Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
10 Januari 2018

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Jangan sampai Moms dan keluarga sakit yaa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Musim hujan merupakan saat yang paling dinanti oleh masyarakat daerah tropis karena udara akan menjadi lebih dingin dan segar. Moms bisa membayangkan hujan turun, udara dingin dan ada secangkir susu hangat menemani.

Terlepas dari kebahagiaan saat hujan, musim basah ini nyatanya juga bisa membahayakan kesehatan tubuh kita terutama anak-anak.

Si Kecil yang doyan sekali bermain di luar rumah ataupun saat di sekolah mungkin bisa jatuh sakit karena sering kehujanan. Belum lagi genangan air hujan yang bisa menjadi sarang nyamuk atau berbagai penyakit yang siap menyerang anak-anak dengan sistem imun lemah. Kalau sudah begini, Moms perlu melakukan tips sehat agar anak tetap bugar.

Melihat kemungkinan datangnya penyakit di kala hujan, Ibu dan buah hati perlu menjaga kondisi tubuh dengan mempraktikkan tips sehat berikut supaya bisa tetap bisa beraktivitas dengan baik walau cuaca basah :

  1. Karena guyuran air hujan bisa menyebabkan masuk angin serta flu, membawa payung setiap hari merupakantips sehat pertama yang perlu dilakukan. Air hujan bisa membuat tubuh kita basah dan membuat suhu tubuh turun drastis.
  2. Tips sehatselanjutnya adalah dengan selalu mencuci tangan setelah melakukan aktivitas di luar rumah. Bakteri dan virus yang terbawa air hujan banyak ditemukan di tempat umum. Kursi, balkon dan meja di luar ruangan yang sering disentuh orang bisa menjadi sumber kuman.
  3. Tangan yang belum dicuci sebaiknya juga tidak sembarang menyentuh wajah atau bagian tubuh yang lain untuk mengurangi risiko masuknya bakteri ke organ penting seperti mata, telinga dan mulut menggunakan sapu tangan atau tisu.
  4. Tips keempat adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Tips sehat ini bisa dilakukan dengan menggabungkan banyak sayur dan buah dalam 1 porsi makanan. Sayur dan buah merupakan sumber vitamin terbaik sehingga dapat meningkatkan sistem imun Moms dan buah hati. Sebelum memasaknya perhatikan juga kebersihan bahan makanan karena di kala hujan makanan mungkin membawa kuman yang terbawa air.
  5. Melindungi diri dari air yang kotor bisa dijadikan sebagai tips sehat terakhir. Air hujan yang menggenang menjadi sarang penyakit seperti diare, flu, kolera dan jamur kulit serta mengundang nyamuk untuk bersarang disana. Jadi, jangan biarkan genangan air hujan ada di sekitar lingkungan Moms.

Semua tips sehat di atas sebenarnya mengharuskan kita untuk hidup bersih mengingat kuman bisa jadi lebih banyak di musim hujan. Jadi, mudah bukan tetap sehat di hari-hari yang basah ini? Dengan selalu mengutamakan kebersihan lingkungan, kuman, virus dan bakteri tidak akan betah tinggal berlama-lama!

Artikel Terkait