2-3 tahun

2-3 TAHUN
12 November 2020

5 Tips Memilih Pasta Gigi Anak Terbaik

Pastikan ukuran pasta gigi yang diberikan sudah tepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tidak pernah ada kata terlalu dini untuk mulai mengajari anak-anak menjalani ritual kebersihan mulut yang baik. Orang tua harus mulai menyikat gigi anak-anak mereka sedini mungkin.

Biasanya hal ini terjadi sekitar enam bulan pertama kehidupan anak, karena pada saat itu sudah mulai tumbuh bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang terbentuk.

Banyak dokter gigi yang menekankan bahwa hal yang paling penting untuk diingat adalah menggunakan pasta gigi dalam jumlah yang benar.

“Untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas, jumlah yang tepat adalah cukup sebesar kacang polong,” kata Dr. Evan Cyrkin dari Tree House Pediatric and Adult Dentistry.

Baca Juga: Anak Menelan Pasta Gigi Saat Sikat Gigi, Berbahayakah?

Memilih Pasta Gigi yang Tepat untuk Anak

Ketika berbicara mengenai jenis pasta gigi tepat yang harus kita berikan untuk anak, ada beberapa tips yang bisa Moms gunakan supaya bisa memilih pasta gigi yang tepat. Ikuti tipsnya di bawah ini yuk Moms.

1. Pilih yang Mengandung Flouride

pasta gigi anak

Foto: askthedentist.com

Para ahli mengatakan bahwa pasta gigi yang diformulasikan dengan fluoride adalah pasta gigi terbaik untuk anak karena dapat mencegah gigi berlubang.

"Penting bagi orang tua untuk memberikan Si Kecil pasta gigi yang mengandung flouride. Hal ini bermanfaat untuk memperkuat gigi agar tidak terjadi karies gigi di kemudian hari,” jelas dr. Avianti Hartadi dalam webinar Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Group, Jumat (23/10).

Mengutip dari American Dental Association, merekomendasikan agar anak menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride.

Namun, penting bagi Moms untuk memeriksa berapa banyak fluoride yang terkandung dalam pasta gigi yang pilih, agar sesuai dengan jumlah yang disarankan, untuk menyeimbangkan efektivitas dengan keamanan.

2. Pastikan Memang Direkomendasikan oleh Ahli

pasta gigi anak

Foto: bestbabykit.com

Pada kemasan pasta gigi bayi yang kita pilih, biasanya dicantumkan rekomendasi dari ahli untuk menyakinkan para orang bahwa pasta gigi tersebut aman digunakan pada si buah hati.

Rekomendasi ahli ini juga menunjukkan bahwa produk yang dijual sudah melalui serangkaian tes sehingga benar-benar aman digunakan pada anak.

Baca Juga: Amankah Anak Pakai Pasta Gigi Mengandung Xylitol?

3. Hindari Bahan Kimia yang Keras

pasta gigi anak

Foto: absolutely-mama.co.uk

Banyak pasta gigi, terutama yang diiklankan bisa memutihkan gigi, seringkali mengandung abrasive yang dapat merusak enamel gigi pada anak yang masih muda.

4. Pertimbangkan Rasa Pasta Gigi

pasta gigi anak

Foto: inhabitat.com

Meskipun tidak akan menimbulkan masalah kesehatan, Moms pasti ingin memastikan bahwa rasa pasta gigi yang digunakan anak tidak buruk.

Banyak anak-anak yang sering menemukan rasa mint terasa "pedas" dan mereka sering lebih suka pilihan ramah anak yang tersedia saat ini, seperti memiliki rasa buah-buahan yang harum.

Baca Juga: Yuk, Ketahui 5 Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

5. Berikan Anak Pasta Gigi dengan Ukuran yang Tepat

tips memilih pasta gigi anak

Foto: Orami Photo Stock

Untuk anak usia 3-6 tahun, penting bagi orang tua untuk memilih sikat gigi berukuran kecil untuk anak dengan bulu sikat yang lembut agar tidak melukai gusi mereka.

"Berikan juga anak pasta gigi berflouride seukuran biji kacang polong," kata dr. Avianti.

Ia menambahkan orang tua juga harus menemani anak dan tetap membantu mereka untuk menyikat gigi dengan benar.

Sedangkan untuk anak berusia 6-10 tahun, berikan pasta gigi seukuran 1-2 cm.

Itu dia Moms beberapa tips untuk memilihkan anak pasta gigi yang tepat. Apakah Moms bisa melakukannya?

Artikel Terkait