Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Balita | Jan 19, 2018

Trik Mengatasi Balita yang Susah Mandi dengan 4 Cara Menyenangkan

Bagikan


Trik Mengatasi Balita yang Susah Mandi dengan 4 Cara Menyenangkan

Layaknya melatih balita makan dengan mandiri, mengajarkan balita untuk mandi pun menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang tua. Apalagi kalau balita tidak mau alias susah mandi dengan beragam macam alasan, pasti akan ada banyak drama terlebih dahulu, ya, Moms.

Kalau sudah begini pasti Moms jadi penasaran, apa ada cara mengatasi balita susah mandi dengan cepat dan efektif? Kalau kita teliti dan mengerti betul tentang perilaku balita, sebenarnya ada cara mudahnya kok.

Coba deh, lakukan 4 trik berikut untuk mengatasi balita yang susah mandi dengan cara menyenangkan:

1. Ubah Persepsi Mandi

Trik Mengatasi Balita yang Susah Mandi dengan 4 Cara Menyenangkan

foto: beautyheaven.com.au

Kebanyakan balita menganggap mandi adalah aktivitas yang membosankan, atau bahkan menakutkan. Apalagi kalau balita adalah tipe anak yang tidak suka basah, atau merasa malas kalau harus berdiam diri dan kedinginan saat mandi.

Nah, disinilah peran Moms untuk mengubah persepsi mandi menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Moms bisa menjadikan aktivitas mandi sebagai waktu bermain khusus. Buat balita tertarik dengan membawa mainan yang hanya boleh dimainkannya di kamar mandi, dan dengan syarat dia harus mandi terlebih dahulu.

Kalau sudah tertarik dengan mainan yang ada di kamar mandi, tentu balita jadi tak lagi susah mandi kan, Moms?

Baca Juga : Tips Memillih Sabun yang Aman Digunakan Bayi

2. Gunakan Cara Mandi yang Kreatif

Trik Mengatasi Balita yang Susah Mandi dengan 4 Cara Menyenangkan

foto: health.clevelandclinic.org

Si Kecil mungkin menganggap mandi dengan gayung atau shower itu kurang greget, tidak menarik dan membosankan. Apalagi jika Moms tidak menyediakan air hangat, pasti akan semakin sulit menyuruhnya mandi.

Solusinya, ajak balita mandi dengan cara berbeda dan kreatif. Nah, salah satu caranya, Moms bisa menggunakan selang air atau selang semprot untuk memberikan suasana mandi yang berbeda. Gunakan juga bubble bath serta berikan mainan tahan air agar mandi tak lagi terasa membosankan.

3. Atasi Ketakutan Si Kecil

Trik Mengatasi Balita yang Susah Mandi dengan 4 Cara Menyenangkan

foto: skim.gs

Selain faktor tidak menarik dan membosankan, penyebab balita sulit mandi bisa jadi karena ada ada hal yang membuatnya takut. Apakah dia takut air mengenai muka dan masuk matanya? Atau dia merasa takut saat dia harus menutup mata untuk mandi dan keramas?

Apapun ketakutannya, Moms harus membantu balita mengatasi rasa takut itu. Contohnya bila balita merasa takut saat mukanya dibasuh dengan air, Moms bisa mencoba mengusap mukanya perlahan dengan air hangat.

Intinya, buat waktu mandi menjadi senyaman mungkin. Selama masih masuk akal, turuti keinginan balita dan bantu dia mengatasi ketakutannya. Dengan begitu dia tidak akan trauma, dan tidak takut untuk mandi nantinya.

Baca Juga : Orang tua Mandi Bareng Anak, Bolehkah?

4. Mandi Bersama

Trik Mengatasi Balita yang Susah Mandi dengan 4 Cara Menyenangkan

foto: tqn.com

Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi balita susah mandi adalah dengan mengajaknya mandi bersama. Jangan lupa selipkan aktivitas menyenangkan seperti bernyanyi dan bermain bersama agar ia merasa lebih antusias saat waktu mandi tiba.

Supaya semakin seru, minta balita mengajak mainan kesukaannya untuk ikut mandi bersama. Setelah itu minta ia menirukan langkah mandi yang dicontohkan Moms, mulai dari membasuh tubuh dengan air, menyabuni  seluruh bagian tubuh dengan sabun hingga bersih, sampai cara menyikat gigi. Balita susah mandi pasti jadi lebih semangat kalau diminta menirukan orang dewasa.

Baca Juga : Hindari 7 Hal Ini Saat Memandikan Bayi Baru Lahir

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengatasi balita susah mandi. Selama Moms kreatif menciptakan suasana mandi yang menyenangkan, pasti buah hati tak lagi sulit mandi. Menurut Moms, lagu apa yang cocok untuk dinyanyikan bersama balita saat mandi?

(WA)

Sumber: Babycenter

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.