Bayi

BAYI
27 Agustus 2020

4 Tips Membersihkan Rumah Ini Efektif Menghindarkan Virus Covid-19

Sebagai garda terdepan perlindungan kesehatan di rumah, Moms harus rutin mempreaktikkan tips membersihkan rumah dari virus ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Rumah adalah tempat yang aman bagi Moms dan Si Kecil saat pandemi Covid-19 saat ini.

Jika Moms tidak dapat mengontrol kebersihan di luar rumah, seperti pintu toko atau pegangan di transportasi umum.

Akan tetapi, di dalam rumah, Moms bisa melakukan beberapa tips membersihkan rumah dari virus yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dan keluarga dari virus corona atau COVID-19.

Penelitian menunjukkan bahwa virus corona umumnya ditularkan oleh orang yang terinfeksi kepada seseorang di sekitarnya biasanya dalam jarak 6 kaki.

Aubree Gordon, seorang ahli epidemiologi dan profesor di University of Michigan School of Public Health mengatakan, virus corona juga dapat menyebar dengan cara lain. "Ini juga mungkin ditularkan melalui transmisi tidak langsung, di mana virus diam di permukaan dan disentuh orang lain, kemudian orang itu menyentuh mulut, hidung atau mata mereka," jelas Aubree.

Sebenarnya, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan organisasi lain telah menerbitkan pedoman untuk mencegah penyebaran COVID-19 di dalam dan luar rumah.

Salah satunya datang dari Connie Steed, presiden Association for Professionals in Infection Control and Epidemiology yang memiliki beberapa tips membersihkan rumah dari virus corona.

Cara Membersihkan Rumah Agar Terhindar dari COVID-19

Tips ini juga harus dilakukan bersama dengan dasar pedoman pencegahan virus corona, yakni mencuci tangan secara teratur selama 20 detik, menggunakan pembersih tangan, hindari menyentuh wajah, tutup batuk dan bersin dengan siku atau tisu dan tetap di rumah jika sakit.

1. Bersihkan Permukaan yang Biasa Disentuh

4 Tips Membersihkan Rumah Ini Efektif Menjaga Rumah dari Virus Covid-19 -1

Foto: Orami Photo Stock

Selain lewat droplet, virus corona juga menyebar jika menyentuh permukaan atau benda yang memiliki virus di atasnya, dan kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut sendiri, menurut Centers of Disease Controll and Prevention (CDC).

Connie merekomendasikan pembersihan permukaan yang sering disentuh setiap hari di dalam rumah, seperti gagang pintu, sakelar lampu, dan gagang kabinet. "Anda tidak benar-benar perlu disinfektan super. Cukup deterjen rumah tangga dan air," kata dia.

Connie mencatat bahwa jika suatu permukaan sangat kotor, Moms harus mencuci dengan air dan deterjen dan kemudian mendisinfeksinya sebagai tips membersihkan rumah dari virus lainnya.

Jika menggunakan lap atau semprotan, biarkan mengering sendiri untuk membantu membunuh kuman. Ini harus dilakukan secara rutin saat Moms memiliki Si Kecil yang sedang aktif bergerak.

Baca Juga: 9 Istilah Selama Pandemi COVID-19, Moms Sudah Tahu Semuanya?

2. Gunakan Pembersih yang Tepat

4 Tips Membersihkan Rumah Ini Efektif Menjaga Rumah dari Virus Covid-19 -2

Foto: Orami Photo Stock

Moms harus sangat hati-hati ketika membersihkan dengan spons atau lap, karena bisa saja Moms tidak sengaja menyebarkan infeksi dengan menggunakan kembali barang-barang kotor.

Connie merekomendasikan untuk menggunakan tisu atau kain sekali pakai.

"Ini benar-benar ideal untuk membersihkan di rumah karena Anda dapat membuangnya setelah sekali pakai," katanya.

Jika menggunakan kembali spons dan kain, keduanya harus dicuci dalam air panas dan dikeringkan hingga benar-benar kering setiap kali digunakan.

"Kepala alat pel harus dibilas dengan air panas setiap kali digunakan sampai air pencuci menjadi jernih dan dibiarkan kering di udara," tambah dia.

Hal ini juga berlaku saat menggunakan disinfektan. Connie mengingatkan untuk mengikuti instruksi di label dengan hati-hati. Beberapa cairan pembersih mungkin perlu membasahi permukaan selama beberapa menit agar efektif.

3. Bersihkan Juga Barang Elektronik

4 Tips Membersihkan Rumah Ini Efektif Menjaga Rumah dari Virus Covid-19 -3

Foto: Orami Photo Stock

Ponsel bisa jadi merupakan permukaan yang terinfeksi. Ponsel sering berpindah kemanapun sepanjang hari, yang berpotensi terkontminasi oleh kuman di sepanjang jalan.

Apalagi jika Moms atau Dads harus tetap pergi ke kantor. "Itu adalah sesuatu yang orang tidak pikirkan. Ponsel telah menjadi ekstensi diri," kata dia.

Connie merekomendasikan untuk menggunakan pembersih alkohol atau hanya sabun dan air hangat untuk membersihkan permukaan ponsel secara teratur.

Jangan lupa tips membersihkan rumah dari virus adalah dengan mendisinfeksi alat elektronik lainnya, seperti keyboard dan mouse komputer, telepon rumah dan remot secara rutin.

Baca Juga: Alasan Mengapa Orangtua Harus Mengeluarkan Barang-Barang Elektronik dari Kamar Anak

4. Tips Membersihkan Rumah dari Virus di Dapur dan Kamar Mandi

4 Tips Membersihkan Rumah Ini Efektif Menjaga Rumah dari Virus Covid-19 -4

Foto: Orami Photo Stock

  • Cuci tangan sebelum dan sesudah masak dan pastikan orang yang sakit tidak melakukan kontak dekat dengan makanan yang akan dimakan bersama.
  • Pisahkan alat makan dengan orang yang sedang sakit di rumah.
  • Pastikan untuk sering membersihkan permukaan yang sering disentuh di dapur, seperti meja makan, pegangan laci dan pegangan lemari es.
  • Sering membersihkan semua permukaan, termasuk toilet, pancuran, dan wastafel.
  • Pisahkan sikat gigi dari satu sama lain.
  • Cuci handuk tangan secara teratur, dan jangan berbagi handuk tangan dengan orang yang sakit.

Jika tips membersihkan rumah dari virus sudah dilakukan, yang paling penting saat ini adalah rutin melakukan dan menjadikannya sebuah kebiasaan.

Baca Juga: Dari Persatuan Dokter Emergensi Indonesia, Ini Panduan Mencuci Tangan untuk Hindari Virus COVID-19

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait