Parenting

22 April 2021

Tips Happy Parenting agar Moms Happy, Si Kecil Grow Happy

Yuk kita coba di rumah, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Adeline Wahyu

Happy parenting dibutuhkan agar hubungan antara anak dan orang tua terjalin dengan baik. Ya, memahami karakter anak adalah yang penting dilakukan oleh orang tua.

Ketika orang tua bisa mengenali kepribadian anak dengan baik, hal ini akan berpengaruh pada pola asuh dan juga cara berkomunikasi yang tentunya lebih berkualitas. Jika sudah mengetahui sifatnya, tentu happy parenting bisa dilaksanakan dengan baik.

Baca Juga: Cukupi Kebutuhan Asam Amino Esensial Anak Demi Tumbuh Kembang yang Optimal

Nah, jika Moms ingin mengenal kepribadian anak lebih dalam, Moms perlu tahu bahwa ada tipe kepribadian anak. Tipe tersebut adalah:

  • Tipe sanguinis. Jika Si Kecil memilik tipe ini, maka biasanya ia memiliki sifat yang ramah, memberikan kesan ceria serta energik.
  • Tipe Pelgmatis. Ketika tipe plagmatis dimiliki oleh Si Kecil, biasanya ia memiliki karakter pendiam, mencari kedamaian, serta sederhana.
  • Tipe melankolis. Jangan tertipu namanya, Moms! Pemilik tipe melankolis biasnaya punya kepribadian pendiam, pemikir dan juga perfeksionis.
  • Tipe Koleris. Nah untuk yang terakhir, biasanya anak yang memiliki tipe ini punya sifat mengatur, dan berorientasi pada tujuan.

Lalu, bagaimana untuk membuat anak tumbuh dengan ceria? Simak selengkapnya mengenai happy parenting di sini!

Happy Parenting Selalu Diawali dengan Keceriaan

Happy Parenting

Foto: Orami Photo Stock

Happy Parenting bisa berimbas baik terhadap hubungan orang tua dan juga Si Kecil. Karenanya, membuat suasana positif dan bahagia bisa membantu Si Kecil untuk lebih ceria.

Dilansir dari sebuah jurnal yang berjudul Parenthood and Happiness: Effects of Work-Family Reconciliation Policies in 22 OECD Countries menjelaskan bahwa tingkat stres pada orang tua bisa terpapar pada Si Kecil.

Penelitian ini menjelaskan bahwa ketika orang tua stres, hal ini bisa sangat berdampak bagi Si Kecil.

Ketika Si Kecil berada dalam lingkungan yang negatif, hal tersebut bisa meningkatkan gejala depresi, ekcemasan, kemarah dan tentunya mengurangi perasaan positif seperti kebahagiaan dan keceriaan

Seringkali tidak semua orang tua tahu apa yang membuat anaknya merasa bahagia. Dan tidak setiap orang tua juga tahu bagaimana cara membesarkan anak dengan bahagia. Karenanya, yuk pelajari happy parenting lebih dalam!

Baca Juga: Dukung Pertumbuhan Anak dengan Optimal, Ini Makanan Berserat yang Wajib Konsumsi

Buat Waktu Bermain yang Menyenangkan

Happy Parenting

Foto: Orami Photo Stock

Dalam memperingati Hari Kebahagiaan Internasional, LACTROGROW ingin membagikan tips untuk Moms agar bisa mendukung si kecil jadi grow happy ! Bagaimana memulai happy parenting dengan anak?

Happy parenting bisa dimulai dengan membuat waktu bermain dengan anak jadi menyenangkan. Dalam sebuah penelitian yang berjudul

Work-Family Balanced and Quality of Parenting in Optimizing Children Development membahas mengenai kebahagiaan ibu dan kerja sama dengan pasangannya yang bisa menjadi pondasi happy parenting. Hasil penelitian tersebut adalah;

  • Jika ibu mampu menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga serta merasa puas atas bantuan suami, maka pertumbuhan anak akan maksimal.
  • Jika ibu mampu menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga namun lelah karena perannya dan tidak ada kerjasama dari suami, maka pertumbuhan anak menjadi kurang maksimal.
  • Lalu hasil yang terakhir adalah, jika ibu mampu menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga namun memiliki pengetahuan yang kurang mengenai pola asuh anak, hal tersebut bisa membuat pertumbuhan Si Kecil jadi kurang maksimal.

Baca Juga: Tinggalkan 7 Kebiasaan Buruk Dalam Mengasuh Anak Ini

Dalam penelitian yang berjudul Bonding Development between Parents and Children through Playing Together to Improve Family Happiness menunjukan bahwa, kualitas waktu bermain anak dan orang tua bisa meningkatkan kebahagiaan keluarga.

Efeknya pun bisa dirasakan dalam waktu singkat dan juga waktu yang panjang.

Studi yang meneliti 370 pasangan ini mengevaluasi tingkat kebahagiaan orang tua dan anak sebelum dan sesudah mereka bermain bersama.

Aktivitas yang dirancang pun telah didesain untuk meningkatkan hubungan orang tua dan juga anak. Jadi, jika terjadi perubahan mood atau peningkatan kebahagian, hal tersebut bisa dilihat dengan lebih jelas.

Tentu saja studi di atas menunjukkan betapa pentingnya happy parenting untuk pertumbuhan Si Kecil. Namun, sayangnya dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa lebih dari 50 persen orang tua merasa belum cukup hadir dan terlibat dalam kegiatan bersama Si Kecil.

Terutama karena sebagian orang tua masih menganggap ciri-ciri fisik adalah indikator utama untuk menilai kebahagiaan anak. Misalnya, anak terlihat ceria dan aktif bergerak.

Padahal, menurut Myers & Diener, kebahagiaan anak bukanlah kegembiraan sesaat saja, namun lebih kepada rasa nyaman, aman, dan dapat diterima dengan baik di lingkungan sosialnya.

Ya, agar Si Kecil tumbuh bahagia, dibutuhkan keselarasan antara nutrisi, stimulasi, dan keterlibatan orang tua dalam membangun dan memupuk kondisi grow happy.

Nestle Lactogrow pun ingin turut berupaya membantu orang tua. Tak cuma mengenai pola asuh, tapi juga tips soal memberikan nutrisi seimbang dan lengkap untuk tumbuh bahagia yang dapat diterapkan dengan mudah.

Berikan Waktu untuk Dihabiskan Bersama Si Kecil

Happy Parenting

Foto: Orami Photo Stock

Ya, memiliki waktu yang berkualitas untuk Si Kecil sangatlah penting.

Dilansir dari SDSU Extension, anak-anak cenderung tidak memiliki masalah perilaku di rumah atau di sekolah.

Anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan keluarga akan tumbuh menjadi seseorang yang berprilaku baik dan menghindari narkoba dan menjadi pemabuk.

Hal tersebut menunjukkan bahwa anak-anak yang dirawat dengan kasih sayang orang tua bisa menguatkan mental dan juga emosional.

Ya, happy parenting memang sangatlah diperlukan untuk menjaga tumbuh kembang anak dengan baik.

Baca Juga: Ketahui 8 Tips Mengasuh Anak di Tengah Pandemi COVID-19

Jangan Malu Mengikuti Tingkah Konyol atau Lucu Si Kecil

Happy Parenting

Foto: Orami Photo Stock

Happy parenting perlu dilakukan agar hubungan anak dan orang tuanya tetap terjaga dengan baik. Hal tersebut pun bisa membuat Si Kecil merasa aman ketika berada di dekat orang tuanya.

Tentu saja menjadi dekat dengan anak dan juga menjadi orang yang mereka percaya adalah impian dari semua orang tua. Jadi, hal tersebutlah yang membuat happy parenting wajib untuk dipelajari.

Tak bisa dipungkiri bahwa ilmu parenting ini sangat berguna ketika menghadapi hal konyol yang dilakukan oleh Si Kecil. Meski terkadang sedikit menjengkelkan, namun perlu diakui bahwa tingkah Si Kecil bisa bikin kita geleng-geleng sendiri.

Nah, Moms perlu mengetahui bahwa ketika kita tidak ragu atau malu untuk mengikuti tingkah konyol anak, hal itu akan sangat menguntungkan di masa mendatang.

Berikut hal yang bisa didapatkan ketika kita tak malu mengikuti tingkah lucu Si Kecil;

  • Mengurangi stres karena bermain dengan anak seharian
  • Meningkatkan bonding dengan Si Kecil
  • Si Kecil merasa aman dan nyaman
  • Meningkatkan kreativitas anak
  • Melatih cara komunikasi anak

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Si Kecil dengan Seimbang dan Teratur

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa bermain bersama Si Kecil bisa membantu anak tumbuh dengan bahagia.

Mungkin Moms bisa membelikannya mobil-mobilan atau boneka atau mainan canggih yang bisa membuat Si Kecil tersenyum. Namun perlu diketahui bahwa hal yang membuat anak sangat bahagia adalah keberadaan orang tua.

Ketika perasaan orang tua dan anak terhubung, maka Si Kecil akan merasakan kebahagiaan yang penuh.

Jadi, cobalah untuk meluangkan waktu bersama dengan Si Kecil dengan sering ngobrol, nonton dan juga main bersama.

Moms juga bisa membacakan buku cerita sebelum Si Kecil tidur atau meluangkan waktu untuk menanyakan kabarnya dan bagaimana perasaannya hari ini.

Bermain adalah hal ampuh yang bisa dilakukan agar Si Kecil bisa mengembangkan kemampuannya. Nah, cobalah untuk bermain bersamanya dan saksikan perkembangan sekaligus mengeratkan hubungan dengan Si Kecil.

Namun tahukah Moms kalau kebahagiaan Si Kecil bukan hanya bisa dibentuk atau dirasakan dari suasana yang diberikan keluarga tapi juga dari dalam tubuhnya?

Kebahagiaan yang dirasakan Si Kecil ternyata juga bisa dipengaruhi faktor internal yang ada dalam tubuh yaitu hormon. Hormon yang bisa membuat kita bahagia antara lain hormon dopamin, oksitosin, dan serotonin.

Jadi, untuk membuat Si Kecil bahagia seutuhnya, Moms harus menciptakan suasana yang kondusif dengan meluangkan waktu untuk bermain dengan Si Kecil dan juga memperhatikan faktor internalnya.

Lalu, bagaimana cara memastikan hormon dalam tubuh Si Kecil bekerja dengan semestinya?

Dalam sebuah jurnal yang berjudul Bidirectional Associations Between Psychosocial Well-being and Adherence to Healthy Dietary Guidelines mengungkapkan bahwa adanya hubungan dua arah antara kualitas asupan Si Kecil dengan kepercayaan dirinya.

Selain itu, ketika Moms memberikan asupan yang berkualitas secara konsisten, hal tersebut bisa memberikan emosi yang baik untuk Si Kecil terlepas dari berat badan anak.

Seperti memberikan makanan bergizi dan tepat waktu, mendukung kompetensi anak, mencukupi waktu tidur anak, memberikan cinta tanpa sayarat kepada anak.

Dan jangan lupa, menjadi orang tua yang bahagia sehingga bisa menularkan kebahagiaannya kepada pasangan dan anak.

Itu sebabnya jika asupan nutrisi tidak seimbang maka dapat memengaruhi tumbuh kembang dan kebahagiaan anak. Jadi, anak yang mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang akan memiliki saluran pencernaan yang sehat.

Artinya, ususnya dapat menyerap nutrisi dengan baik. Dengan begitu anak akan punya selera makan yang baik dan dapat menunjang tumbuh kembangnya dengan optimal.

Bagaimana caranya orang tua membantu tumbuh anak membentuk saluran cerna yang sehat? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni;

  1. Konsumsi makanan bernutrisi lengkap dan bervariasi
  2. Konsumsi makanan yang mengandung probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan
  3. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga secara teratur

Itu dia Moms, beberapa tips menerapkan happy parenting agak Si Kecil juga bisa grow happy di masa tumbuh kembangnya.

Bagi Moms yang butuh berbagai macam tips lainnya tentang happy parenting, Moms bisa langsung membaca artikel tentang happy parenting lainnya dengan klik link di sini.

Atau untuk lebih lengkapnya lagi, Moms juga bisa mengunduh The Science of Growing Up Happy Book dengan klik langsung di sini.

Nah, bagaimana tips happy parenting yang sudah diulas nih, Moms? Jangan lupa download link di atas karena LACTAGROW selalu memberikan informasi terupdate mengenai ilmu parenting yang sangat berguna bagi hubungan ibu dan anak.

(ADV)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait