Bayi

BAYI
2 Juni 2020

6 Tips Menyusui di Pesawat, Mudah!

Tips menyusui di pesawat yang utama adalah tetap terhidrasi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Banyak Moms yang berpikiran bahwa pergi berlibur akan menaikkan hormon oksitosin karena identik dengan relaksasi dan istirahat. Namun sebenarnya, bagi Moms yang sedang menyusui hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Salah satunya adalah perasaan khawatir saat harus menyusui di pesawat.

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum naik pesawat adalah memahami bahwa tidak ada batasan menyusui. Bahkan, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), beberapa maskapai penerbangan memberikan informasi dan bantuan untuk membuat pengalaman lebih nyaman bagi ibu dan bayi.

“Tujuannya adalah untuk mempersenjatai diri dengan informasi sebelum keberangkatan, sehingga Anda akan merasa santai dan siap untuk menikmati liburan,” kata Rachael Sablotsky Kish Rachael Sablotsky Kish, seorang Penasihat Laktasi Bersertifikat (CLC).

Baca Juga: Jangan Panik, Moms. Ini Cara Mengatasi Bayi Rewel Di Pesawat

Tips Menyusui di Pesawat

Kondisi pesawat yang berbeda dari rumah tentu akan membuat Moms sedikit kewalahan saat menyusui Si Kecil. Apalagi jika penerbangan Moms cukup panjang. Tapi, jangan khawatir dulu. Ada tips mudah menyusui di peawat yang bisa Moms coba. Berikut ulasannya.

1. Prioritaskan Istirahat dan Terhidrasi

Menyusui di Pesawat Akan Lebih Mudah dengan 6 Tips Ini -1.jpg

Foto: Pinterest.com

Udara pesawat yang kering dan bersirkulasi ulang akan membuat tenggorokan kering, jadi tips menyusui di pesawat yang pertama adalah pastikan Moms minum banyak cairan. Bukan hanya saat masuk pesawat, tetapi hari-hari menjelang penerbangan.

Jika ini adalah penerbangan yang panjang, ingatlah bahwa persediaan ASI juga mungkin perlu waktu untuk menyesuaikan kembali ke zona waktu yang baru. Jadi, pertimbangkan untuk tidur siang ketika bayi melakukannya untuk membantu tubuh Moms menyesuaikan diri.

2. Bawa Selimut atau Cover Menyusui

Menyusui di Pesawat Akan Lebih Mudah dengan 6 Tips Ini -2.png

Foto: Hellobaby.ca

Menyusui adalah hal yang alami, sehingga sebenarnya Moms sama sekali tidak wajib untuk menutup-nutupi. Tetapi jika Moms akan merasa lebih nyaman saat menutuipnya, persiapkan terlebih dahulu. Moms bisa membawa selimut bayi atau cover khusus untuk menyusui.

Scarf juga bisa jadi alternatif penutup tubuh saat sedang menusui. Selain menjadi cover, scarf juga bisa membuat Moms tetap hangat di pesawat yang dingin.

3. Beri Tahu Sesama Penumpang Tentang Pilihan untuk Menyusui

Menyusui di Pesawat Akan Lebih Mudah dengan 6 Tips Ini -3.jpg

Foto: Parentmap.com

Tips lainnya adalah memberitahu penumpang di samping bahwa Moms akan menyusui selama perjalanan di pesawat. Penumpang di samping Moms akan menghargai hal tersebut dan memungkinkannya untuk sama-sama menghindari gangguan.

Jika penumpang tersebut tidak menyukainya, segera beri tahu pramugari yang dapat membantu memberi tahu tentang hak ibu menyusui di dalam pesawat. Pramugari akan memberikan pilihan memindahkan penumpang jika masih merasa terganggu.

Debbie Dubrow, ibu dari dua anak dan pendiri blog Delicious Baby menyarankan para ibu menyusui untuk mencegah masalah sebelum terjadi.

"Begitu orang yang duduk di sebelah saya muncul, saya memberi tahu mereka bahwa saya akan menyusui. Jika mereka tidak nyaman dengan itu, kita bisa berbicara dengan pramugari dan mengatur perpindahan," kata Debbie.

Baca Juga: Tommy Kurniawan Ajak Bayi Liburan, Ini 3 Cara Mudah Agar Bayi Tertidur Saat Naik Pesawat

4. Pilih Tempat Duduk di Lorong

Menyusui di Pesawat Akan Lebih Mudah dengan 6 Tips Ini -4.jpg

Foto: Babystock.com/Istockphoto

Memilih tempat duduk di dekat lorong adalah tips mudah menyusui saat di pesawat selanjutnya. Di sana, Moms akan lebih mudah untuk bangun dan berjalan jika bayi mulai rewel. Moms tidak akan terjebak di antara dua orang asing atau menghadap jendela saat mencoba untuk menyusui.

Kursi dekat lorong juga memberi akses mudah ke kamar kecil jika Moms perlu mengganti popok bayi atau membersihkannya jika popok bayi bocor atau bajunya terkena muntahan.

5. Gunakan Bantal Leher sebagai Bantal Menyusui

Menyusui di Pesawat Akan Lebih Mudah dengan 6 Tips Ini -5.jpg

Foto: Ebay.com

Bantal menyusui yang umum terlalu besar untuk kursi pesawat yang kecil. Moms bisa menggantinya dengan menggunakan bantal leher di antara lengan dan sandaran tangan, ini mungkin akan membuat Moms lebih nyaman.

Bantal leher juga bisa berfungsi sebagai tempat istirahat untuk Si Kecil saat tidak disusui.

6. Perhatikan Waktu Menyusui

Menyusui di Pesawat Akan Lebih Mudah dengan 6 Tips Ini -6.jpg

Foto: Yahoo.com

Jika Moms berencana untuk memompa atau menyusui di dalam pesawat, ingatlah waktu terbaik untuk melakukannya. Dikutip dari US Food & Drug Administration (FDA), jika Moms akan memompa, mungkin harus menunggu setelah kapten mengizinkan penggunaan perangkat elektronik setelah lepas landas .

“Jika Anda menyusui dan bepergian dengan bayi di pangkuan Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyusuinya saat lepas landas atau mendarat untuk membantu meringankan tekanan di telinga bayi Anda,” jelas Shelly Rivoli, ibu tiga anak, pakar perjalanan, dan penulis buku Travels with Baby.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Sakit Telinga pada Bayi di Pesawat, Sudah Coba?

Semoga beberapa tips menyusui di pesawat tersebut akan membuat Moms merasa lebih tenang selama liburan ya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait