Rupa-rupa

29 Juli 2021

39+ Ucapan Hari Ayah untuk Ayah dan Suami Tercinta yang Menyentuh Hati

Cocok dijadikan status WA atau caption di media sosial
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Hari Ayah biasanya dijadikan momen untuk mengucapkan kalimat-kalimat yang dapat membuat seorang ayah tersenyum, bahagia karena sudah menjadi Ayah. Banyak anak dan anggota keluarga, memberikan ucapan hari ayah untuk sang ayah tercinta.

Sebagian besar negara di dunia biasanya memperingati Hari Ayah atau Father’s Day pada Minggu di pekan ke tiga bulan Juni. Momen spesial itu sudah mulai diperingati sejak awal abad ke-12. Ucapan hari ayah diberikan sebagai bentuk ungkapan menghormati Ayah.

Misalnya di Amerika Serikat, peringatan Hari Ayah sudah dimiliki negara tersebut sejak Juni 1910 di Negara Bagian Washington. Sementara di beberapa negara di Eropa dan Amerika Latin, Hari Ayah diperingati setiap tanggal 19 Maret (St. Joseph Day) dengan berbagai ucapan hari ayah.

Di Indonesia, Hari Ayah pertama kali dirayakan pada 2016 lalu di Balai Kota Solo. Pelopornya adalah Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Sejarah penetapan Hari Ayah di Indonesia berawal dari sayembara menulis surat untuk Ibu, hingga berujung pada pertanyaan terhadap apresiasi untuk Ayah.

Setelah melalui beberapa hal, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional.

Hampir sama seperti Hari Ibu, Hari Ayah diperingati untuk mengingat jasa-jasa Ayah sebagai pelindung keluarga, tempat bersandar, dan tulang punggung keluarga. Tak heran jika ucapan Hari Ayah digambarkan dengan rasa terima kasih kepada ayah.

Selain ucapan Hari Ayah, momen spesial ini biasanya diisi dengan sedikit perayaan kecil di setiap keluarga. Memberikan kado kecil untuk Ayah lengkap dengan kartu ucapan Hari Ayah berisi ungkapan kasih sayang. Atau, memberikan pelukan hangat sebagai hadiah dengan mengucapkan beberapa kalimat yang manis.

Baca Juga: 7 Cara Merayakan Hari Ibu Bersama Si Kecil

Inspirasi Ucapan Hari Ayah

ucapan hari ayah

Foto: helmersomerslaw.com

Dengan begitu, tali kasih antar Moms, Dads, dan Si Kecil di rumah pun akan semakin erat dengan Ayah. Berikut ini adalah 40 inspirasi ucapan Hari Ayah, agar Si Kecil dan juga Dads mengetahui, besarnya perasaan kasih sayang mereka sebagai keluarga.

  1. “Selamat Hari Ayah. Kau yang terbaik, Ayah. Aku mencintaimu!"
  2. “Ayah, adalah pahlawanku. Aku sangat bangga menjadi anakmu.”
  3. "Ayah, kau selalu ada dalam semua kenangan favoritku. Aku mencintaimu lebih dari coklat dan permenku. Itu cinta yang serius."
  4. “Ayah, ayah tetaplah yang pertama kali kupikirkan ketika aku memiliki pertanyaan tentang sesuatu atau ketika aku hanya membutuhkan dukungan dan nasihat yang baik. Terima kasih karena selalu ada untukku.”
  5. "Selamat Hari Ayah karena sudah memberikan rasa takut kepada semua teman kencanku.”
  6. “Selamat Hari Ayah untuk pria yang selalu memberikan menjadi pertama di kepalaku dan tetap memperlakukanku seperti seorang putri.”
  7. “Ayah mengajariku banyak hal penting yang perlu kuketahui, termasuk beberapa pilihan kata untuk situasi tertentu.”
  8. “Ayah, terima kasih telah berada di sana setiap hari hanya dengan cinta dan bimbingan yang selalu kubutuhkan.”
  9. "Ayah, kau adalah satu-satunya ayahku, dan aku akan selalu memberikan tempat khusus di hatiku.”
  10. "Tuhan memberiku hadiah yang sangat bagus ketika dia memberiku seorang Ayah sepertimu.”

Baca Juga:Ucapan Hari Ayah dari 5 Artis Ini Bikin Terharu!

11. “Ayah, terima kasih sudah membuatku tumbuh dewasa menjadi hal yang menyenangkan.

12. “Ayah, kau telah menjadi dukungan, cinta, dan perlindungan yang ada dalam hidupku. Ditambah lagi, kamu adalah temanku. Terima kasih."

13. “Ayah, terima kasih untuk semua dukunganmu. Aku bisa melangkah dan menghadapi tantangan dalam hidup berkatmu. Aku sangat mencintaimu, Ayah.”

14. “Kau dan Ibu masih menjadi dua orang favoritku untuk teman bergaul. Aku suka itu.”

15. “Aku suka kita masih bisa berkumpul, bergulat dengan makna hidup, dan berbicara tentang apa pun, termasuk agama dan politik.“

16. “Ayah, terima kasih atas cinta dan menjaganya tetap nyata. Terima kasih selalu ada di sana. Terima kasih telah menjadi pria apa adanya.“

17. “Ayah, terima kasih karena selalu bisa kuandalkan setiap aku membutuhkan sandaran. Tetaplah seperti itu, aku menyayangimu.”

18. “Terima kasih atas cerita-ceritamu, semua selalu menjadi inspirasi dalam hidupku.”

19. “Ayah, kau akan selalu dan tetap menjadi cinta pertamaku.”

Baca Juga: 6 Hal Inilah yang Membuat Peran Ayah Begitu Penting Dalam Mendidik Anak

20. “Ayah, terima kasih atas semua yang sudah kau lakukan. Terima kasih karena selalu ada untukku. Kau adalah favoritku, jangan kasih tahu Ibu, ya.”

21. “Selamat Hari Ayah, semoga Ayah tetap menjadi Ayah yang cool, tak seperti panas di luar.”

22. "Aku telah bepergian ke banyak tempat, jadi aku sangat yakin saat mengatakan bahwa kau adalah ayah terbaik di dunia."

23. "Kau sudah mengajariku untuk mengejar mimpi, dan itu adalah hadiah terbesar yang pernah kau berikan padaku, selain menjadi ayahku."

24. "Perasaan terbaik adalah mengetahui bahwa aku adalah bagian kecil dari dirimu."

25. "Beberapa orang tidak percaya pada pahlawan super, tetapi mereka belum pernah bertemu dengan Ayahku yang luar biasa."

26. "Serius, aku tidak bisa melewati seluruh hidup ini tanpamu, Ayah."

27. "Ayah, kau berarti segalanya dan lebih bagiku."

28. "Ketika hidup menjadi sulit, aku datang kepada Ayah untuk meminta nasihat dan pelukan dan itu menyelesaikan segalanya."

29. "Ayah, kau yang terbaik dan kau pantas mendapatkan hari terbaik seperti hari inu, setiap hari."

30. "Semoga harimu seindah dirimu, Ayah.”

Baca Juga: Peran Penting Ayah dalam Hidup Anak Perempuan

Inspirasi Ucapan Hari Ayah dari Moms kepada Dads atau Kerabat

ucapan hari ayah

Foto: chroniclelive.co.uk

Memberikan ucapan di Hari Ayah juga tidak melulu dilakukan oleh seorang anak kepada sang Ayah. Akan tetapi, ucapan Hari Ayah juga bisa Moms berikan kepada Dads, sepupu, adik atau kakak, dan semua yang sudah menjadi seorang Ayah.

31. “Ayah, kamu adalah pemberi contoh, pelukan, dan pahlawan yang selalu kami butuhkan.”

32. “Sangat senang kita semua berbagi waktu yang menyenangkan bersama, Ayah.”

33. “Kami sangat mengagumi pria baik dan ayah yang luar biasa sepertimu.”

34.Sebagai Ayah, sebagai Ayah mertua, sebagai Kakek, kau yang terbaik, dan kami merasa sangat beruntung memilikimu!”

35.“Kami menyukai bagaimana perasaanmu di rumah ini, betapa nyamannya ayah di tempat kami dan cara anak-anak menantikan kunjungan ayah.”

36. “Ayah, bagaimana kamu mencintai keluarga kami seperti kamu mencintai dirumu sendiri, membuat perubahan di masyarakat dan mendapatkan rasa hormat dari semua orang yang mengenalmu? Apakah mungkin, ini ada hubungannya dengan hati yang besar dan kuat itu.”

37. “Terima kasih atas teladan yang Ayah berikan dan atas kepemimpinan ayah dalam keluarga kami. Kami mencintaimu, Ayah!”

38.“Kami tidak pernah bisa menyembunyikan betapa kami mencintaimu, Ayah. Bahkan sejak matahari sebelum terbit, setiap hari.”

39. “Ayah, tidak ada yang bisa membumbui daging untuk masakan sepertimu. Kamu adaah yang terbaik untuk perut dan hati kami.”

40. "Aku agak bingung mencoba mencari tahu apa yang harus ku berikan untuk Hari Ayah. Kemudian, ku sadar bahwa aku sudah memilikimu."

Baca Juga: 7 Tanda Bahwa Pasangan Termasuk Dalam Kategori Ayah Modern

Itulah beberapa ide ucapan Hari Ayah yang bisa menjadi inspirasi semua anggota keluarga lainnya. Ingatlah, ucapan Hari Ayah adalah hanya rangkaian kata-kata.

Rasa terima kasih dan syukur kepada ayah atau ibu tidak hanya bisa berupa ucapan Hari Ayah, tetapi bisa dengan hal yang sangat kecil seperti sekolah yang lancar dan dewasa dengan tidak menyusahkan mereka. 

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait