2-3 tahun

2-3 TAHUN
14 Mei 2020

Tips Mengajak Balita Salat Tarawih di Rumah

Kondisikan Si Kecil sebelum salat agar Moms bisa beribadah lebih khusyuk
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tarawih adalah ibadah istimewa yang hanya bisa dilakukan di bulan Ramadan. Moms tentu tak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Namun, memiliki anak yang masih sangat kecil menjadi tantangan tersendiri. Nah, Moms harus tahu tips mengajak balita salat Tarawih di rumah.

Memang tak mudah beribadah, terutama salat, saat punya balita. Mereka senang bermain dan dekat-dekat dengan Moms. Mereka juga belum paham kalau tak boleh mengganggu saat orang lain beribadah, meski Moms sudah memberitahunya berkali-kali. Jangankan salat Tarawih yang rakaatnya banyak, salat lima waktu saja jarang aman dari gangguan Si Kecil.

Bagaimanapun, melihat Moms konsisten beribadah bisa menjadi contoh yang baik untuk Si Kecil. Nah, agar Tarawih di rumah bisa berjalan dengan cukup lancar, Moms perlu mengondisikan Si Kecil. Ini tips mengajak balita salat Tarawih di rumah:

Pastikan Si Kecil Kenyang

tips mengajak balita salat Tarawih di rumah, Pastikan Si Kecil Kenyang.jpg

Foto: Barrie Taylor from Pixabay

Lapar dan haus adalah dua alasan utama Si Kecil tantrum. Jadi, sebelum Tarawih mulai, pastikan Si Kecil sudah kenyang makan dan minum susu.

Moms juga bisa menyediakan camilan yang tidak bikin berantakan agar mulut dan tangan Si Kecil sibuk selagi Moms salat. Contohnya adalah popcorn atau kacang-kacangan.

Baca Juga: Aturan Mengajak Bayi dan Balita Sholat Tarawih

Pastikan Popoknya Bersih

tips mengajak balita salat Tarawih di rumah, Pastikan Popoknya Bersih.jpg

Foto: The Honest Company on Unsplash

Popok yang kotor juga jadi penyebab Si Kecil rewel. Salah satu tips mengajak balita salat tarawih di rumah adalah mengganti popok Si Kecil yang mulai penuh sebelum salat.

Atau, jika Si Kecil sedang menjalani toilet training, Moms bisa mengajaknya buang air kecil atau besar dulu. Dengan demikian, Moms juga tidak khawatir terkena najis jika Si Kecil buang air saat berada di dekat Moms yang sedang salat.

Sediakan Mainan

tips mengajak balita salat Tarawih di rumah, Sediakan Mainan.jpg

Foto: Photo by Sandy Millar on Unsplash

Sebelum salat, sediakan area bermain untuk Si Kecil yang masih dalam jangkauan mata Moms. Taruh benda-benda yang akan menyibukkan pikiran dan tangan Si Kecil.

Kenali mainan apa yang membuat Si Kecil bisa tenang main sendiri dalam waktu yang agak lama karena tiap anak berbeda. Umumnya, mainan tersebut adalah Lego, buku dan alat gambar, puzzle, atau buku stiker.

Moms juga bisa melakukan rotasi mainan, yakni hanya mengeluarkan sebagian mainan dan menyimpan mainan yang lain. Saat Si Kecil mulai bosan dengan mainan yang ada, keluarkan mainan yang disimpan. Si Kecil jadi antusias lagi memainkan mainan lama.

Baca Juga: Enaknya Makan Lepas Tarawih dengan Resep Udang Masak Tauco Super Gurih

Berinteraksi dengan Si Kecil di Sela Salat

tips mengajak balita salat Tarawih di rumah, Berinteraksi dengan Si Kecil di Sela Salat.jpg

Foto: Andrea Piacquadio from Pexels

Kelompok usia balita paling menginginkan perhatian dari Moms. Jadi, meski Moms sudah menyediakan aneka mainan agar Si Kecil anteng, jangan lupa tetap berikan perhatian di jeda waktu antara salam dan memulai rakaat berikutnya. Perhatian yang diberikan bisa berupa peluk-cium atau obrolan singkat.

Ajak Si Kecil Tidur

tips mengajak balita salat Tarawih di rumah, Ajak Si Kecil Tidur.jpg

Foto: Jelleke Vanooteghem on Unsplash

Karena waktu Tarawih di rumah lebih fleksibel, Moms bisa salat setelah Si Kecil tidur. Namun, sebagian anak biasa tidur sangat malam. Bisa-bisa Moms malah mengantuk dan ikut tidur jika Tarawih terlalu malam.

Coba lakukan rutinitas tidur seperti biasa sebelum Moms Tarawih. Misalnya, memberikan susu hangat serta gosok gigi dan cuci kaki. Salatlah di kamarnya selagi Si Kecil tidur-tiduran di kasur sambil melihat Moms salat. Redupkan lampu kamar agar Si Kecil cepat tertidur dan Moms lebih fokus salat.

Kalau Moms memilih salat di luar kamar, sediakan alas tidur (misalnya sajadah) dengan bantal kecil dan selimut untuk Si Kecil di sebelah Moms. Jadi, Si Kecil bisa tetap berada di sebelah Moms dengan nyaman saat sudah bosan dengan mainannya. Kalau Si Kecil sudah tidur, Moms jadi bisa salat dengan khusyuk.

Memiliki anak kecil memang memerlukan penyesuaian dan kesabaran. Tak perlu memasang ekspektasi terlalu tinggi untuk bisa melakukan ibadah secara sempurna. Ingat, Si Kecil hanyalah anak-anak yang memiliki rentang perhatian pendek.

Baca Juga: Ini Aturan Kementerian Agama dan Doa Salat Tarawih Ramadan 1441 H

Jika Moms konsisten menerapkan tips mengajak balita salat tarawih di rumah, Moms insya Allah bisa mendapatkan dua pahala sekaligus, yakni beribadah dan menjaga Si Kecil. Semangat, Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait