Tren

9 April 2019

Trik Cerdas Memilih Bahan Makanan Terbaik untuk Keluarga

Greek yogurt termasuk salah satu yang menyehatkan lho Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Zaman sekarang ini kita semakin dimudahkan untuk mendapatkan berbagai macam bahan makanan. Kita bisa mendapatkannya di warung kaki lima, rumah makan, restoran, sampai pemesanan melalui aplikasi online.

Ada banyak cita rasa makanan yang lezat dan menggiurkan untuk disantap oleh anggota keluarga di rumah. Namun, kita juga dituntut untuk bijak dalam memilih bahan makanan terbaik untuk keluarga.

Menurut laman familydoctor.org, ada lima grup makanan yang bisa Moms jadikan rekomendasi. Apa saja? Yuk kita cari tahu Moms!

1. Biji-Bijian

whole grains bread stock today 160614 tease e69d4936fab1229aba10cf0009d282a7Foto: today.com

Biji-bijian utuh rendah lemak dan tinggi kandungan serat. Moms dapat memilih bahan makanan sebagai sumber karbohidrat utama seperti misalnya roti gandum atau tepung gandum.

Selain itu, biji-bijian utuh juga mengandung karbohidrat kompleks yang dapat membantu Moms dan keluarga kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

Moms juga bisa menyajikan sereal panas atau dingin yang biasanya rendak lemak. Tetapi, sebaiknya hindari yang instan, karena di dalamnya mengandung minyak lemak tinggi atau lemak mentega.

Usahakan untuk tidak mengonsumsi donat, roti gulung, dan muffin. Jenis makanan ini mengandung kalori yang terdiri dari 50 persen lemak.

Baca Juga: Ubah Gaya Hidup Jadi Lebih Sehat dengan Bahan Makanan Alami

2. Buah dan Sayuran

yoghurt fruits winning combinationFoto: yogurtinnutrition.com

Buah dan sayuran termasuk bahan makanan yang rendak lemak. Keduanya mengandung serat, vitamin, dan juga mineral yang baik untuk tubuh.

Sebaiknya jangan menambahkan kandungan lemak pada campuran buah atau sayuran yang Moms dan keluarga konsumsi, seperti margarin, mentega, mayonnaise, atau sour cream. Lebih sehat jika Moms bisa menambahkan yoghurt, healthy oil atau herbs.

3. Protein

sauteed chicken breasts 1302x868Foto: nutritiouslife.com

Ada banyak jenis protein yang bisa Moms sajikan di rumah. Berikut daftarnya!

Daging

Bahan makanan yang mengandung protein sehat bagi Moms dan keluarga bisa datang dari daging sapi, unggas, ikan, dan kacang-kacangan.

Jika memilih daging sebaiknya yang tanpa lemak ya Moms dan kalau bisa yang muda (loin/round). Untuk mengolah daging, memanggang adalah cara yang paling sehat.

Unggas

Jika memilih unggas, dada ayam adalah yang paling sehat karena rendah lemak dan kaya akan protein. Moms bisa mengonsumsi bebek tetapi jangan terlalu sering karena banyak mengandung lemak.

Baca Juga: Bukan Daging yang Jadi Sumber Protein Terbaik, Tapi Telur, Kok Bisa?

Ikan

Asam lemak omega-3 bisa ditemukan sebagian besar ikan laut, salah satunya adalah ikan salmon. Coba buat jadwal untuk mengonsumsi makanan laut dua kali dalam seminggu ya Moms. Sebaiknya pilih ikan yang segar, bukan ikan yang sudah dibekukan.

Kacang-Kacangan

Protein juga bisa didapatkan dari sumber bahan makanan nabati seperti kacang polong, dry beans, dan lentils. Jenis bahan makanan ini kaya akan protein dan serat tanpa adanya kolesterol seperti pada daging. Cocok bagi Moms dan keluarga yang vegetarian atau vegan.

4. Dairy

20170525 whipped greek yogurt vicky wasik 6 1500x1125

Moms bisa memilih susu skim atau non-dairy milk seperti susu kedelai, rice milk, atau susu almond. Selain itu Moms juga bisa menyajikan keju rendah lemak atau string cheese yang tinggi kalsium.

Selain itu, non-fat yoghurt dan Greek yoghurt sangat baik sebagai campuran buah atau sayuran sebagai dessert atau pencuci mulut setelah makan.

Baca Juga: Ternyata Ini 4 Manfaat Yoghurt Untuk Ibu Hamil

5. Lemak, Minyak, dan Manis

104169072 gettyimages 609711422 1Foto: cnbc.com

Terlalu banyak mengonsumsi bahan makanan berlemak bisa menambah kelebihan kalori lho Moms. Dampaknya berat badan naik dan obesitas, atau meningkatkan risiko penyakit lainnya, seperti diabetes, jantung, dan kanker. Hindari makanan yang berlemak tinggi ya Moms.

Selain itu, sangat penting bagi Moms dan keluarga untuk tetap terhidrasi setiap harinya, namun jangan mengonsumsi minuman yang mengandung banyak gula dan kalori. Contohnya adalah soda, minuman energi, teh manis, dan lainnya.

Itu dia Moms trik memilih bahan makanan terbaik untuk keluarga. Yuk jadi #IbuCerdasMemilih!

(IRN/AND)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait