Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Childcare | Mar 23, 2018

Tips Merawat Rambut Bayi Baru Lahir Agar Sehat dan Lebat

Bagikan


Tips Merawat Rambut Bayi Baru Lahir Agar Sehat dan Lebat

Saat baru lahir, rambut bayi tentu menjadi salah satu bagian tubuh yang sering diamati. Setiap bayi terlahir dengan kondisi rambut yang berbeda-beda. Ada yang helai rambutnya tebal, tipis bahkan nyaris botak.

Beberapa hal bisa mempengaruhi ketebalan rambut bayi baru lahir. Antara lain faktor genetik, hormon yang dimiliki ibu terutama androgen, dan juga seberapa cepat rambut tersebut tumbuh.

Seringkali orang tua memilih mencukur rambut bayinya karena meyakini agar rambut bisa tumbuh lebih lebat. Namun, apakah cara itu efektif?

Faktanya, rambut Si Kecil saat baru lahir tidak selamanya akan terlihat demikian. Di usia 6 bulan pertama kehidupannya, rambut bayi akan rontok bertahap dan digantikan dengan helai rambut baru yang tumbuh hingga usianya genap setahun.

Nah, rambut baru yang tumbuh tersebut cenderung beda dengan rambut sebelumnya. Termasuk jika ia memiliki rambut yang tipis, tentu Moms perlu merawatnya dengan baik agar rambutnya tumbuh sehat dan lebat.

Untuk itu, tak ada salahnya jika Moms menerapkan 3 langkah berkut:

1. Penuhi Gizi Si Kecil

Mau tahu kandungan apa dalam makanan yang bisa membuat rambut bayi tumbuh sehat? Moms harus memastikan Si Kecil mendapatkan protein, vitamin, asam lemak omega-3 dan zat besi yang cukup.

Jika Si Kecil sudah mulai MPASI, coba berikan makanan kaya protein dari telur, daging, dan salmon. Untuk sayuran berikan bayam, kembang kol, tomat, kentang, dan sayuran lainnya. Juga berikan kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang kenari, kedelai. Dan lengkapi juga dengan buah-buahan yang ia sukai.

Bagaimana jika Si Kecil masih dibawah usia 6 bulan? Artinya, Moms lah yang harus mengonsumsi rutin berbagai makanan tadi dengan rutin agar bayi baru lahir mendapat nutrisi dari ASI yang ia minum.

2. Perawatan Harian

Saat memandikan bayi, Moms bisa membuat kegiatan ini jadi lebih menyenangkan dengan berbagai cara. Selain membawa mainan kesukaannya, Moms juga harus pandai bercerita atau bernyanyi agar ia tetap tenang, terutama saat sesi keramas.

Untuk itu, Moms bisa menggunakan MY BABY Shampo yang memiliki wangi menenangkan dan tentu saja aman digunakan. Kriteria aman shampo bayi baru lahir tersebut antara lain bebas bahan kimia seperti paraben, memiliki formula hypoallergenic, aman digunakan sehari-hari, dan tidak pedih di mata.

Jika Moms ingin rambut Si Kecil tak hanya bersih, tapi juga lebih hitam, lembut, dan sehat pastikan juga terdapat kandungan candle nut & avocado didalamnya. 

3. Rutin Oleskan Bahan Alami

Tradisi ini sebenarnya diwariskan turun-temurun. Moms tentu pernah mendengar, kan, nasihat orang tua yang menyarankan agar rutin mengoleskan bahan alami supaya rambut Si Kecil tumbuh sehat dan lebat.

Caranya bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti daun seledri, minyak kemiri atau lidah buaya. Bahan tersebut berkhasiat bisa menyuburkan pertumbuhan rambut bayi.

Untuk kemiri, cukup oleskan minyak kemiri di kulit kepala Si Kecil sebelum tidur. Sedangkan untuk lidah buaya, oleskan daging dan ledirnya ke kulit kepala bayi sebelum ia dimandikan. Dan untuk daun seledri, haluskan lebih dulu baru ditempelkan ke kulit kepalanya sebelum mandi. Lakukan cara alami ini 2 kali sehari, ya.

Itulah tadi tips untuk merawat rambut bayi baru lahir agar tumbuh sehat dan lebat. Yuk, dicoba!

(ARH)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.