Bayi

BAYI
2 September 2020

Inilah 4 Tips yang Harus Dipersiapkan sebelum Mengajak Bayi Hiking

Beberapa tips mengajak bayi hiking akan memudahkan moms selama perjalanan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Baik untuk membentuk bonding yang kuat dengan Si Kecil atau ingin mengajarinya kebiasaan sehat, keluar dari rumah adalah cara yang sangat mudah untuk melakukan keduanya. Terutama, di era new normal ini, kita sudah mulai bertamasya lagi. Menjelajahi alam terbuka sangat bagus untuk perkembangannya.

Hal itu akan meningkatkan rentang perhatian, mengurangi stres, dan menciptakan ruang yang aman untuk berlatih pemecahan masalah dan pengambilan risiko.

Berjalan-jalan di alam bersama Si Kecil adalah cara yang menyenangkan untuk tetap aktif, tetapi juga merupakan latihan dalam membangun kepercayaan dan kemandirian. Merencanakan hiking dengan anak-anak apalagi bayi memang tidak mudah.

Shanti Hodges, pendiri Hike it Baby sebagai panduan dan komunitas pecinta hiking mengatakan, banyak hal positif yang didapatkan saat dirinya menjelajah bersama Si Kecil.

“Dampak positifnya bisa dirasakan jauh lebih awal. Semakin muda mereka mulai, semakin baik. Pikiran dan tubuh mereka akan benar-benar berkembang,” kata dia.

Tips Mengajak Bayi Hiking

Moms bisa memulainya dengan mencari lokasi hiking yang sesuai dengan usia Si Kecil. Hal ini untuk mengukur waktu yang ditempuh serta stamina Si Kecil agar waktu hiking tetap berjalan dengan menyenangkan.

Selain itu, Moms bisa melihat tips mengajak bayi hiking dari Harvard Health di bawah ini.

1. Pakai Pakaian yang Aman dan Nyaman

Inilah 4 Tips yang Harus Dipersiapkan sebelum Mengajak Bayi Hiking -1.jpg

Foto: Mysmarthands.com

Sesuaikan pakaian Si Kecil dengan cuaca. Nampaknya celana panjang dan baju lengan panjang yang berbahan nyaman akan menjadi pilihan.

Moms juga bisa membawa jaket sebagai pelapis untuk menghadapi perubahan cuaca yang tak terduga.

Gunakan juga sepatu yang tertutup untuk melindungi jari kaki Si Kecil dari cedera yang tidak terduga.

Jangan lupakan topi untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung ke kepala Si Kecil.

Baca Juga: Indra Bekti dan 5 Pasangan Artis Ini Menjalani Program Bayi Tabung

2. Bawa Perbekalan dan Peralatan dalam Ransel

Inilah 4 Tips yang Harus Dipersiapkan sebelum Mengajak Bayi Hiking -2.jpg

Foto: Photojeepers.com

Ransel merupakan bagian penting dari tips mengajak bayi hiking.

Moms pasti membutuhkan tempat untuk menyimpan segala perbekalan dan peralatan yang dibutuhkan sepanjang perjalanan.

Isi ransel dengan air agar selalu terhidrasi, makanan ringan seperti beberapa bar granola buatan sendiri, makanan ringan sehat yang disukai Si Kecil, buah, sayuran, atau keju adalah pilihan yang baik.

Jangan lupa untuk memasukkan popok ganti, plastik sampah, lap, tisu kering, selimut ponsel yang terisi penuh jika terjadi keadaan darurat, GPS, dan beberapa mainan Si Kecil seperti sekop, kaleng kopi kecil atau plastik mangkuk dengan tutupnya untuk mengumpulkan ‘harta karun’ di sepanjang perjalanan.

Jangan lupakan untung mengemas alat P3K yang berisi perban, tisu basah, obat merah, tablet kunyah antihistamin jika terjadi reaksi alergi, tabir surya mini, dan semprotan serangga.

Baca Juga: 5 Pilihan Sepatu Nyaman untuk Moms Jalan-Jalan dengan Anak

3. Perkenalkan Alam Sekitar

Inilah 4 Tips yang Harus Dipersiapkan sebelum Mengajak Bayi Hiking -3.jpg

Foto: Hikeitbaby.com

Selama perjalanan, Moms bisa mengenalkan hal-hal yang tidak sering ditemui di sekitar rumah dan memperkenalkannya kepada Si Kecil.

Ini akan membuatnya semakin senang berada di luar ruangan. Moms bisa menunjukkan semua kehidupan tanaman dan hewan seperti pohon besar, daun tumbang, tupai, bunga, burung, lumut, jamur, kupu-kupu dan sebagainya.

Jika menuju tempat yang memiliki sungai, tidak ada salahnya untuk mengajak Si Kecil bermain air yang jernih dan merasakan kesegarannya. Moms dapat melemparkan bebatuan ke sungai, bermain air, atau balapan menggunakan dedauan yang mati.

“Semua orang bertanya, 'Tidakkah anak-anak ingin melompat keluar?' Tetapi tidak. Mereka berdua bisa duduk di sampan untuk waktu yang lama. Itu mengejutkan orang tua. Kami membiarkan mereka membungkuk dan memercikkan air. Tentu saja kami benar-benar fokus pada keamanan,” jelasnya.

Tentunya, berjalan-jalan alam bersama anak membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan. Rencanakan banyak pemberhentian untuk minum, makan makanan ringan, dan petualangan mini di sepanjang jalan. Ini akan membuat Si Kecil terhubung dengan Moms atau dengan alam.

Baca Juga: 5 Alasan Orang Tua Harus Jalan-Jalan dengan Anak

4. Perhatikan Waktu Menyusui atau Pemberian ASI

Inilah 4 Tips yang Harus Dipersiapkan sebelum Mengajak Bayi Hiking -4.jpg

Foto: Breastfeeding.support

Jika Moms mengajak bayi yang masih menyusui atau belum mulai MPASI, salah satu hal yang harus mendapatkan perhatian adalah waktu menyusui atau pemberian dot.

Shanti menyebutnya sebagai ‘masalah yang sangat besar’. Oleh karena itu, Shanti menyempurnakan cara menyusui sambil bergerak dan telah mengajar banyak ibu untuk melakukan hal yang sama.

“Waktu ini akan berubah untuk begitu banyak perempuan dan memberi mereka kebebasan luar biasa. Orang tua juga dapat menemukan tempat untuk duduk seperti kayu untuk berhenti dan menyusui atau memberi susu botol. Bagi mereka yang mengemas ASI atau susu formula pada kenaikan musim panas, bawalah tas khusus dan mencairkannya di sepanjang jalan,” kata dia.

Apakah tips mengajak bayi hiking ini akan Moms gunakan? Share di kolom komentar ya.

Artikel Terkait