Home & Living

6 September 2021

Tips Menciptakan Kamar Tidur Anak Minimalis agar Lebih Rapi

Kamar tidur anak minimalis membuat tempat tidur anak lebih rapi dan kreativitas pun meningkat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Debora

Tumpukkan mainan, sprei yang berantakan, hingga corat coret dinding membuat kamar anak jadi terlihat tak terurus, kotor, dan penuh dengan barang-barang.

Kondisi tersebut tentu membuat Moms dan Si Kecil menjadi tidak nyaman berada di kamar. Padahal, seharusnya kamar anak menjadi tempat paling aman dan nyaman untuk anak.

Mendesain dan mendekorasi kamar anak minimalis bisa jadi solusi agar kamar anak terlihat lebih rapi, ringkas, dan mudah ditata.

Dengan desain minimalis, Moms juga bisa mengajarkan anak nilai-nilai hidup yang lebih sederhana dan tidak menumpuk-numpuk barang yang tak terpakai atau tak bisa digunakan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini inspirasi desain dan dekorasi kamar anak minimalis.

Baca Juga: Ide Dekorasi Kamar Anak yang Sempit, Moms Wajib Tahu!

Desain Kamar Anak Minimalis

kamar anak minimalis

Foto: Orami Photo Stocks

Jika Moms bingung bagaimana mendesain kamar anak minimalis, sebaiknya cek inspirasi desain kamar anak minimalis berikut ini sebagai referensi untuk membuat kamar anak minimalis, praktis, dan rapi.

1. Ruang Terbuka untuk Bermain Anak

Desain kamar tidur yang ideal untuk meminimalkan kekacauan dan tetap memaksimalkan ruang adalah desain ruang terbuka. Desain ini menyisakan lebih banyak area lantai untuk anak-anak bermain.

Alih-alih mengisi kamar tidur anak-anak dengan mainan dan pajangan warna-warni, mengapa tidak memberikan ruang bagi mereka untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan?

Ketika Moms membatasi jumlah mainan anak, maka diharapkan dapat memperluas imajinasi mereka.

Hal tersebut dibuktikan dengan penelitian ilmiah oleh Strick dan Schubert dalam eksperimen yang mereka lakukan untuk mempelajari bagaimana anak-anak TK akan merespons ketika mainan dihilangkan.

Studi ini menemukan, ketika ada kekurangan sumber daya, anak-anak lebih cenderung menggunakan imajinasi mereka untuk menemukan bentuk hiburan baru.

Para peserta akhirnya membuat permainan mereka sendiri dan menggunakan sumber daya yang tersedia di sekitar mereka untuk bersenang-senang.

Biasakan untuk tidak menghujani anak dengan ragam mainan, biarkan mereka menemukan bahwa karunia imajinasi menawarkan petualangan yang lebih menarik daripada yang dapat diberikan oleh boneka atau mobil mainan mana pun.

Baca Juga: 5 Pilihan Warna Cat Kamar Anak Perempuan yang Manis

2. Bersenang-senang dengan Warna

Pikirkan tentang kesenangan disiplin, atau kesenangan semacam itu yang digabungkan dengan kewaspadaan dan kesadaran diri. Saat mendesain kamar tidur anak minimalis, perhatikan warna-warna yang digunakan.

Pilih palet warna monokromatik yang sesuai dengan selera Moms dan anak-anak. Tambahkan warna lain jika menurut Moms desain monokromatik dirasa kurang. Namun, tetapkan batasan jumlah warna yang akan digunakan pada kamar tidur anak.

Dengan demikian, kamar anak akan terlihat lebih rapi, bersih, dan luas.

Alasan lain Moms harus fokus pada warna saat mendesain ulang kamar tidur anak adalah karena warna tersebut membantu meningkatkan rutinitas tidur anak.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Travelodge, ditemukan bahwa biru adalah warna yang paling merangsang tidur untuk kamar tidur. Ini memperlambat detak jantung dan mengurangi tekanan darah.

Akibatnya, orang yang tidur di kamar berwarna biru biasanya dapat tidur selama 8 jam setiap harinya.

Pada urutan kedua dan ketiga yang dapat membuat tidur lebih nyenyak ialah warna kuning dan hijau. Warna yang harus dihindari adalah ungu, coklat, dan abu-abu. Ungu dapat merangsang pikiran, jadi sama sekali tidak ideal untuk digunakan di kamar tidur.

3. Pilih Furnitur yang Tahan Lama

Ketika memilih furnitur kamar anak, jangan tergiur dengan harga murah. Jika Moms memiliki anggaran terbatas, jangan memaksakan diri hanya untuk menghemat anggaran.

Lebih baik, Moms bersabar dan mengumpulkan uang sedikit lebih banyak untuk membeli barang-barang berkualitas tinggi yang memiliki bahan lebih awet dan nyaman digunakan anak hingga ia berusia remaja bahkan dewasa.

Baca Juga: 9 Pilihan Warna Cat Kamar Anak, Bisa Bikin Mood Lebih Baik!

Dekorasi Kamar Anak Minimalis

kamar anak minimalis

Foto: Orami Photo Stocks

Seperti yang dikatakan Suzy Chiazzari, konsultan di Terapi Warna dan Desain Interior Holistik, "Dekorasi kamar tidur tentu berdampak pada kualitas dan kuantitas tidur," jelasnya.

Oleh karena itu, memilih dekorasi yang tepat untuk kamar anak minimalis adalah hal yang penting agar kamar tidak hanya terlihat lebih rapi, tapi juga estetik.

Berikut ini beberapa tips dekorasi kamar anak minimalis yang bisa menjadi referensi.

1. Menempelkan Stiker pada Dinding Kamar

Jika dulu dinding kamar sengaja dibiarkan polos tanpa coretan, maka Moms mungkin harus mencoba hal baru dengan menempelkan stiker pada dinding kamar anak.

Hal ini membuat dinding lebih artistik dan menyesuaikan desain juga tema kamar anak.

Moms bisa menempelkan stiker hewan kesukaan, superhero favorit, atau karakter yang disukai anak.

Sebaiknya, biarkan anak memilih gambar apa yang ingin ia tempelkan di dinding agar kamar tidurnya jadi tempat favorit untuknya sekaligus mendorong kreativitasnya.

2. Pilih Dekorasi dan Mainan Anak yang Sesuai Usia serta Fungsinya

Untuk menciptakan kamar anak minimalis, maka Moms juga perlu meminimalkan dekorasi atau mainan anak. Pilih beberapa mainan yang mencerminkan selera dan kepribadian anak-anak.

Kemudian, pajang bersama beberapa buku dan karya seni lainnya agar lebih bervariasi.

Dengan lebih sedikit mainan dan lebih banyak buku, diharapkan dapat mengajarkan anak untuk membiasakan diri membaca buku.

Moms juga bisa menambahkan alat musik dan peralatan olahraga yang disukai Si Kecil.

Terpenting adalah menumbuhkan lingkungan di mana anak-anak dapat mengembangkan keterampilan mereka secara alami.

Baca Juga: Tidak Cuma Pink, 5 Warna Cat Dinding Ini Juga Cocok untuk Kamar Anak Perempuan

Itulah tips membuat kamar tidur anak minimalis dengan aneka desain dan dekoratif.

Semoga tips tersebut bisa jadi referensi dalam menciptakan kamar tidur anak yang minimalis, rapi, dan dekoratif. Selamat mencoba!

  • https://mommybites.com/col1/toddler/minimalist-designs-kids-bedroom/
  • https://www.architectureartdesigns.com/16-minimalist-modern-kids-room-designs-that-are-anything-but-bare/
  • https://sagefamily.com/cozy-minimalist-kids-bedroom/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait