalah stiker dengan ukuran sedikit tebal, yang ketika ditempel ke ubin bisa memberikan kesan lain.

Kamar jadi memiliki kesan hangat, modern, intim, dan aestetik dalam sekali lihat.

Itu dia Moms beberapa tips yang harus diperhatikan jika ingin mendekorasi kamar ala Korea. Semoga sesuai dengan warna yang Moms inginkan ya!


Sumber: glitzmedia.co

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari GLITZMEDIA.CO

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Artikel Terkait