Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
30 Desember 2020

3+ Tips Merawat Keharmonisan Rumah Tangga dalam Islam, Yuk Amalkan!

Dalam islam, keharmonisan rumah tangga menjadi kunci tercapainya keturunan yang shalih dan didambakan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Semua pasangan pasti ingin memiliki keharmonisan dalam rumah tangganya. Bahkan, Alquran juga menyebutkan bahwa rumah tangga merupakan sebuah nikmat yang sangat agung.

Keharmonisan dalam rumah tangga dalam Islam adalah kunci sukses mencetak generasi muda umat Islam.

Ada beberapa hal penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga dalam Islam. Berikut ulasannya.

Baca Juga: Rahasia Agar Rumah Tangga Selalu Bahagia

1. Selalu Melihat Pasangan Setara

4 Tips Merawat Keharmonisan Rumah Tangga Menurut Alquran -1.jpg

Foto: Pinterest.com

Tips merawat keharmonisan rumah tangga dalam Islam yang pertama adalah selalu melihat pasangan setara. Karena akan menjalani perjalanan seumur hidup, Moms dan Dads akan merasakan segala manis pahit kehidupan bersama-sama.

Setara di sini bukan berarti menafikan posisi Dads sebagai kepala keluarga dan pemimpin, akan tetapi mampu menjalankan hak dan kewajiban masing-masing dengan baik.

Tidak ada yang boleh merasa derajatnya lebih tinggi dari yang lain dalam hal menjalankan keduanya. Justru kelebihan yang Allah berikan di antara keduanya adalah bekal untuk mengemban tanggung jawab dalam keluarga.

Sebab, meski suami dan istri diciptakan dengan kepribadian dan bentuk yang berbeda secara fisik, akan tetapi Alquran tidak pernah menyebut seorang istri dengan lafal zaujah. Justru, Alquran menyebut istri dengan lafal zauj dalam banyak ayat.

Contohnya saat Allah SWT berfirman: "Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)-nya...," (QS An-Nisa: 1).

Dalam bahasa Arab, lafal zauj dipakai untuk makna suami sedangkan lafal zaujah dipakai untuk makna istri. Akan tetapi Al-Qur'an menyebut istri dengan lafal zauj, selayaknya menyebut seorang suami.

Seperti dilansir dari NU Online, Ibnu Asyur dalam tafsir Tahrir wa Tanwir menyatakan, penyebutan tersebut sebagai pertanda bahwa ketika seorang laki-laki dan perempuan menikah, maka keduanya memiliki kesetaraan sebagai dua insan yang bersatu dalam biduk rumah tangga.

Sebagaimana Alquran menyebut laki-laki dan perempuan adalah setara di hadapan Allah dalam firman: "...Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka…" (QS Al-Baqarah: 187).

Menurut Dr Muhammad Sayyid Thanthawi dalam tafsir al-Wasith, ini adalah gambaran paling sempurna dalam menjelaskan hubungan suami-istri yang tak dapat dipisahkan dalam Islam, seolah-olah masing-masing adalah pakaian bagi pasangannya.

Bahkan, ketika suami-istri tidak mencapai keharmonisan dalam rumah tangga baik dalam perilaku maupun aqidahnya, Alquran menyebut istri bukan dengan lafal zauj melainkan memakai lafal imraah. Sebagaimana Alquran menyebut istri nabi Nuh dan nabi Luth yang enggan untuk beriman kepada suami mereka. "Allah membuat perumpamaan bagi orang-orang kafir, istri Nuh dan istri Luth..." (QS At-Tahrim: 10).

2. Selalu Menambah Semangat Beribadah kepada Allah

4 Tips Merawat Keharmonisan Rumah Tangga Menurut Alquran -2.jpg

Foto: Halal-love-stories.tumblr.com

Tips merawat keharmonisan rumah tangga dalam Islam yang selanjutnya adalah selalu menambah semangat beribadah kepada Allah. Hal ini sangat penting dalam merawat keharmonisan rumah tangga yang berdasarkan pada Alquran. Karena, kasih sayang antara suami dan istri termasuk nikmat yang Allah berikan.

Karena, Allah lah yang memiliki sifat Muqallibal Qulub (Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati). Padahal, sebelum adanya ikatan pernikahan, calon suami-istri belum menikmati cinta yang begitu dalam di antara keduanya.

Namun, ketika Allah murka kepada suami-istri akibat dosa-dosa mereka bisa jadi Allah akan memutuskan ikatan cinta di antara keduanya. Rasa cinta itu hendaknya selalu berada dalam koridor keimanan yang menyebabkan nikmatnya beribadah dalam rumah tangga.

Alla SWT berfirman: "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir" (QS Ar-Rum: 21).

Baca Juga: Benarkah Pisah Ranjang Solusi Terbaik Masalah Rumah Tangga?

3. Berdoa Agar Pasangan Selalu Menjadi Penyejuk Hati

4 Tips Merawat Keharmonisan Rumah Tangga Menurut Alquran -3.jpg

Foto: Islamicblog.in

Tips merawat keharmonisan rumah tangga dalam Islam yang selanjutnya adalah berdoa agar pasangan selalu menjadi penyejuk hati. “Dan orang-orang yang berkata, ‘Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa’,” (QS al-Furqan: 74).

Dalam ayat ini, Alquran menggenapi sifat orang-orang shalih yang Allah juluki mereka dengan ibad ar-rahman (hamba milik Dzat Yang Maha Pengasih) dengan sifat selalu berdoa bagi pasangan hidupnya dan keturunannya agar senantiasa menjadi penyejuk hati mereka.

Dr Muhammad Sayyid Thanthawi dalam tafsir Al-Wasith juga menyebutkan tafsir dari kalimat ‘jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa’ adalah harapan agar menjadi panutan bagi orang-orang bertakwa, baik dalam lembutnya perbuatan maupun halusnya perkataan.

Oleh karena itu, orang-orang bertakwa menurut Alquran adalah orang-orang yang paling berbuat baik kepada pasangannya, baik dalam perbuatan maupun perkataan.

Sebagaimana dalam Hadits saat Rasulullah SAW bersabda: "Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik kepada istri. Janganlah kalian pukul istri kalian seperti halnya kalian memukul budak-budak kalian,” (HR Al-Baihaqi).

4. Berdoa Agar Mendapat Kebahagian di Dunia dan Akhirat

4 Tips Merawat Keharmonisan Rumah Tangga Menurut Alquran -4.jpg

Foto: Pinterest.com

Tips merawat keharmonisan rumah tangga dalam Islam yang selanjutnya adalah berdoa agar mendapat kebahagiaan dunia akhirat. Setiap pasangan tentu ingin rumah tangganya dapat bahagia di dunia maupun di akhirat. Karena seyogianya, kebahagiaan hakiki adalah dapat bersama hingga akhir hayat, bahkan ke syurga bersama-sama.

Untuk mendapatkan tujuan tersebut dan terciptanya keharmonisan rumah tangga dalam koridor dan aturan islam, hendaknya suami senantiasa mengajak istri berdoa bersama, seperti tercantum dalam Alquran: "Wahai Tuhan kami, karuniakan lah kami rahmat dari sisi-Mu, dan beri lah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami," (QS Al-Kahfii: 10)

Baca Juga: 6 Tips Mencegah Masalah Keuangan Rumah Tangga

Keharmonisan Rumah Tangga dalam Islam dan Dampaknya pada Anak

Rumah tangga yang harmonis tidak hanya akan dirasakan ole Moms dan Dads, tetapi juga akan membuat kenyamanan untuk anak-anak. Memiliki rumah tangga yang armonis akan membuat tumbuh kembang anak lebih optimal.

Dilansir dari Daily Mail, anak-anak yang memiliki hubungan yang harmonis dengan orang tuanya lebih baik dalam matematika daripada yang tidak.

Studi di Universitas Sussex yang diterbitkan dalam Jurnal Royal Society Open Science menemukan kualifikasi pendidikan orang tua, hubungan orang tua-anak yang harmonis, dan keterlibatan orang tua dengan sekolah ketika anak berusia 11 tahun adalah prediktor yang baik untuk mencapai keterampilan matematika.

“Jelas bahwa dengan menunjukkan dorongan, mendengarkan ide satu sama lain dan berbagi ide Anda sendiri, bersikap konstruktif dan tidak negatif atau argumentatif, dan terlibat dengan tugas dikaitkan dengan hasil yang positif,'' kata Dr. Danielle Evans, salah satu penulis penelitian tersebut.

Terwujudnya keharmonisan rumah tangga dalam Islam akan memberi keberkahan. Yuk, jangan tunggu lagi untuk mengamalkan tips menjaga keharmonisan rumah tangga dalam Islam di atas.

Artikel Terkait