Kesehatan

15 April 2021

Inilah 9 Titik Refleksi Tangan, Bisa Mengatasi Sakit Kepala!

Bisa mencegah sakit kepala, mual, dan insomnia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Untuk meredakan pegal dan membangkitkan rasa nyaman, banyak orang yang mengandalkan sesi pemijatan tubuh.

Apalagi jika pijat tubuh tersebut disertai dengan pijat titik refleksi tangan. Wah, bisa-bisa sangking nyamannya, kita bisa jatuh tertidur!

Sama seperti pijat titik refleksi kaki, pijat titik refleksi tangan dipercaya banyak orang tidak hanya dapat membuat seseorang menjadi lebih relaks. Pijat titik refleksi tangan juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Dilansir dari healtista.com, titik tekanan pada beberapa area telapak tangan, punggung tangan, hingga pergelangan tangan merupakan terapi yang sudah lama diterapkan pada Kerajaan Tiongkok.

Banyak ahli kesehatan tradisional bahkan percaya bahwa penekanan pada area tertentu tubuh, terutama pada titik refleksi kaki dan titik refleksi tangan, dapat membantu melancarkan energi sekaligus aliran darah dalam tubuh.

Lebih lanjut, pijatan yang melakukan penekanan pada titik-titik tubuh tertentu ini dinamakan dengan refleksiologi.

Baca juga: 7 Makanan yang Bisa Mengatasi Insomnia

Apakah yang Dimaksud dengan Refleksiologi?

menggunakan alat pijat listrik saat hamil 2.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Dilansir dari webmd.com, refleksiologi merupakan teknik pijat atau akupresur yang memberi tekanan tertentu pada telapak kaki, tangan, bahkan telinga seseorang.

Penekanan pada beberapa titik refleksi kaki, titik refleksi tangan, dan telinga tersebut diyakini dapat membantu memberi rasa relaksasi dan menjaga sistem kerja tubuh menjadi lebih baik.

Meski demikian, pijat refleksi ini sebenarnya bukanlah metode medis. Belum banyak penelitian mendalam yang mengonfirmasikan cara kerja dari metode ini.

Namun, tetap saja banyak orang yang menyukai teknik pijatan ini karena hasil akhir yang biasanya langsung terasa setelah pijat titik refleksi kaki dan pijat titik refleksi tangan: tidur lebih pulas.

Baca juga: Berbahaya, Ini 4 Dampak Negatif Anak Kurang Tidur

Michael Stevens, selaku Terapis Reflexology sekaligus anggota The Association of Reflexologists and Registered with Complimentary & Natural HealthCare Council (CNHC) for Reflexology, bahkan menyatakan bahwa penekanan tertentu pada titik refleksi tangan bahkan dapat membantu seseorang mudah istirahat tidur.

Hal ini tentu membantu seseorang agar terhindar dari masalah insomnia.

Meski demikian, penekanan pada titik refleksi tersebut di atas perlu dilakukan oleh tenaga ahli di bidangnya. Jangan dilakukan sembarangan.

Jika dilakukan sendiri, pastikan Moms dan Dads sudah benar-benar yakin menekan area titik refleksi tangan dan titik refleksi kaki yang benar.

Manfaat Pijat Titik Refleksi Tangan

pijat tangan.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Banyak ahli refleksi memercayai pijat titik refleksi tangan di area telapak, punggung tangan, hingga pergelangan tangan.

Apabila ditekan pada titik refleksi tangan yang benar, berbagai titik tersebut akan menstimulasi organ tubuh yang lain sehingga memengaruhi kesehatan tubuh.

Ada berbagai manfaat pijat titik refleksi tangan yang bisa diperoleh seperti mengatasi migrain, mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, mengatasi sirkulasi darah tidak lancar, mengatasi gangguan kecemasan dan stres, meminimalkan rasa lelah, nyeri otot, hingga membantu istirahat tidur lebih pulas.

Baca juga: Tangan Sering Berkeringat? Ini Penjelasannya!

Bagaimana Cara Kerja Refleksiologi pada Titik Refleksi Tangan?

Banyak orang merasa enggan untuk melakukan pijat titik refleksi kaki atau pijat titik refleksi tangan karena dinggap tidak nyaman dan nyeri.

Namun, terapis pijat refleksiologi seringkali menyatakan bahwa jika titik area kaki atau titik refleksi tangan terasa sakit saat dipijat, hal ini menandakan aliran darah orang yang dipijat tidak lancar atau ada masalah kesehatan di area tersebut.

Apakah Moms dan Dads sudah pernah melakukan pijat refleksiologi? Lalu, apa yang akan dialami oleh Moms dan Dads saat melakukna pijat refleksiologi?

Pada saat Moms dan Dads melakukan pijat refleksi kaki atau pijat titik refleksi tangan, terapis akan memulai pijat “pemanasan” dengan menghangatkan area kaki (atau area tangan) menggunakan handuk hangat. Kemudian, tangan akan dipijat perlahan untuk melenturkan semua otot di area tangan tersebut.

Setelah otot tangan terasa lebih relaks, terapis akan mulai memberi tekanan pada titik refleksi tangan pada telapak tangan, punggung tangan, hingga pergelangan tangan seseorang.

Terkadang ada beberapa area di titik refleksi tangan yang terasa seperti “deposit kristal”. Jika dipijat, rasanya seperti permukaan pasir di dalam kulit. Inilah yang menyebabkan rasa tidak nyaman atau nyeri saat dipijat.

Diyakini, “deposit kristal” tersebut menyebabkan saraf terblokir dan perlu “dipecah” melalui pijat refleksi. Rasa sakit akan menghilang setelah “deposit kristal” tersebut sudah “dipecahkan” karena dinilai aliran darah sudah kembali lancar.

Baca juga: Payudara Sakit Saat Hamil Berapa Minggu? Simak Jawabannya Berikut Ini!

Untuk Siapa Saja Pijat Titik Refleksi Tangan?

Cara Mengobati Jari Tangan yang Bengkak

Photo: Orami Photo Stock

Pijat refleksi titik tangan memiliki beragam manfaat. Meski demikian, sama seperti pijat titik refleksi kaki, pijat titik refleksi tangan tidak bisa dilakukan oleh semua orang.

Dilansir dari jurnal Are There Times When I Shouldn’t Have Reflexology? Pijat titik refleksi tangan dan pijat refleksi kaki tidak disarankan bagi Moms dan Dads yang memiliki masalah peredaran darah pada kaki, cedera tangan dan kaki, mengalami cantengan, kaki kapalan, diare, memiliki luka terbuka, demam, memiliki jumlah trombosit yang rendah, atau bahkan sedang mengalami gangguan tiroid.

Berkenalan dengan Titik Refleksi Tangan

Pijat refleksiologi paling nyaman dilakukan di pusat pijat, salon, atau klinik pijat. Di salon, biasanya pijat titik refleksi tangan merupakan compliment saat Moms sedang melakukan terapi creambath.

Tapi, ada kalanya Moms dan Dads enggan untuk pergi ke tempat tersebut. Apalagi dengan keadaan pandemi yang sedang berlangsung beberapa waktu belakangan ini.

Untuk itulah tidak ada salahnya Moms dan Dads mengetahui dan mempelajari beberapa titik penting yang mendominasi titik refleksi tangan. Dengan demikian, Moms dan Dads bisa memahami berbagai area stimulasi yang meningkatkan kesehatan seseorang.

Menurut medicalnewstoday.com, setidaknya ada sembilan titik refleksi tangan yang dapat membantu meminimalkan masalah kesehatan. Wah, banyak juga, ya!

Mari kita simak bersama-sama beberapa area titik refleksi tangan berikut ini:

Baca juga: Bagaimana Cara Agar Bayi Tidak Bau Tangan?

1. Lung Meridian – Segaris Ibu Jari

Titik refleksi tangan yang pertama terletak di tepi telapak tangan, segaris dengan ibu jari. Titik ini disebut titik lung meridian:mengalir dari ujung ibu jari ke bawah dan melewati lipatan di pergelangan tangan.

Jika Moms dan Dads igin meringankan gejala pilek, termasuk bersin, kedinginan, dan sakit tenggorokan, gosok bagian di sepanjang garis ini.

Moms dan Dads mungkin akan menemukan rasa nyeri karena masalah kesehatan yang mengganggu. Lanjutkan hingga rasa sakit di area ini perlahan berkurang.

2. Heart 7 – Pergelangan Tangan

Temukan titik heart 7 di pergelangan tangan, tepatnya di luar tulang kecil yang sejajar dengan jari kelingking ‘Spirit Gate’.

Penekanan pada titik refleksi tangan di area ini membantu mencegah insomnia, kegelisahan, depresi, dan menghindari penyakit jantung.

3. Inner Gate Point – Bagian Dalam

Titik refleksi tangan selanjutnya adalah Inner Gate point. Area ini terletak pada bagian pergelangan tangan. Agar mudah, coba gunakan tiga jari dari bagian bawah telapak tangan.

Pijatlah dengan bantuan ujung ibu jari tangan untuk memijat titik ini. Pemijatan pada titik refleksi tangan ini dapat membantu menangani masalah pencernaan seperti mual dan sembelit.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi

4. Hand Valley Point – Lembah Tangan

Apakah Moms dan Dads mengalami sakit kepala sebelah, stress, sakit di bahu, sakit leher belakang, hingga sakit gigi?

Cobalah untuk melakukan pijat titik refleksi tangan Hand Valley Point yang terletak di antara jari telunjuk dan ibu jari.

Moms dan Dads dapat menggunakan ibu jari dan telunjuk secara bersamaan.

5. Outer Gate Point – Sisi Atas Tangan

Tingkatkan energi dan sistem imunitas tubuh dengan penekanan pada Outer Gate Point. Titik refleksi tangan ini hampir sejajar dengan Inner Gate Point di sisi atas tangan, di antara dua tendon.

6. Base of Thumb Point – Pangkal Ibu Jari

Moms dan Dads dapat menemukan pangkal titik ibu jari dengan menelusuri jari ke sisi telapak ibu jari hingga mencapai lipatan pergelangan tangan.

Penekanan pada area ini dapat membantu meringankan masalah di area dada, terutama pernapasan.

7. Small Intestine 3 – Bawah Jari Kelingking

Ringankan sakit kepala, sakit kepala bagian belakang, dna sakit leher dengan penekanan pada Small Intestine 3.

Area titik refleksi tangan ini berada di sisi tangan tepat di bawah jari kelingking.

Baca juga: Jari Tangan Bengkak Tiba-Tiba? Ketahui Kemungkinan Penyebabnya Berikut Ini!

8. Ten Dispersions – Ujung Jari

Si Kecil atau pasangan sedang mengalami demam atau sakit tenggorokan? Beri tekanan pada titik ten dispersions yang berada di ujung-ujung jemari tangan.

9. Four Seams – Dalam Sendi Jari

Apakah Si Kecil sedang mengalami masalah pencernaan seperti perut kembung, sulit buang air besar, atau sembelit? Lakukan pemijatan di titik refleksi tangan four dreams atau area pada dalam sendi jari.

Titik refleksi tangan ini terletak di empat titik pada bagian tengah jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan jari kelingking.

Apakah Pijat Titik Refleksi Tangan Aman?

Bukan Karena Akan Dapat Uang Ini Penyebab Telapak Tangan Gatal

Photo: Orami Photo Stock

Meski sebenarnya pijat titik refleksi tangan dan pijat titik refleksi kaki secara umum dibilang aman, namun Moms dan Dads tetap perlu waspada jika memiliki kondisi radang, terdapat gumpalan darah di area kaki atau tangan, masalah tiroid, epilepsi, jumlah trombosit yang rendah.

Tak hanya itu saja, Moms dan Dads juga sebaiknya tidak melakukan pijat refleksi kaki dan pijat refleksi tangan jika sedang mengalami infeksi kulit bakteri atau jamur, luka terbuka, radang tangan, atau penyakit menular apa pun.

Bagaimana dengan pijat titik refleksi tangan pada wanita yang tengah hamil? Praktisi refleksiologi percaya bahwa ada sejumlah titik yang tidak boleh dipijat pada wanita hamil.

Titik refleksi tangan yang tidak boleh dipijat adalah telapak tangan dalam dan punggung tangan yang ada di antara ibu jari dan telunjuk tangan. Apalagi jika Moms sedang dalam kondisi hamil muda.

Titik refleksi tangan yang dimaksud adalah Hand Valley Point atau lembah tangan yang pada orang tidak hamil dapat membantu mengatasi sakit kepala sebelah, sakit kepala belakangan, sakit kepala di pelipis, sakit area bahu, dan sakit di area leher.

Baca juga: Ketahui Penyebab Kaki Sering Sakit dan Pegal, dan Cara Mengobatinya

Sebaliknya, jika Moms ingin segera melahirkan pada saat hamil tua, banyak praktisi refleksiologi menyarankan untuk melakukan pemijatan di area ini untuk mempercepat prosesi melahirkan. Wah, menarik ya, Moms!

Berbagai titik refleksi kaki dan titik refleksi tangan di atas memang cenderung rumit.

Namun, jika Moms sudah mengetahui beberapa titik yang tepat, maka Moms tentu bisa membantu menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan kualitas tidur keluarga. Selamat mencoba!

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/324699
  • https://www.takingcharge.csh.umn.edu/explore-healing-practices/reflexology/are-there-times-when-i-shouldn-t-have-reflexology
  • https://www.webmd.com/balance/what-is-reflexology#1
  • https://www.healthista.com/got-insomnia-this-hand-reflexology-massage-could-help/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/324699#what-are-pressure-points
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait