Fashion & Beauty

9 Juni 2021

4 Tips Skincare untuk Pemula Agar Kulit Wajah Glowing

Moms, lakukan beberapa trik ini agar skincare meresap maksimal dan kulit wajah glowing.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Orami

Saat ini, banyak sekali produk skincare atau perawatan kulit yang ditawarkan di pasaran. Kali ini, ada beberapa tips skincare yang bisa Moms ikuti.

Dalam memilih skincare, tentunya Moms mempunyai banyak pilihan yang sesuai kebutuhan masing-masing kulit.

Tapi, pernahkah Moms merasa sudah mencoba berbagai jenis skincare dan tidak memberikan hasil yang signifikan?

Hati-hati, jangan sampai Moms hanya termakan iklan atau review saja saat membelinya.

“Banyak sekali orang yang membuang uang berlebihan dalam berbagai produk yang tidak selalu efektif. Mencoba berbagai jenis skincare dalam satu waktu juga tidak akan membantu mengatasi permasalahan kulit,” ungkap Dr. Tara Rao, ahli kulit di Schweiger Dermatology Group, New York.

Baca Juga: 4 Bahan Skincare yang Dapat Memicu Alergi pada Bayi

Atau bisa juga, Moms mengaplikasikan skincare dengan langkah yang salah sehingga hasilnya tidak maksimal.

Sebaiknya, simak tips skincare berikut ini agar kandungan skincare dapat menyerap dengan baik dan kulit wajah Moms menjadi glowing.

Tips Skincare yang Tepat Agar Hasil Maksimal

“Cara kerja skincare tentunya harus memikirkan tentang siklus kulit juga. Dimulai dari lapisan kulit bagian bawah hingga bekerja ke lapisan paling atas. Jadi, produk skincare yang baik tidak bekerja secara instan. Dibutuhkan waktu 4-6 minggu untuk melihat hasilnya,” ungkap Dr. Julia Carroll, direktur di Compass Dermatology.

Artinya, Moms, hindari sering menggonta-ganti produk skincare karena hasilnya tidak akan maksimal.

Tidak hanya itu, urutan atau step menggunakan skincare juga harus benar, Moms. Kadang Moms merasa tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, sehingga mencoba berbagai rangkaian dan produk baru. Padahal, belum tentu salah dari skincare-nya, lho.

Nah Moms, yuk perhatikan tips skincare yang tepat agar produknya meresap dengan baik, yaitu dengan cara berikut ini:

1. Gerakan Tangan saat Mencuci Wajah

cara memakai skincare agar meresap dengan baik

Foto: freepik.com

Tips skincare yang pertama adalah, perhatikan cara mencuci wajah yang benar.

Seringnya, kita terburu-buru saat mencuci wajah. Padahal, menurut American Academy of Dermatology, teknik ini harus dilakukan dengan lembut.

Melansir Healthline, menggosok wajah dengan kasar dapat menghilangkan pelindung alami kulit. Cara terbaik untuk membersihkan kulit adalah menggunakan ujung jari, setidaknya satu atau dua menit.

Oleskan sabun pembersih wajah, lalu lakukan gerakan memutar dengan ujung jari. Lalu, bilas sampai bersih dan tepuk-tepuk wajah menggunakan handuk.

Ketika Moms seharian baru saja menggunakan makeup, maka jangan lupa gunakan micellar water sebelum mencuci muka. Produk ini adalah air yang mengandung molekul misel yang menempel pada riasan dan kotoran, lalu memecahnya sehingga mudah dibersihkan.

Jadi, jangan mengelapnya dengan kasar, ya, Moms. Selalu ingat mencuci wajah sebanyak dua kali sehari.

Baca Juga: 6 Bahan Skincare yang Ampuh Hilangkan Jerawat

2. Aplikasikan Skincare Semenit Setelah Mencuci Wajah

cara memakai skincare dengan tepat

Foto: freepik.com

Tips skincare selanjutnya, adalah memerhatikan waktu untuk lanjut ke step skincare berikutnya.

Setelah wajah benar-benar bersih, langsung gunakan rangkaian skincare selanjutnya. Tapi, jangan juga sampai menunggu wajah menjadi kering, karena nantinya hasilnya kurang maksimal dan tidak terserap dengan sempurna.

“Kulit lembap akan jauh lebih baik daripada kulit yang kering. Selain itu, penyerapan produk secara teknis akan 10 kali lebih baik jika langsung diaplikasikan setelah mencuci wajah. Lakukan setidaknya satu menit setelah membersihkan atau mencuci wajah,” ungkap Debbie Thomas, ahli perawatan kulit dan pendiri klinik D. Thomas.

Melansir Dermstore, setelah membersihkan wajah, Moms bisa menggunakan toner. Kebanyakan orang memilih untuk tidak menggunakan toner, sebagian karena masih ada anggapan bahwa sebagian besar toner bersifat keras dan mengiritasi kulit.

Padahal, toner dapat menyeimbangkan pH kulit, sehingga produk skincare lainnya dapat terserap secara optimal.

Jangan lupa menggunakan pelembap, agar kulit tidak kering. Kulit yang kering beresiko mengalami kerutan dan dehidrasi. Moms bisa memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit.

Sebagian besar ahli merekomendasikan bahwa waktu terbaik untuk mengoleskan pelembap adalah saat kulit masih lembap, jadi semakin cepat Moms menerapkan serum dan perawatan, semakin cepat juga dapat mengunci hidrasi yang sangat dibutuhkan dengan pelembap.

Baca Juga: Mineral Oil pada Skincare, Apakah Aman Digunakan?

3. Lakukan Eksfoliasi Kulit sebelum Memakai Serum dan Pelembap

ketahui cara memakai skincare eksfoliasi yang benar

Foto: freepik.com

Ada kalanya serum atau pelembap yang Moms pakai tidak bekerja secara maksimal.

Nah, hal ini bisa terjadi karena masih banyak sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah sehingga menjadi penghalang skincare yang dipakai.

Maka tips skincare selanjutnya adalah, Moms sebaiknya lakukan eksfoliasi paling tidak dua kali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di wajah.

Beberapa manfaat eksfoliasi yang dilansir melalui Clinique adalah:

  • Meningkatkan kecerahan kulit: Kulit secara alami memperbarui dirinya sendiri setiap 28 hari, kemudian membawa sel-sel kulit baru yang sehat bersinar ke permukaan. Seiring bertambahnya usia, proses ini melambat, dan ketika sel-sel kulit mati mulai menumpuk, kulit akan mulai terlihat kusam, kasar, dan kering. Nah, disinilah gunanya eksfoliasi.
  • Membuka pori-pori yang tersumbat: Eksfoliasi juga mengangkat kotoran, bahkan kotoran yang jauh di dalam pori-pori yang mungkin terlewatkan oleh pembersih. Pori-pori yang bersih akan membuat kulit tidak terlalu rentan berjerawat.
  • Mempersiapkan kulit untuk menerima skincare lain: Kulit kusam dan kering bisa menjadi penghalang yang tidak bisa ditembus antara perawatan kulit dan kulit, sehingga mencegah semua kandungan skincare terserap sepenuhnya. Eksfoliasi dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menjadi penyebab utamanya.
  • Menghaluskan kulit: Eksfoliasi dapat menghaluskan permukaan kulit dengan mengelupas sel-sel yang kering dan bersisik, yang membantu meratakan tekstur kulit dan meminimalkan munculnya perubahan warna.

Produk eksfoliasi yang mengandung asam laktat juga bisa digunakan tidak hanya untuk mengeksfoliasi kulit, namun menjaga agar kulit terhidrasi dengan baik.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Merk Skincare dan Makeup Halal

4. Perhatikan Waktu Memakai Skincare

cara memakai skincare supaya kulit tetap glowing

Foto: forbes.com

Ada baiknya Moms memerhatikan waktu yang tepat untuk menggunakan skincare karena nyatanya tubuh beregenerasi pada waktu yang berbeda sepanjang hari.

Misalnya, sekitar jam 4 sore, kulit akan terasa sedikit lebih kencang dan mengalami dehidrasi, untuk itu Moms membutuhkan hidrasi yang tepat.

“Itu adalah waktu yang tepat untuk menggunakan face mist untuk mengembalikan hidrasi kulit. Tapi, hindari memakai face mist apabila wajah masih menggunakan makeup,” ungkap Thomas.

Menurut Rabbia Aslam, direktur klinis di HC MedSpa, pergantian sel tertinggi di malam hari. Sehingga, ada baiknya melakukan proses eksfoliasi kulit di malam hari agar hasilnya lebih maksimal.

Sementara itu, pada pagi hari, kebutuhan kulit akan kadar air meningkat, sehingga pastikan produk skincare yang Moms pakai mengandung antioksidan dan antiinflamasi.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Niacinamide, Bahan Skincare untuk Atasi Eksim dan Jerawat

Itu dia Moms empat tips skincare yang tepat agar produknya meresap dengan sempurna. Ingat, semua butuh waktu tapi apabila kulit Moms mengalami iritasi setelah memakai produk tertentu, sebaiknya segera hentikan, ya. Selamat mencoba!

  • https://www.clinique.com/thewink/game-changer/5-reasons-exfoliate-daily
  • https://www.dermstore.com/blog/in-what-order-do-i-apply-my-skin-care-products-infographic
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/healthier-looking-skin
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait