Fashion & Beauty

25 November 2020

8 Cara Mengembalikan Warna Jeans yang Pudar, Mudah!

Ikuti langkahnya dan dapatkan kembali jeans favorit Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setiap orang memiliki baju dan celana favoritnya masing-masing. Moms tahu salah satunya, adalah jeans yang memiliki beragam kenangan atau dikenakan pada saat kencan pertama kita dan masih dipakai hampir setiap akhir pekan.

Sayangnya selalu menggunakan jeans kesayangan berulang-ulang tentu pada akhirnya jeans akan menjadi usang. Pada akhirnya Moms akan menemukan bahwa jeans itu tidak dapat Moms pakai lagi. Entah itu karena terlalu banyak lubang, bagian bawah kaki semuanya robek, atau yang paling sering adalah warnanya menjadi mudah pudar karena sering dicuci berkali-kali.

Baca Juga: Cara Merawat Celana Jeans Yang Wajib Diketahui

Jadi, apa yang harus lakukan ketika mereka menjadi sangat usang dan pudar sehingga tidak bisa dikenali? Nah, Moms punya beberapa pilihan. Jika celana jeans Moms sobek dan tidak bisa diperbaiki, buang saja. Tetapi jika mereka terlalu pudar atau entah bagaimana sengaja diputihkan atau ternoda, Moms memiliki kesempatan untuk menyelamatkannya!

Mewarnai kembali pakaian dan celana jeans khususnya, ternyata merupakan hal yang mudah dan Moms akan terkejut jika melihat hasil pencelupan warna itu. Bagaimana caranya? Baca petunjuk di bawah ini untuk cara menghitamkan celana jeans dan mengembalikan warna jeans yang pudar yuk, Moms.

Bahan untuk Mengembalikan Warna Jeans yang Pudar

Cara Menghitamkan Celana Jeans

Foto: insider.com

Untuk menghidupkan kembali jeans, Moms sebenarnya hanya membutuhkan sedikit barang dan peralatan. Dan bagian terbaiknya? Moms tidak akan menghabiskan banyak biaya!

1. Pilih Pewarna Denim

Dari semua item yang diperlukan, ini adalah yang paling penting dalam cara menghitamkan celana jeans. Pewarna hitam bisa Moms pilih, namun kembali bergantung pada warna asli denim Moms. Carilah pewarna pakaian yang ideal untuk kain alami seperti katun, linen, dan denim. Jadi Moms bisa menggunakannya untuk celana dengan bahan lain nantinya.

Selain itu, jika Moms ingin sekali, Moms bisa mencoba mencampurkan warna yang diinginkan pada jeans baru nantinya. Tapi tetap pertimbangkan dengan matang dulu ya Moms. Jadi, jika percobaan pertama berjalan dengan baik, ada baiknya menyimpan beberapa warna dan botol lain untuk digunakan di masa mendatang.

2. Siapkan Ember Pencampur

Untuk sepenuhnya membenamkan jeans kita (yang akan segera menjadi baru), Moms membutuhkan ember besar. Sebaiknya hindari wastafel dan bak mandi karena pewarna ini tidak bisa disepelekan. Tidak hanya berpotensi menodai kamar mandi kita, tetapi ini juga merupakan proses yang bisa jadi berantakan. Pasti akan ada beberapa yang tumpah.

Jika Moms ingin mempelajari cara mengembalikan jeans pudar, Moms memerlukan jenis ember ini.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 4 Dampak Terlalu Sering Memakai Skinny Jeans Bagi Kesehatan Vagina

3. Gunakan Sarung Tangan Karet

Pewarna pakaian itu kuat dan bisa meninggalkan noda. Nah, untuk berjaga-jaga, ini yang harus Moms miliki, sarung tangan karet.

Jaga kebersihan kulit kita saat memulihkan warna jeans yang pudar dengan mengambil sepasang sarung tangan karet yang berguna ini saat Moms mewarnai. Sarung tangan dapur biasa cocok jika memiliki sarung tangan yang diletakkan di sekitar.

4. Penjepit

Cara menghitamkan celana jeans yang terakhir, akan lebih baik untuk memiliki beberapa penjepit di tangan. Ya, sarung tangan di atas memang penting, tetapi Moms pasti ingin jeans terlihat bagus dan warnanya masuk jauh ke dalam celana, dan penjepit ini akan memberikan jangkauan ekstra.

Juga, seperti halnya sarung tangan, penjepit ini akan membantu Moms menjaga tangan, lengan, dan pakaian tetap bersih dari pewarna demi pewarna. Pastikan Moms menyimpannya sebagai penjepit pewarna dan bukan penjepit masak setelah penggunaan pertama.

Cara Mengembalikan Warna Jeans yang Pudar

Cara Menghitamkan Celana Jeans

Foto: usatoday.com

Prosesnya tidak terlalu rumit, dan dengan alat yang tepat, Moms dapat mempelajari cara mengembalikan jeans pudar seperti seorang profesional. Ikuti langkah-langkah berikut ini ya, Moms!

5. Bersihkan Terlebih Dahulu

Jeans yang kotor tidak menyerap pewarna dengan baik. Minyak dari kulit, kotoran, dan debu akan menjadi penghalang antara serat jeans Moms dan pewarna. Jadi, pastikan untuk mencucinya dahulu sebelum memulai proses ini.

Baca Juga: Kulit Bayi Sensitif? Simak 3 Tips Mencuci Pakaian Ini

6. Memilih Pewarna dan Mulai

Pewarna jeans tersedia dalam semua warna dan dalam berbagai tingkat warna biru. Mulailah dengan memilih warna biru tua (nila) atau hitam yang sudah dipersiapkan. Warna-warna lain bisa sedikit aneh karena bercampur dengan warna jeans milik Moms.

Moms dapat dengan mudah membeli pewarna jeans yang dilengkapi dengan petunjuk dan tips praktis. Jika tidak, Moms dapat menemukan pewarna kain alami dan kimia di toko peralatan seni.

Pewarna yang klasik adalah merek Rit, memiliki dua pilihan, yakni dalam bentuk bubuk dan cairan. Untuk jeans lebih disarankan untuk menggunakan merek Rit berbentuk cairan ya Moms.

Caranya adalah dengan mengisi ember dengan air panas yang telah ditambahkan setengah botol pewarna ke dalamnya. Pastikan pewarna sudah tercampur sepenuhnya. Celupkan celana jeans milik Moms ke dalam ember, dan aduk perlahan-lahan sampai terlihat semua bagian jeans telah terendam secara menyeluruh.

7. Menunggu Hasilnya

Masing-masing merek pewarna memiliki hasil sedikit berbeda. Jadi, Moms harus mengikuti instruksinya. Beberapa membutuhkan air mendidih dan yang lainnya dapat Moms gunakan di mesin cuci.

Lakukan sedikit riset dan baca ulasan online sebelumnya. Namun, proses dasarnya adalah merendam pakaian Moms dalam campuran encer pewarna. Kemudian rendam jeans Moms selama satu jam sambil terus diamati kelekatan warnanya.

Moms bisa juga rutin memeriksa jeans pada tahap ini untuk mengetahui tentang warna yang kita inginkan ada pada jeans nantinya. Jika Moms ingin lebih gelap, bisa membiarkannya terendam lebih lama.

8. Melakukan Pembilasan

Setelah puas dengan warna yang dihasilkan, Moms perlu membilas celana jeans di bak mandi atau di bak cuci yang dalam dengan air dingin yang banyak sampai airnya jernih.

Membiarkan pewarna di jeans pada dasarnya akan memastikan Moms meninggalkan bekas pewarna di mana pun duduk saat digunakan nantinya. Aturan praktis untuk membilas pewarna adalah terus mencuci sampai airnya jernih (alias tidak ada pewarna yang luntur).

Baca Juga: Ini 5 Hal Yang Harus Moms Tahu Tentang Baju Bayi

Kemudian, cukup cuci seperti biasa di mesin cuci. Hal ini untuk memastikan bahwa pewarna jeans Moms tidak luntur. Karena jika tidak, Moms berisiko mewarnai kulit dan furnitur Moms saat memakainya.

Harap ingat untuk mencuci jeans yang diwarnai sendiri, tidak perlu mencampurnya dengan pakaian lain, karena bisa secara tidak sengaja menodai sisa pakaian yang ada .

Setelah itu, keringkan dengan menggantungnya di luar ruangan tanpa terkena sinar matahari langsung. Hindari menggunakan pengering mesin cuci ya Moms. Itu akan membuat hasil akhir tampilan jeans Moms tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Itu dia Moms cara mudah dan sederhana untuk mengembalikan warna jeans yang sudah pudar, menjadi baru kembali. Tertarik untuk mencobanya Moms? Jangan lupa untuk ikuti semua petunjuk di atas ya. Dan segera nikmati waktu bersama warna baru yang cantik dari jeans favorit Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait