Pernikahan & Seks

7 Tips Move On Ampuh, Nomor 4 Sering Dilupakan

Sembuhkanlah hati Moms tanpa harus terburu-buru
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Intan Aprilia

Tips move on adalah salah satu hal yang perlu untuk diketahui ketika seseorang memutuskan untuk bercerai. Tak bisa dipungkiri bahwa perceraian adalah sebuah kejadian yang sungguh menyakitkan dan menguras energi.

Bukan hanya kehilangan keutuhan keluarga yang susah payah dibangun, namun juga masalah-masalah lainya seperti sengketa harta dan hak asuh, dan komentar miring masyarakat. Jadi, tentu saja tips move on akan sangat dibutuhkan pada masa ini.

Meskipun sering menjadi solusi, cerai tentunya bukanlah hal yang simpel. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan, terlebih ketika kita sudah memiliki anak.

Perasaan bersalah jika anak tak mendapatkan figur seorang ayah mungkin bisa menjadi salah satu hal yang membuat kita urung untuk bercerai meski itu adalah solusi terbaik.

Baca Juga: Rincian Biaya Mengurus Surat Cerai dan Dokumen yang Dibutuhkan

Kadang sudah berniat untuk move on, tapi malah datang tekanan-tekanan baru dari dalam diri sendiri maupun dari orang lain.

Karena itulah, move on dari perceraian sama sekali bukan hal yang mudah. Meski mudah untuk disebutkan, tips move on pun terkadang menjadi hal yang sulit dilakukan. Meski demikian, jangan menyerah ya!

Moms yang sedang berada dalam ketidakstabilan emosi sehingga akan sangat sulit menyelesaikan masalah dan tekanan yang ada dengan akal sehat.

Tips Move On Setelah Bercerai

Dilansir dari Help Guide, meski hubungan pernikahan yang Moms jalani sudah tak lagi membahagiakan, namun perceraian bisa sangat-sangat menyakitkan karena hal tersebut merepresentasikan kehilangan.

Bukan hanya kehilangan pasangan, namun juga mimpi dan komitmen yang selama ini sudah dijalani.

Hubungan yang romantis dimulai dari kebahagian dan harapan di masa depan. Jika hubungan gagal, seseorang akan merasakan kekecewaan, stres, bahkan kehilangan yang mendalam.

Tips move on mungkin akan terdengar lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan. Namun, sulit bukan berarti tidak mungkin untuk dijalani, ya Moms! Yuk sembuhkan luka dengan tips move on setelah bercerai berikut ini!

Baca Juga: Susah Move On, 5 Zodiak Ini Sering Baper ke Mantan

1. Penyembuhan Pasca Cerai Butuh Waktu dan Kesabaran

tips move on

Foto: Orami Photo Stock

Tidak perlu mematok waktu yang spesifik untuk sembuh. Nyatanya, penyembuhan patah hati akibat perceraian butuh waktu, bisa beberapa pekan, beberapa bulan, bahkan bisa tahunan untuk benar-benar move on.

Berapapun waktu yang dibutuhkan, hal tersebut sangat normal. Tidak ada istilah terlalu cepat atau terlalu lambat karena penyembuhan seseorang pasca perceraian pun bisa berbeda-beda.

2. Menganalisa Terus Menerus Tak Akan Mengubah Apa Pun

shutterstock_141473581.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tips move on yang kedua adalah hindari overthinking. Beberapa orang bakal memikirkan dan menganalisa terhadap apa yang terjadi di masa lalu hingga akhirnya bisa bercerai.

Sayangnya, itu hanya akan menambah luka karena Moms terus memikirkan masa lalu.

Moms jadi memikirkan segala hal yang Moms suka dari mantan suami dan mulai merindukan hal-hal itu.

Lalu Moms mulai menyesali tindakan di masa lalu dan berpikir apa yang harusnya Moms lakukan saat dulu.

Hal itu tentu tidak sehat bagi Moms yang tengah berusaha move on karena prinsip utama move on adalah pikirkan hari ini dan masa depan.

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Korban KDRT Sulit Meninggalkan Rumah

3. Memaafkan Berarti Sangat Luas

tips move on

Foto: Orami Photo Stock

Mencoba untuk memaafkan dapat menjadi tips move on yang ampuh. Mungkin Moms sering mendengar tentang pentingnya memafkan.

Memaafkan dalam hal ini tidak hanya tentang memafkan mantan, tapi juga memaafkan diri Moms sendiri.

Moms harus konsisten mendoktrin diri sendiri bahwa Mims sudah memaafkan semua kesalahannya.

Kalau perlu, teriakkan kata-kata bahwa Moms memaafkan mantan suami dan diri sendiri

4. Tidak Ada Hubungan yang Benar-benar Berakhir

shutterstock_373550518.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Saat hubungan Moms dan suami berakhir, bukan berarti Moms tidak punya hubungan lagi dengannya.

Perceraian hanya berarti Moms sudah tidak terikat pernikahan dengan mantan suami.

Jika Moms tidak berkomunikasi lagi dengan mantan pasangan, bukan berarti tak ada hubungan lagi.

Hubungan tetap ada namun akan berubah menjadi sebuah hubungan spiritual yang berarti, hal-hal tentang pasangan akan terus memengaruhi kehidupan Moms ke depan.

Moms harus sadari hal ini dan menerima keadaan tersebut. Dengan penerimaan tersebut, Moms bisa lebih damai dan lebih mudah sembuh.

Baca Juga: Sering Tidak Disadari, Inilah 4 Dampak Perceraian Pada Pendidikan Anak

5. Tidak Apa Punya Perasaan yang Berbeda

tips move on

Photo: Orami Photo Stock

Tips move on selanjutnya adalah Moms perlu mewajarkan emosi yang dirasakan saat ini.

Dilansir dari Mental Health America, adalah hal yang sangat normal untuk merasakan kesedihan, marah, lelah, frustasi, dan bingung.

Perasaan yang disebutkan di atas pun bisa menjadi berkali-kali lipat dalam satu waktu. Bahkan Moms mungkin merasa sangat khawatir dan cemas menghadapi masa depan.

Moms harus menerima bahwa reaksi seperti ini adalah hal yang normal dan akan berkurang seiring berjalannya waktu.

Meski pernikahan yang sempat Moms jalanin tidak sehat, namun menjalani hal baru yang belum diketahui pun bisa sama menakutkannya.

6. Ingat Bahwa Masih Ada Masa Depan

tips move on

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu tips move on yang sering dilupakan adalah menyadari bahwa dunia masih berputar dan waktu masih berjalan.

Meski Moms tengah bersedih dan memiliki banyak perasaan yang negatif, tapi Moms perlu ingat bahwa masih ada masa depan yang menanti.

Terlebih jika Moms masih memiliki anak. Moms masih perlu menjalankan peran sebagai ibu atau mungkin juga menjadi ayah sekaligus.

Meski sulit untuk dijalankan, tapi Moms perlu mengingat kebahagiaan diri dan juga masa depan Si Kecil, ya!

Baca Juga: 7 Tips Mendukung Sahabat yang Mengalami Perceraian

7. Ingat Bahwa Move On adalah Tujuan Akhir

tips move on

Foto: Orami Photo Stock

Tips move on yang terakhir adalah tetap mengingat tujuan. Meski sulit, Moms harus ingat bahwa move on adalah tujuan akhir.

Mengekspresikan perasaan Moms akan membebaskan Moms dari tekanan. Namun, sangat penting untuk tidak tenggelam dalam perasaan negatif secara terus menerus ya.

Meski sulit untuk membicarakan perasaan kepada orang lain, namun hal ini sangatlah penting kita merasakan duka yang sangat mendalam.

Mengetahui bahwa ada orang lain yang peduli dengan kita akan memberikan rasa bahagia dan kita pun takkan merasa sendirian menghadapi kesedihan ini. Kita akan tahu bahwa ada orang lain yang bisa membantu dalam menjalani kesulitan.

Jika tidak bisa bercerita, menulis jurnal juga bisa membantu untuk melegakan perasaan, Moms. Di akhir nanti, sempatkanlah untuk membaca jurnal tersebut agar Moms bisa memahami sejauh mana diri ini sudah berproses.

Ingat, Moms harus bahagia jika ingin bisa membahagiakan anak-anak. Nah, izinkah diri Moms untuk berbahagia! Itu dia Moms berbagai tips move on yang bisa Moms lakukan.

Ya, Moms perlu mengizinkan diri untuk berbahagia dan Si Kecil pun berhak untuk merasakan hal yang sama. Semoga tips move on ini membantu ya!

  • https://www.mhanational.org/separation-and-divorce
  • https://www.helpguide.org/articles/grief/dealing-with-a-breakup-or-divorce.htm
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait