Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Pasca Melahirkan | Aug 24, 2018

Tips Sehat untuk Ibu Menyusui yang Sering Begadang Saat Bayi Baru Lahir

Bagikan


Tips Sehat untuk Ibu Menyusui yang Sering Begadang Saat Bayi Baru Lahir

Tentu Moms tahu kalau tiga bulan pertama adalah masa-masa paling berat untuk ibu baru.

Setelah kelahiran Si Kecil, rutinitas tidur pun berubah. Begadang sudah menjadi aktivitas rutin bagi para ibu menyusui (busui) yang memiliki bayi baru lahir. Betul tidak Moms?

Menyusui di malam hari memang terasa sangat melelahkan. Moms yang sudah terjaga seharian masih harus terjaga juga di malam hari demi memberikan nutrisi terbaik untuk buah hati.

Tidak jarang juga busui yang akhirnya jatuh sakit karena kelelahan begadang.

Baca Juga : 4 Fakta Penting Ibu Menyusui

Dikutip dari Noguiltmom.com, sebenarnya ada, kok, cara yang bisa Moms lakukan agar tetap sehat selama begadang menyusui Si Kecil.

Nah, apa saja hal yang perlu Moms lakukan agar tetap sehat selama begadang untuk menyusui? Berikut daftarnya.

1. Punya Rutinitas sebelum Tidur

Cobalah manjakan diri Moms. Buat rutinitas yang bisa membuat tubuh Moms rileks sebelum tidur. Itu akan menjadi amunisi untuk begadang sambil menyusui Si Kecil di malam atau dini hari.

Pertama, Moms bisa meminum teh hangat sambil duduk di sofa empuk dan menonton TV sebelum tidur.

Jika memang hal itu bisa membuat Moms rileks, lakukan secara rutin. Buat diri Moms berharga. Jika bukan Moms, siapa lagi yang akan memanjakan diri Moms?

Dan jika Moms sakit, tentu Si Kecil tak dapat dirawat dengan maksimal, bukan?

Baca Juga : 6 Alasan Bayi Menolak Menyusu

2. Isi Bahan Bakar

Menyusui akan membuat Moms merasa haus dan lapar. Lupakan mengembalikan bentuk tubuh secepatnya setelah melahirkan.

Setelah menyusui, pukul berapapun, jika lapar, Moms harus langsung makan.

Makan bukan hanya akan membuat Moms kenyang, tapi juga membantu produksi ASI untuk sesi menyusui berikutnya.

Jika sudah terlalu malam dan terlalu malas untuk menyiapkan makanan, Moms bisa mengambil roti atau snack. Saat menyusui, siapkan juga air putih untuk Moms minum.

Karena ASI diproduksi dari asupan cairan yang Moms minum, maka jangan sampai kekurangan air putih, ya.

Baca Juga : Selain Ayah, Dukungan untuk Ibu Menyusui Juga Diperlukan dari Orang-orang Ini

3. Menikmati Waktu Begadang

Menyusui tengah malam akan sangat melelahkan jika Moms sendirian. Agar tidak kesepian, Moms bisa melakukan kegiatan lain sambil menyusui.

Menonton TV, membaca buku atau hal lain yang Moms sukai.

Moms yang suka belanja online bisa sambil melihat barang-barang yang Moms sukai di website. Dengan begitu begadang tidak lagi membosankan.

4. Utamakan Kenyamanan

Saat menyusui, posisi Moms jadi sangat penting. Menyusuilah dengan nyaman.

Baik itu dalam posisi duduk atau berbaring, Moms harus tetap merasa nyaman. Jika tidak, tubuh Moms akan terasa pegal dan sakit. Moms juga jadi lebih mudah lelah.

Baca Juga : 5 Momen Lucu yang Dilakukan Bayi Saat Menyusui

5. Manjakan Diri di Siang Hari

Di siang hari, Moms mungkin lebih bisa mengatur waktu. Moms sudah mulai tahu kapan Si Kecil tidur dan kapan dia terbangun. Manfaatkan waktu tidurnya untuk melakukan hal-hal yang Moms sukai.

Luluran lalu mandi air hangat, makan, membaca buku, menonton TV, atau tidur siang bersama Si Kecil bisa jadi kegiatan untuk Moms lakukan saat bayi terlelap.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Moms lakukan agar tetap sehat selama begadang untuk menyusui. Selamat mencoba!

(AND) 

Sumber: noguiltmom.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.