Fashion & Beauty

6 Agustus 2021

Mengenal Toner Kombucha yang Bisa Mencegah Jerawat dan Mencegah Penuaan Dini

Intip juga rekomendasi toner kombucha yang dijual di pasaran
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Memiliki kulit wajah sehat dan cerah dambaan semua orang ya, Moms. Tidak heran banyak orang yang menghabiskan banyak uang untuk melakukan perawatan wajah demi mendapatkan kulit yang sehat. Salah satunya dengan membeli rangkaian skincare dan memanfaatkan atau menggunakan bahan natural seperti toner kombucha.

Toner adalah salah satu skincare yang biasa digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang menempel di pori-pori setelah mencuci muka. Rutin menggunakan toner bisa berdampak positif pada kulit lho Moms.

Pori-pori dapat mengencang, selain itu toner juga bisa mengembalikan tingkat pH kulit, menghaluskan kulit dengan menghaluskan, dan meningkatkan warna kulit. Ada berbagai macam produk skincare yang menawarkan toner dengan berbagai manfaatnya dan tidak ketinggalan toner kombucha.

Kombucha sebenarnya merupakan minuman kesehatan dari fermentasi teh, gula, dan jamur bernama SCOBY. Banyak orang percaya, minuman kuno itu berkhasiat pada kesehatan, termasuk kesehatan kulit wajah.

Belakangan, kombucha tak hanya digunakan sebagai minuman saja, tetapi merambah hingga ke perawatan kulit, termasuk toner kombucha.

toner kombucha

Foto: healthline.com

Melansir Huffington Post, perusahaan seperti emerginC dan Oak Bay Naturals telah merilis lini produk yang memasarkan kombucha sebagai bahan aktif utama dan berbagai bahan aktif lainnya, termasuk teh.

Menurut perwakilan emerginC, kombucha tidak hanya mendetoksifikasi, tetapi juga menghidrasi kulit karena meningkatkan elastisitas kulit. Kombucha meningkatkan warna kulit, tekstur dan kejernihan saat mencerahkan kulit.

Tambahan kombucha sebagai bahan aktif juga memerangi munculnya kerutan dan garis halus. Seorang dokter kulit dengan Old Metairie Dermatology, Patricia K. Farris, M.D. menyatakan, beberapa orang menduga bahwa potensi manfaat kombucha termasuk toner kombucha untuk kulit berasal dari sifat antioksidan dan komponen probiotiknya.

Baca Juga: 7 Manfaat Kombucha untuk Kesehatan, Ternyata Bisa Mengatasi Kanker lho Moms!

Manfaat Toner Kombucha

toner kombucha

Foto: toner kombucha

Diketahui, teh hijau dan teh hitam menjadi salah satu bahan utama dari kombucha. Dan sudah jadi rahasia umum bahwa teh hijau memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba yang secara efektif dapat mengobati jerawat dan kulit berminyak.

Menurut penelitian, ketika menyentuh kulit, polifenol dalam teh hijau akan membantu mengurangi sekresi sebum, yang dapat menyebabkan jerawat.

Polifenol dalam teh hijau juga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dengan merusak membran bakteri. Artinya, teh hijau bisa menjadi alat yang berguna untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Sementara teh hitam mengandung antioksidan dan polifenol yang diketahui dapat menunda penuaan dini pada kulit kita. Jika temuan dari berbagai penelitian dapat dipercaya, maka teh hitam mengurangi produksi gen yang menciptakan enzim pendegradasi kolagen.

Selain itu, para peneliti mengatakan bahwa teh hitam lebih efektif dalam mengurangi kerutan daripada jenis teh lainnya. Dengan kandungan tersebut, toner kombucha yang terbuat dari teh hijau maupun teh hitam dipercaya memiliki manfaat yang serupa untuk kulit wajah.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Toner Korea yang Layak Moms Coba, Atasi Jerawat Hingga Mengecilkan Pori

Pilihan Toner Kombucha

Cukup banyak toner kombucha yang beredar di pasaran dan mungkin membuat Moms sedikit kebingungan untuk memilihnya. Jangan khawatir Moms, berikut adalah ulasan tiga toner kombucha yang bisa Moms jadikan pilihan.

1. Youth to the People's Kombucha + 11% AHA Power Toner

toner kombucha

Foto: totalbeauty.com

Salah satu toner kombucha yang menggunakan teh hitam adalah toner kombucha keluaran Youth to The People. Melansir Beautypedia, Youth to the People's Kombucha + 11% AHA Power Toner terbuat dari fermentasi teh hitam dan berbagai formula yang dapat menenangkan kulit.

Selain itu, toner kombucha yang satu ini juga diklaim exfoliant kimia bebas pewangi ini mengandung konsentrasi 11% asam alfa hidroksi, khususnya laktat dan glikolat. Kedua kandungan asam yang ada dalam toner kombucha itulah yang dipercaya efektif membuat wajah lebih bercahaya dan membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

Meski toner kombucha ini berwarna agak kekuningan, tetapi warna itu dipastikan tidak akan menempel di kulit dan juga tidak meninggalkan rasa lengket. Cairan toner kombucha ini akan langsung meresap ke kulit. Perlu Moms ingat bahwa harga toner kombucha yang satu ini sekitar Rp532 ribu.

Baca Juga:Review Sabun Wajah NovAge Supreme Cleansing Gel oleh Moms Orami, 2in1 dengan Toner, Praktis!

2. The Bath Box Kombucha with Fruit AHA Exfoliating Toner

toner kombucha

Foto: lazada.co.id

Toner kombucha lain yang menggunakan teh hitam adalah keluaran dari The Bath Box. Melansir laman official shop di ecommerce, The Bath Box Kombucha with Fruit AHA Exfoliating Toner juga diklaim bebas alkohol dengan kandungan Kombucha, Edelweiss Extract, dan Fruit AHA yang berasal dari Sugar Cane, Orange, Lemon, dan Sugar Maple Extract.

Semua kandungan toner kombucha ini berfungsi untuk menyegarkan kulit wajah sekaligus mengangkat sel kulit mati dengan lembut. Kabar baiknya, toner kombucha seharga Rp159 ribu ini juga cocok untuk semua jenis kulit.

3. Fresh Kombucha Antioxidant Facial Treatment Essence

toner kombucha

Foto: fresh.com

Toner kombucha yang ketiga ini menggunakan fermentasi teh hitam, keluaran Fresh. Toner kombucha ini diklaim menggunakan AHAs, Anti-oxidants, Clean at Sephora, Paraben-free, Peptides, Sulphate-free, Vitamins, seperti dilansir di laman offical shop Sephora.

Toner kombucha ini juga dipercaya mampu merawat kulit dan memberi perlindungan dari polusi dalam dan luar ruangan, ditambah cahaya digital, sekaligus meningkatkan kehalusan, luminositas, dan kekenyalan.

Selain itu Fresh Kombucha Antioxidant Facial Treatment Essence juga diklaim meminimalkan tampilan pori-pori dan garis-garis halus, melembabkan, dan mempersiapkan langkah selanjutnya. Toner kombucha yang satu ini dibandrol dengan harga sekitar Rp1.120.000.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Toner untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Membuat Toner Kombucha

toner kombucha

Foto: endomune.com

Selain ditawarkan oleh beberapa label kecantikan, ternyata toner kombucha juga bisa dibuat sendiri di rumah, Moms. Karena bahan-bahannya alami, cara membuat toner kombucha pun cukup mudah dan sederhana.

Moms hanya perlu mencampurkan beberapa bahan seperti kombucha, air mawar dan lainnya, seperti dikutip dari Rosie Love Tea. Yuk Moms, disimak dulu cara membuat toner kombucha ini.

Bahan:

  • 4 Sendok Makan Kombucha Tanpa Rasa
  • 4 Sendok Makan Air Mawar
  • 2 Sendok Makan Witch Hazel (Opsional - Untuk Kulit Rawan Jerawat)

Cara Membuat Toner Kombucha:

  1. Campurkan kombucha tanpa rasa, air mawar, dan witch hazel opsional dalam botol kecil atau botol semprot (tip: simpan dalam wadah kaca atau keramik dengan tutup non-logam karena logam dapat bereaksi dengan kombucha).
  2. Simpan dalam lemari es untuk digunakan selama 7 hari.
  3. Hampir sama dengan kebanyakan toner, menggunakan toner kombucha pun tinggal mengaplikasikannya ke wajah setelah dibersihkan dengan menggunakan sabun.
  4. Toner kombucha juga bisa digunakan sekali atau dua kali sehari, pagi dan malam pada kulit yang bersih dan kering.
  5. Untuk mempermudah pengunaannya, Moms bisa menggunakan kapas kering atau menyemprotkannya ke wajah.
  6. Jika memiliki kulit sensitif, Moms mungkin perlu bekerja hingga penggunaan sehari-hari. Moms bisa menggunakannya dua hari sekali atau tiga hari sekali sampai kulit terbiasa.

Kombucha memang dipercaya sebagai ramuan kesehatan yang tidak hanya melindungi perut, tetapi juga kulit wajah. Selain mengandung antioxidan yang tinggi berkat teh hitam maupun teh hijaunya, kombucha juga mengandung vitamin B, seperti B2, B6, B12 yang sering ditemukan dalam produk perawatan kulit. 

Dengan ramuan kecantikan dari kombucha seperti halnya toner kombucha, Moms dapat mendorong kulit lebih bercahaya, seperti dilansir Elle. Dengan alasan tersebut, kombucha tak hanya digunakan untuk toner kombucha, tetapi juga beberapa rangkaian perawatan kulit, seperti eye cream, pelembap, serum wajah, masker hingga body wash.

Baca Juga: 4 Jenis Toner yang Tepat untuk Kulit Kering

Bahkan, dari hasil pencarian Google untuk ‘perawatan kulit kombucha’, hasilnya menunjukan lusinan artikel yang menggambarkan kemungkinan penggunaan kosmetik berbahan kombucha. Jadi, apakah Moms tertarik untuk mencoba toner kombucha?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait