Kesehatan

KESEHATAN
10 Desember 2020

19+ Tips Meninggikan Badan Dewasa Paling Efektif, Yuk Coba!

Asupan nutrisi dan olahraga jadi kuncinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Banyak orang dewasa yang tidak senang dengan tinggi badan mereka dan berharap bisa lebih tinggi dari rekan atau teman-teman seusianya. Padahal  ketika kita berbicara tentang tinggi badan, maka itu akan berhubungan dengan berbagai faktor.

Apa yang menentukan pertumbuhan tinggi badan seseorang sejak kecil bahkan hingga dewasa? Kondisi medis, nutrisi, olahraga, dan genetika yang sangat berperan besar akan menjadi jawabannya.

Tinggi badan bertambah hingga usia 18 tahun pada wanita dan hingga usia 24 tahun pada pria.  Agak sulit untuk menambah tinggi badan setelah mencapai usia dewasa karena produksi hormon ini perlahan berhenti.

Pertumbuhan dikendalikan oleh hormon seperti human growth hormone (HGH), hormon tiroid, dan hormon seks. Panjang tulang bertambah karena adanya lempeng pertumbuhan atau epifisis di ujung tulang panjang.

Dikutip dari Mayo Clinic, HGH diproduksi oleh kelenjar pituitari yang merangsang pertumbuhan tulang di pelat pertumbuhan. Seiring bertambahnya usia, pelat pertumbuhan menyatu dan tidak ada ruang bagi HGH untuk merangsang pertumbuhan tulang.

Inilah alasan kenapa bagi kebanyakan orang dewasa, tidak terlalu banyak hal yang bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan. Saat dewasa, pertumbuhan tulang akan berhenti dan proses pembedahan serta pemberian hormon pertumbuhan yang menjanjikan pertumbuhan tinggi pada orang dewasa berpotensi berbahaya dan merugikan tubuh.

Meskipun kebanyakan tips menambah tinggi badan tidak akan berhasil bagi orang dewasa yang usianya sudah di atas 18-25 tahun, itu bukan berarti membuat kita menyerah untuk mencobanya, bukan?

Beberapa tips meninggikan badan dewasa yang terdiri dari olahraga, yoga, menjaga asupan nutrisi, dan perbaikan pola hidup, rupanya  cukup menjanjikan dalam menambahkan beberapa inci atau setidaknya tampil lebih tinggi. Bahkan ini berlaku bagi seseorang dengan usia di atas 20-30 tahun?

Baca Juga: 6 Fashion Tricks agar Terlihat Tinggi

Berikut ini adalah beberapa tips meninggikan badan dewasa yang bisa Moms coba.

Tips Meninggikan Badan Dewasa: Olahraga

Manfaat Olahraga Malam Hari

Tips meninggikan badan dewasa yang pertama adalah dengan olahraga. Olahraga merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan tinggi badan yang baik karena pertumbuhan dirangsang saat tubuh sedang dilatih dan diregangkan.

Beberapa olahraga juga dapat memperbaiki postur tubuh seseorang dan membantu tumbuh setidaknya satu inci.

1. Berenang

arti-mimpi-berenang.jpg

Tips meninggikan badan dewasa yang pertama adalah berenang. Ingin merasakan sensasi “melayang” untuk relaksasi dan menghilangkan stres? Maka jawabannya adalah berenang dan ini juga memberikan bonus manfaat yaitu meningkatkan tinggi badan.

Gaya dada adalah bentuk renang terbaik yang dapat meningkatkan tinggi badan seseorang, selagi dilakukan secara konsisten.

2. Vertical Hanging

Tips meninggikan badan dewasa yang selanjutnya adalah vertical hanging. Olahraga atau latihan ini membantu memanjangkan tulang belakang, yang artinya membuat seseorang menjadi lebih tinggi. Untuk melakukan latihan ini di rumah, hanya dibutuhkan batang logam padat dengan kapasitas yang mampu menahan berat badan seseorang.

Pasang palang kira-kira 7 kaki di atas tanah sedemikian rupa sehingga ada celah 5-6 inci antara kaki dan tanah. Setelah parameter ini terpenuhi, mulailah latihan dengan kedua tangan berpegangan pada palang.

Tetap bertahan, semaksimal mungkin dan teruslah mengayun ke depan, ke belakang, dan ke bawah untuk menyentuh tanah dengan kaki. Latihan ini akan membantu memperpanjang sumsum tulang belakang dan lakukanlah 4-5 kali seminggu.

3. Cobra Stretch

Tips meninggikan badan dewasa yang selanjutnya adalah cobra stretch. Seseorang hanya perlu memposisikan tubuh dalam bentuk seperti ular kobra.

Pose ini tidak hanya membuat tulang belakang menjadi lebih fleksibel, tetapi juga membantu meningkatkan tinggi badan. Sebenarnya, tulang rawan tumbuh di antara tulang belakang.

Berbaringlah dengan posisi terbalik. Letakkan tangan di lantai lalu angkat tubuh dari lutut dalam bentuk "lengkung".  Lakukan 3-4 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

4. Ankle Weight

Tips meninggikan badan dewasa yang selanjutnya adalah ankle weight. Cara yang sangat menjanjikan untuk membantu bagian bawah tubuh tumbuh adalah melalui angkat beban di pergelangan kaki.  Seseorang perlu mengencangkan kaki bagian bawahnya sehingga dapat menimbulkan resistensi saat berolahraga.

Duduk tegak di kursi atau berbaring di lantai dan letakkan beban yang sesuai di kedua pergelangan kaki dengan kaki terentang. Terus tambah bobot tergantung pada kapasitas pertahanan masing-masing.

Jika tidak mampu menahan tekanan beban pergelangan kaki, lepaskan dan rileks untuk beberapa waktu. Istirahat ketika dibutuhkan dan kemudian mulai lagi. Berlatihlah 3-4 kali dalam seminggu.

5. Peregangan

Tips meninggikan badan dewasa yang selanjutnya adalah peregangan. Dalam latihan ini, seseorang hanya perlu meregangkan otot-otot seluruh tubuh. Waktu ideal untuk melakukan peregangan adalah segera setelah mandi, karena otot tubuh sedang hangat pada saat itu.

Jadi berjalanlah dengan kepala dan bahu lurus selama sekitar 5 menit. Kemudian goyangkan kedua lengan dan kaki untuk mengendurkannya.

Baca Juga: Selain Kurus, 3 Efek Baik Ini Kita Dapatkan Jika Rutin Olahraga

Tips Meninggikan Badan Dewasa: Yoga

yoga dan pilates bisa mengencangkan vagina secara alami.jpg

Tips meninggikan badan dewasa yang selanjutnya adalah dengan yoga. Sekarang mari kita belajar tentang yoga spiritual yang dapat membantu meningkatkan inci tubuh seseorang.

Ayurveda atau sistem pengobatan tradisional asal India tidak hanya memberkati kita dengan pengetahuan tentang herbal dan penyembuhan, tetapi juga berkontribusi dalam membuat seseorang tumbuh lebih tinggi.

6. Surya Namaskar (Sun Salutation)

Tips meninggikan badan dewasa yang selanjutnya adalah surya namaskar. Saat seseorang meregangkan tubuh di pagi hari melakukan "Surya Namaskar", maka itu dianggap sebagai proses memuja dan mengambil berkah dari Dewa Matahari untuk memperoleh badan yang lebih tinggi. Latihan pemanasan ini terdiri dari 12 set dan harus dilakukan dengan perut kosong.

Teknik yoga ini meningkatkan kelenturan tulang belakang, serta mengurangi stres dan kecemasan.  Tidak hanya itu, latihan yoga ini juga dikatakan mampu memperkuat persendian dan otot.

7. Paschimottanasana (Seated Forward Bend)

Tips meninggikan badan dewasa yang selanjutnya adalah paschimottanasana. Kedengarannya sulit untuk dieja bukan? Akan tetapi, berlatihlah beberapa kali dan tanpa disadari kita akan mengetahui teknik untuk menambah tinggi badan! Gerakan yoga ini memberikan peregangan yang baik pada tulang belakang dan paha belakang seseorang, serta dikatakan mampu mengurangi obesitas.

8. Tadasana (Pose Gunung)

Tips meninggikan badan dewasa yang selanjutnya adalah tadasana. Lakukan yoga 'peregangan pertumbuhan' ini dengan perut kosong, setelah sesi buang air di pagi hari selesai. Latihan ini memperbaiki postur tubuh dan sirkulasi darah, serta memperkuat tulang belakang dan lutut seseorang.

9. Vrikshasana ( Pose Pohon)

Tips meninggikan badan dewasa yang selanjutnya adalah vrikshasana. Adapun manfaatnya, pose yoga ini memperkuat tulang belakang, melakukan 'pengencangan' otot kaki dan meningkatkan kekuatan mental dan konsentrasi seseorang.

10. Trikonasana (Pose Segitiga)

Tips meninggikan badan dewasa yang selanjutnya adalah trikonasana. Mengapa dinamai demikian karena pose yoga ini sangat mirip dengan segitiga.  Tidak seperti asana lainnya, seseorang harus tetap membuka mata saat melakukannya.

Gerakan ini mampu meregangkan otot seseorang dan membuka tulang belakang, paha belakang, dan pinggul.

Baca Juga: Bikin Langsing dan Menenangkan Emosi, Inilah 4 Gerakan Yoga Bagi Pemula yang Patut Dicoba

Tips Meninggikan Badan Dewasa: Makanan

5 Manfaat Memasak untuk Kesehatan Mental, Bisa Turunkan Stres!

Tips meninggikan badan dewasa yang selanjutnya adalah dengan makanan. Untuk membantu tubuh tetap tumbuh, maka seseorang perlu mengonsumsi makanan sehat yang kaya zat besi, mangan, seng, fosfor, dan kalsium.

Ini membantu tubuh dan otot menyerap nutrisi yang diperlukan dari makanan yang dikonsumsi dan menjaga tubuh tetap fit.

11. Ashwagandha

Disebut "Ginseng India", Ashwagandha dapat membantu menambah tinggi seseorang. Tanaman ini memiliki berbagai mineral yang mampu memperlebar kerangka, kepadatan tulang dan ternyata juga mampu menambah ukuran inchi tubuh seseorang.

Campurkan 2 sdm bubuk ashwagandha dalam segelas susu panas sebelum tidur dan tambahkan gula atau sesuai selera.  Lakukan selama 45 hari tanpa istirahat dan lihatlah efeknya?

12. Susu dan Produk Olahannya

Bukan rahasia lagi ketika kita berbicara fakta bahwa susu kaya akan kalsium yang memicu pertumbuhan tulang. Kalsium adalah pendorong tinggi badan yang bagus bagi setiap orang.

Selain itu susu juga mengandung vitamin A dan protein yang mampu membantu penambahan tinggi badan. Jadi, jika seseorang tetap ingin menambah tinggi badannya, minumlah 3 gelas susu setiap hari.

Secara berdampingan, makanlah makanan olahan susu seperti keju, keju cottage, yogurt, dan lainnya, yang akan membantu menambah tinggi badan.

13. Telur

Telur adalah produk dengan harga rendah yang memiliki protein berkualitas tinggi yang dibutuhkan untuk mendapatkan tinggi badan. Telur memiliki kalsium, vitamin D, vitamin B2 atau Riboflavin, dimana semuanya berperan dalam membantu membuat tulang yang kuat dan tubuh yang sehat.

14. Ayam

Baiklah, ini memang makanan non-vegetarian, tetapi ayam mengandung protein yang membantu membangun otot dan jaringan. Jika seseorang sedang dalam upaya 'menambah tinggi badan', maka pastikan untuk mengonsumsi 50 gram ayam setiap hari, karena ini akan membantu mencapai misi  penambahan tinggi badan yang dilakukan.

15. Kedelai

Bicara nutrisi yang merupakan suatu keharusan dalam urusan 'tinggi' badan, maka kedelai mampu mengisi kesenjangan kebutuhan ini. Tanaman polong-polongan ini memiliki cukup protein, vitamin, serat, folat, dan karbohidrat yang semuanya membentuk makanan lengkap untuk meningkatkan kesehatan.

Protein yang ditemukan dalam kedelai memelihara massa tulang dan jaringan dimana ini menjadi suatu 'keharusan' ketika berupaya menambah tinggi badan. Jadi, minumlah 50-55 gram produk olahan kedelai misalnya susu kedelai, setiap hari. Selain itu, kedelai juga bisa dimasukan ke dalam salad, nasi, dan hidangan lainnya misalnya ketika dinikmati dalam bentuk tahu atau tempe.

Baca Juga: Sering Dianggap Sehat, 5 Makanan yang Bikin Gemuk Ini Bisa Mengecoh

Tips Meninggikan Badan Dewasa: Gaya Hidup

obat-alami-untuk-susah-tidur.jpg

Tips meninggikan badan dewasa yang selanjutnya adalah dengan gaya hidup. Perubahan gaya hidup juga akan sangat berpengaruh dalam upaya meninggikan badan bagi orang dewasa. Beberapa sikap dan kegiatan keseharian tersebut antara lain:

16. Menjaga Pola Tidur

Kurang tidur adalah hal yang buruk, terutama bagi seseorang yang sedang berusaha meninggikan badan. Tubuh manusia tumbuh saat sedang tidur, karena HGH yang meningkat terjadi saat seseorang tidur nyenyak.

Saat seseorang memiliki otak yang lelah, maka pelepasan hormon pertumbuhan melambat. Jadi, usahakan untuk tidur 8-11 jam atau tidur cukup setiap malam.

17. Nikmati Sinar Matahari

Pernah bertanya-tanya apa yang bisa dilakukan sinar matahari?  Ini lebih dari sekadar mengeringkan pakaian dan memberi makanan pada tanaman hijau. Sinar matahari membuat seseorang tumbuh lebih tinggi, karena membantu penyerapan vitamin D lebih cepat yang selanjutnya membantu penyerapan kalsium ke tulang. Jadi, semakin banyak sinar matahari yang didapatkan seseorang, maka  akan semakin sehat tulangnya.

18. Nutrisi Tepat

Makanan adalah hal yang berbeda dengan kebiasaan makan. Jika seseorang memiliki bakat untuk makan makanan cepat saji, maka itu artinya dia sedang merampas nutrisi penting dari tubuhnya sendiri.

Jadi, yang seseorang butuhkan adalah pola makan sehat yang penuh dengan protein, karbohidrat, lemak esensial.  Berfokuslah pada mengonsumsi susu, sayuran berdaun hijau, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan karena akan membantu meningkatkan tinggi badan meskipun sudah dewasa.

Nutrisi yang tepat dan memadai akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, membuat tulang lebih kuat dan lebih panjang. Tidak hanya itu, nutrisi juga akan menyuplai vitamin D yang membantu tulang dalam menyerap kalsium.

19. Menjaga Postur Tubuh

Mempertahankan postur yang baik akan memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan tinggi badan. Hal ini juga meningkatkan tingkat kepercayaan diri dan suasana hati seseorang.

Duduk dan berdirilah dengan posisi tegak. Postur tubuh yang membungkuk adalah hal yang tidak boleh dilakukan! Jaga bahu dan punggung tetap ke belakang dengan sedikit lekukan alami.

20. Hindari Penghambat Pertumbuhan

Ya, dorongan untuk tumbuh tinggi ada pada setiap orang. Akan tetapi, konsumsi alkohol dan tembakau membawa banyak langkah mundur untuk mencapai tujuan tersebut.

Alkohol dan tembakau tidak hanya menghambat pertumbuhan, tetapi juga dapat mempengaruhi fungsi hati, sehingga menghambat pertumbuhan. Kedua hal ini juga meningkatkan tingkat karbon monoksida dalam aliran darah, yang dapat sangat mempengaruhi pertumbuhan dalam hal tinggi badan.

Baca Juga: Sedentary Lifestyle, Gaya Hidup Malas yang Berbahaya untuk Kesehatan

Itulah beberapa tips menaninggikan badan dewasa yang bisa Moms coba. Selamat mencoba!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait