Trimester 2

TRIMESTER 2
18 Maret 2020

Agar Perjalanan Nyaman, Ini Tips Mudik Aman Saat Hamil dari Dokter Kandungan

Agar perjalanan mudik makin nyaman
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Sebentar lagi libur Lebaran akan tiba, Moms mungkin sudah menyusun rencana mudik bersama keluarga untuk mengunjungi kampung halaman.

Baik itu pergi mudik menggunakan mobil, pesawat, kereta api, atau kapal, pastikan sudah memiliki persiapan yang matang ya, Moms. Terutama jika ada Si Kecil, atau kondisi Moms sedang hamil.

Mudik memakan waktu dan merupakan perjalanan yang panjang, karenanya penting untuk memastikan kebutuhan Si Kecil dan Moms saat hamil terpenuhi. Moms juga perlu menyiapkan diri jika terjadi hal yang tak terduga.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan bila Moms ingin mudik saat hamil. Simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Nyaman Mudik ke Kampung Halaman bersama Si Kecil

Tips Aman Mudik Saat Hamil

mudik saat hamil-1.jpg

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah-Puri Indah, dr. Thomas Chayadi, Sp. OG, memberikan beberapa tips aman mudik saat hamil.

Dokter Thomas mengatakan, "Hal yang perlu diperhatikan untuk mudik saat hamil adalah cek kondisi atau usia dari kehamilan Anda. Trimester dua kehamilan biasanya merupakan periode kehamilan yang baik untuk melakukan perjalanan."

Ia juga menekankan pentingnya memilih moda trasportasi yang sesuai dengan kenyamanan saat bepergian. Jangan sampai Moms menaiki kendaraan yang justru membuat mual atau mabuk.

"Lakukan peregangan saat di perjalanan untuk menghindari terjadi pembengkakan pada kaki atau kram karena duduk terlalu lama. Jika merasa sakit atau pegal di punggung, coba ganjal punggung Anda dengan bantal kecil, atau sweater yang digulung," jelas dokter Thomas.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Rumah Agar Aman Selama Mudik

Persiapan Sebelum Mudik Saat Hamil

mudik saat hamil-2.jpg

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan bila mudik saat hamil, menurut dr. Thomas adalah:

  • Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi dan camilan favorit.
  • Cek juga apakah Moms pernah mengalami perdarahan/kontraksi dini. Perjalanan jauh dapat menyebabkan ibu hamil mudah merasa kelelahan dan menimbulkan kontraksi dan bahkan perdarahan.
  • Sebaiknya konsultasikan dulu kondisi kehamilan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan sebelum mudik, untuk memastikan bahwa kondisi kandungan kuat dan aman.
  • Jika diperlukan, dokter dapat memberikan penguat kandungan.
  • Pastikan asupan air putih minimal 2 liter per hari, sehingga Moms tak perlu memaksakan diri untuk berpuasa sepanjang perjalanan.

Moms juga dapat melengkapi kebutuhan mudik dengan berbelanja di promo mudik Orami, lho. Moms jadi tidak perlu repot mempersiapkan barang-barang keperluan mudik!

Itu dia Moms, beberapa tips mudik saat hamil dari dokter kandungan, semoga perjalanan mudik berjalan lancar dan menyenangkan, ya!

Artikel Terkait