3-12 bulan

3-12 BULAN
8 Februari 2020

Ikuti 5 Tips Ini Sebelum Membeli Sampo Bayi

Pertimbangkan tips membeli sampo bayi ini sebelum berbelanja
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Intan Aprilia

Selain memperhatikan bayi, Moms juga akan menaruh perhatian pada perkembangan dan kesehatan rambut Si Kecil.

Moms harus berhati-hati saat memilih sampo bayi. Kulit dan rambut Si Kecil sangat halus sehingga Moms harus membeli sampo yang aman agar rambut Si Kecil tetap sehat.

Dilansir dari Indian Journal of Dermatology, sampo digunakan untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran dan polutan, sebum, keringat, dan residu berminyak lainnya termasuk produk perawatan rambut yang sebelumnya dipakai seperti minyak rambut.

Rambut bayi yang sehat akan terlihat bersih, lembut, berkilau, dan tidak gampang kusut. Untuk mendapatkannya, Moms harus memperhatikan dan melakukan perawatan rambut dan kepala bayi setiap hari.

Baca Juga: 5 Bahan Berbahaya pada Sampo Bayi, Wajib Dihindari!!

Tips Membeli Sampo Bayi

Tetapi, bagaimana menentukan apakah sampo bayi tertentu cocok atau aman untuk bayi? Berikut adalah beberapa tips membeli sampo bayi yang perlu dipertimbangkan.

1. Perhatikan Kondisi Kulit Kepala Bayi

Ikuti 5 Tips Ini Sebelum Membeli Sampo Bayi -1.jpeg

Foto: thegoodtrade.com

Tips membeli sampo bayi yang pertama ini akan menjadi yang utama.

Karena selain untuk menjaga kondisi rambut, kulit kepala juga adalah hal yang harus dipertimbangan. Sebenarnya, bayi baru lahir memiliki kulit kepala yang sehat.

Ini menyiratkan bahwa produk sampo bayi terbaik adalah yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Namun, Moms harus mengetahui apakah Si Kecil mewarisi beberapa kondisi kulit yang umum di keluarga atau tidak. Misalnya kondisi kulit seperti eksim.

Jika bayi memiliki kulit kering atau eksim, Moms harus membeli sampo khusus dengan salep pelembap.

Secara umum, Moms perlu menilai kondisi kulit bayi sebelum membeli sampo. Tujuannya adalah untuk menyembuhkan atau memperbaiki kondisi kulit kepala.

2. Bebas Alkohol

Ikuti 5 Tips Ini Sebelum Membeli Sampo Bayi -2.jpg

Foto: makeupandbeauty.com

Pastikan Moms memilih sampo bebas alkohol sebelum menambahkannya ke troli belanjaan.

Moms mungkin memperhatikan bahwa sampo dewasa terasa menyegarkan setelah digunakan dan rambut dapat mengering dengan cepat. Penyebabnya adalah adanya alkohol dalam sampo tersebut.

Jika Moms tidak ingin kulit kepala bayi tetap terjaga dengan baik, tips membeli sampo bayi selanjutnya adalah jangan memilih sampo beralkohol. Ini akan memperburuk kondisi kulit kepala bayi.

Faktanya, semua produk anak-anak tidak boleh mengandung alkohol, karena kulit bayi belum sepenuhnya berkembang untuk beradaptasi dengan lingkungan.

Oleh karena itu, pastikan bahwa sampo tidak mengandung alkohol atau setidaknya persentase alkoholnya kecil sehingga tidak berpengaruh besar pada cara kerja sampo.

Baca Juga: Jenis Alkohol Baik dan Alkohol Buruk Pada Skincare

3. pH Netral

Ikuti 5 Tips Ini Sebelum Membeli Sampo Bayi -3.jpg

Foto: wsj.com

Tips membeli sampo bayi lainnya adalah dengan memperhatikan tingkat pH sampo. Pastikan sampo tidak asam atau basa.

Karena itu, pilihlah sampo bayi yang memiliki pH netral. pH netral berarti kisaran pada skala asam-basa adalah pH 7.

Ketika pH berkisar dari 1 hingga 6, itu berarti bahwa sampo bersifat asam. Ketika berada di antara 8 dan 14 itu akan menjadi basa.

Kulit bayi biasanya dekat pH 7 dalam keadaan normal. Sebenarnya, alkalinitas atau keasaman yang ekstrim dalam sampo dapat menyebabkan iritasi dan lecet.

Jadi, pertimbangkan keasaman sampo untuk menghindari kondisi tersebut pada kulit kepala bayi.

4. Parfum

Ikuti 5 Tips Ini Sebelum Membeli Sampo Bayi -4.jpg

Foto: mippin.com

Pertimbangkan penambahan aroma pada sampo bayi. Pastikan Moms memilih sampo bayi yang bebas pewangi karena biasanya mengandung elemen berbahaya yang dapat menimbulkan masalah pada kulit kepala bayi yang sangat halus.

Jenis kulit kepala bayi yang berbeda akan memungkinkan parfum menjadi alergen bagi bayi yang memiliki alergi.

Ini akan membuat kondisi kepala dan rambut Si Kecil menjadi kering bahkan hinggaterluka karena terlalu sering digesek oleh bayi.

Baca Juga: Pewangi pada Skincare, Berbahayakah?

5. SLS

Ikuti 5 Tips Ini Sebelum Membeli Sampo Bayi -5.png

Foto: cliradex.com

Natrium Laurel Sulfat (SLS) adalah bahan kimia yang sering ditemui dalam sampo, yang berfungsi untuk menghasilkan busa yang berbuih bagus.

Namun, menurut Robert Dorin, spesialis rambut dan ahli bedah restorasi Kota New York, hal ini akan memperburuk kondisi rambut.

"SLS akan mengupas minyak esensial rambut, memecah protein esensial untuk kesehatan rambut, dan menghentikan pertumbuhan. Hasilnya, kulit kepala kering, gatal, dan rambut rontok,” jelasnya, dilansir dari American Association of Retired Persons.

Tips membeli sampo bayi ini lebih kepada tindakan preventif agar tidak terjadi kesalahan saat membeli, hingga membuat Si Kecil menjadi tidak nyaman.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait