Parenting

6 Oktober 2021

7 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Anak, Yuk Cari Tahu!

Jangan lupa ajak anak berdiskusi tentang pilihannya ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Memilih jurusan saat kuliah merupakan sesuatu yang penting bagi masa depan anak dan memengaruhi pilihan kariernya nantinya. Yuk, simak tips memilih jurusan kuliah yang tepat bagi anak agar tidak salah pilih!

Sebaiknya dalam memilih jurusan kuliah, hindari memaksakan pilihan Moms. Melainkan beri kebebasan kepada anak dalam memilih jurusan yang menarik dan disukainya.

Peran Moms sebagai orangtua adalah mengarahkan agar anak tidak impulsif, dan benar-benar mempertimbangkan dengan baik terkait jurusan yang diambil saat masuk ke perguruan tinggi.

Karena bagaimanapun, anak-anak yang baru lulus SMA masih memiliki jiwa yang labil dan mudah terpengaruh oleh teman-temannya.

Jangan sampai tetiba anak meminta berhenti kuliah dan ingin pindah jurusan karena merasa tidak cocok.

Tips Memilih Jurusan Kuliah untuk Anak

universitas terbaik di indonesia-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Baca Juga: 15 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2021 yang Bisa Dijadikan Pilihan

Lantas, bagaimana tips memilih jurusan kuliah yang sesuai? Simak yuk, Moms!

1. Pahami Minat Anak

tips memilih jurusan kuliah

Foto: Northshore.org

Bagi siswa SMA/SMK yang sudah memasuki tahun terakhir, memilih jurusan kuliah merupakan tantangan yang cukup rumit dan penuh pertimbangan.

Ada yang masih belum bisa menetukan minatnya, ataupun dilema dengan pilihan-pilihannya, bahkan ada pula yang masih ragu dan bingung.

Melansir Bestcolleges.com, salah satu hal penting dalam memilih jurusan kuliah ada dengan mengetahui ketertarikan atau minat anak terlebih dahulu.

Dengan mengenali dan mengarahkan minat dan bakat anak di masa depan, akan membantu menemukan jurusan kuliah yang akan dijalaninya selama beberapa tahun ke depan.

2. Kenali Bakat dan Potensi Diri

tips memilih jurusan kuliah

Foto: Usnews.com

Baca Juga: 5 Cara Mengetahui Bakat Diri Sendiri, Sudah Tahu Moms?

Setelah mengetahui minat anak, sebaiknya cari tahu bakat dan potensi yang ada padanya.

Bakat atau talenta yang dimiliki anak dapat menjadi faktor pendukung untuk memilih jurusan yang tepat, dan modal kuat untuk meraih sukses di masa depan.

Meski begitu kadang ada juga anak yang berbakat melukis, namun dia tidak tertarik untuk kuliah di jurusan seni, tapi lebih suka memperdalam bahasa.

Tidak masalah, yang penting si anak benar-benar menyukai jurusan yang ingin dia tekuni. 

Untuk menggali dan mengenali minat anak coba ajukan beberapa pertanyaan seperti "Apa hal yang membuatku selalu termotivasi", "Hal apa yang bisa membuatku lupa waktu?", "Apa bakatku?" dan sebagainya.

Dengan menjawab beberapa pertanyaan di atas, setidaknya dapat membantu anak mendapatkan jawaban kira-kira jurusan dan bidang yang cocok untuknya.

3. Lihat Peluang Karier

tips memilih jurusan kuliah

Foto: Ozassignments.com

Tips memilih jurusan kuliah selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan peluang di masa depan. Sebenarnya semua jurusan memiliki peluang masing-masing.

Namun, Moms perlu mengarahkan anak untuk mempertimbangkan jurusan dengan prospek karier yang menjanjikan di masa depan.

Salah satu caranya dengan mengamati kondisi di masa sekarang dan proyeksinya di masa mendatang. Apakah jurusan yang dipilih memiliki prospek karier yang baik nantinya.

Contohnya saja, jika anak berminat menjadi ilmuwan, apakah peluang karir ini tetap diminati di masa depan atau sebaliknya.

4. Berkonsultasi dengan yang Berpengalaman

tips memilih jurusan kuliah

Foto: Gecollegeprep.com

Tips memilih jurusan kuliah berikutnya adalah dengan berkonsultasi dengan mereka yang berpengalaman.

Misalnya saja dengan alumni SMA yang mengambil jurusan yang sama, ataupun mereka yang berkarir sesuai dengan bidang yang diminati anak.

Melansir USNews.com, sebuah survey yang dilakukan pada 2017 mengungkap bahwa nasihat atau saran dari mereka yang berpengalaman atau bekerja dengan pilihan karier sesuai dengan jurusan kuliah sangatlah membantu.

Sebaliknya, saran dari orangtua atau orang-orang sekitar tidak begitu membantu.

Jangan ragu juga untuk berkonsultasi dengan pihak sekolah, ataupun profesional seperti konsultan pendidikan untuk memastikan pilihan jurusan kuliah yang tepat.

5. Pertimbangkan Biaya

tips memilih jurusan kuliah

Foto: Mmic.com

Baca Juga: 3 Langkah Tepat untuk Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Biaya juga menjadi hal krusial ketika memasuki perguruan tinggi. Umumnya, biaya kuliah di universitas negeri lebih terjangkau dibanding universitas swasta.

Setiap jurusan kuliah pun kadang membutuhkan biaya yang berbeda-beda. Jurusan kedokteran akan membutuhkan biaya yang lebih besar dari jurusan ekonomi ataupun bahasa.

Untuk itu, sesuaikan juga pilihan jurusan kuliah dengan dana pendidikan yang dimiliki.

Moms juga dapat mendorong anak untuk mencari-cari tahu beasiswa yang tersedia di jurusan dan universitas yang akan dimasukinya.

Dengan beasiswa, setidaknya dapat membantu meringankan beban finansial saat berkuliah nantinya.

6. Tidak Terpengaruh Teman

tips memilih jurusan kuliah

Foto: Idcafe.net

Ada banyak kasus di mana anak sembarang memilih jurusan kuliah karena tetap ingin bersama dengan teman-temannya dari SMA.

Meski hal ini terbilang sepele, namun dapat membuat anak salah pilih jurusan hanya karena ikut-ikutan teman saja.

Untuk itu, Moms perlu memberi tahu anak bahwa memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang boleh dilakukan tanpa pertimbangan, karena menyangkut masa depannya.

Mungkin, dia akan jarang bertemu dengan teman-temannya karena beda jurusan ataupun beda universitas, namun nantinya anak juga akan menemukan teman baru.

7. Beri Waktu Anak untuk Berpikir

tips memilih jurusan kuliah

Foto: Seattlemag.com

Tips memilih jurusan kuliah selanjutnya adalah berikan waktu dan kesempatan kepada anak untuk memikirkan pilihan yang diambil.

Biarkan dia memikirkan semuanya dengan perlahan-lahan, mulai dari kemampuan diri, peluang masa depan, hingga pendapat dari orang yang berpengalaman.

Pada tahap ini, sebaiknya Moms tidak ikut campur. Namun, jika anak bertanya, berikan jawaban yang bijak tanpa sedikit pun memaksakan kehendak.

Kembali lagi, setiap pilihan yang diambil anak merupakan tanggung jawabnya secara pribadi.

Baca Juga: Maudy Ayunda Lulus S2 di Universitas Stanford, Simak 12 Artis yang Kuliah di Luar Negeri!

Demikian tips memilih jurusan kuliah yang tepat untuk anak, Moms! Ingat agar Moms tidak terlalu menggurui anak dalam memilih jurusan kuliah yang diminatinya, karena malah bisa memengaruhi hubungan kalian.

Semoga bermanfaat!

  • https://www.usnews.com/education/best-colleges/slideshows/10-things-to-know-about-selecting-a-college-major?slide=7
  • https://www.usnews.com/news/education-news/articles/2017-09-25/students-rely-on-least-reliable-source-for-advice-on-college-majors-friends-and-family
  • https://www.bestcolleges.com/resources/choosing-a-major/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait