Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
9 April 2021

40 Inspirasi Ucapan Menyambut Ramadhan untuk Suami dan Sahabat

Daripada bingung, yuk intip inspirasi kata-kata menyambut bulan puasa ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms sedang mencari inspirasi ucapan menyambut Ramadhan?

Menyambut bulan Ramadhan memang akan banyak sekali yang harus Moms persiapkan, dari mulai menyiapkan kondisi tubuh hingga menu makananan sahur dan berbuka.

Selain kedua hal itu, biasanya menjelang bulan puasa banyak juga yang sibuk mempersiapkan ucapan menyambut Ramadhan untuk keluarga dan sahabat.

Ucapan menyambut Ramadhan tersebut kerap dikirimkan untuk sanak saudara maupun kerabat. Meski demikian, tak jarang banyak yang kebingungan dalam merangkai kata dan membutuhkan inspirasi.

Berikut kata-kata dan ucapan menyambut Ramadhan yang bisa dipilih.

Baca Juga: Ini Dia 10 Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Ucapan Menyambut Ramadhan

ucapan-menyambut-ramadhan.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Sebentar lagi, umat Islam di seluruh dunia akan menyambut bulan Ramadhan 1442 H/2021 M. Menjelang Ramadhan, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyambut datangnya bulan ini.

Di bulan Ramdhan yang suci ini, kita sebaiknya menjalin silaturahmi dengan keluarga, sahabat ataupun teman lama. Meski masih dalam suasana pandemi, mengirim ucapan menyambut Ramdhan melalui digital juga tak ada salahnya, lho.

Kata-kata ucapan menyambut Ramadhan 2021 ini cocok untuk dibagikan ke sosial media atau pesan pribadi.

Mari tengok ide ucapan menyambut Ramadhan berikut ini terbilang unik dan indah.

01. "Mohon maaf lahir batin, mari menyambut Ramadhan yang suci dengan hati yang bersih. Semoga kita mendapatkan ampunan dan rahmat Allah SWT. Amin."

02. "Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin mari kita sucikan hati serta jernihkan pikiran. Sambut Ramadhan dengan suka cita."

03. "Marhaban ya Ramadhan, pucuk selasih bertunas menjulang dahannya patah tolong betulkan. Puasa ramadhan 2021 kembali menjelang, salah dan khilaf mohon dimaafkan. Selamat menunaikan ibadah puasa 2021."

04. "Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salam setulus hati. Selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan, mohon maaf lahir batin"

05. "Bila ada langkah membekas lara, kata merangkai dusta, tingkah menoreh luka, pada kesempatan ini saya mohonkan maaf lahir dan batin. Selamat Melaksanakan ibadah buasa pada bulan Ramadhan"

06. "Marhaban ya Ramadhan, dari lubuk hati yang paling dalam izinkan saya memohon maaf lahir batin Semoga puasa tahun ini lancar."

Baca Juga: Ini Aturan Puasa Sunnah Idul Adha, Sudah Tahu?

07. "Jika berbuat dosa, mintalah ampunan kepada Allah. Jika berbuat salah, minta maaflah kepada orangnya. Mohon maaf lahir dan batin."

08. "Salah adalah sifat dasar manusia. Tak ada manusia yang tidak pernah berbuat salah. Jelang Ramadhan, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang pernah diperbuat."

09. "Ramadhan, satu bulan penuh ampunan. Allah yang Maha Pengampun saja mau memaafkan hamba-Nya yang penuh dosa. Maukah kamu juga memaafkan? Mohon maaf lahir batin."

10. "Ramadhan bulan yang suci. Tak pantas jika di bulan Ramadhan nanti, hati ini masih dinodai dengan kesalahan. Mohon maaf lahir dan batin."

11. "Bulan suci Ramadhan telah tiba. Waktu ketika orang-orang mengharap ridha Sang Pencipta. Masa-masa indah ketika menerima maaf dengan lapang dada. Mohon maaf lahir batin."

12. "Kalimat yang terucap, bisa menggores luka lebih dalam daripada sebuah pukulan. Menjelang Ramadhan, tiada dengki yang boleh merasuki. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

13. "Luka sayatan pisau bekasnya lebih mudah hilang. Tapi, ucapan dan perilaku yang menyayat hati mungkin masih berbekas. Mohon maaf atas ucapan dan perilaku yang melukai hati."

14. "Lidah memang tak bertulang. Tiada kita berasa patah ketika berucap. Hati orang lain yang mungkin patah karena lidah yang berucap. Mohon maaf lahir batin atas segala perkataan yang menyakitkan."

Baca Juga: Ini Niat Puasa Ganti Ramadhan, Jangan sampai Salah ya!

Ucapan Menyambut Ramadhan untuk Suami Tercinta

Sedang tidak bersama suami ketika bulan puasa? Tenang! Ucapan menyambut Ramadhan ini bisa untuk mengobati rindu dengannya, Moms.

15. “Seluruh alam berdzikir menyambut bulan penuh berkah. Kemuliaan bulan seribu bulan. Saat Allah memberikan ampunan. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

16. "Jangan sesalkan perpisahan, jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan, selamat berpuasa di bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin."

17. "Tiada bulan seagung ini. Tiada bulan semulia ini. Tiada bulan seberkah ini. Ramadhan penuh berkah dan maghfirah. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

18. "Daku rindu bulan Ramadhan-Mu, dan Engkau beri kesempatan di bulan ini kepadaku. Mohon ampun atas segala dosaku, semoga dilimpahkan banyak rahmatmu."

19. "Jika hati seputih awan jangan biarkan ia mendung. Jika hati seindah bulan hiasi dengan senyuman, Semoga tetaplah demikian. Selamat menyambut ibadah puasa, mohon dimaafkan khilaf dan salah, lahirian dan batiniah. Marhaban ya Ramadhan."

20. "Semoga puasaku, puasamu dan semua ibadah dan amal kebaikan kita semua diterima oleh Allah Taala, dan semua dosa kita diampuni oleh-Nya. Amin."

21. “Tiada bulan seagung ini. Tiada bulan semulia ini. Tiada bulan seberkah ini. Ramadhan penuh berkah dan maghfirah. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

22. “Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salah setulus hati, mari kita bersama berbenah diri, di bulan Ramadhan yang suci. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

23. “Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

24. “Manusia tak pernah lari dari salah dan khilaf, karena manusia tidaklah sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan. Agar tiada dendam dan dengki. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

25. "Fajar Ramadhan akan segera hadir menerangi dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga amal kita diterima Allah Taala. Amin ya rabbalalamin."

26. "Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

Baca Juga: Bolehkah Shalat Tahajud 2 Rakaat Dilakukan? Cek Dalilnya di Sini!

Ide Ucapan Menyambut Ramadhan Lucu dan Unik

Ucapan Menyambut Ramadhan -3.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Selain ucapan menyambut Ramadhan yang telah diutarakan di atas, berikut versi jenaka dan santainya. Yuk kita lihat!

27. "Bedug ditabuh mengawali datangnya bulan suci. Bulan penuh berkah dan ampunan-NYA. Selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga kembali suci dihari Idul Fitri nanti."

28. "Puasa telah tiba, puasa telah tiba, hore..hore.. Maem ketupat sayure santen Menawi wonten lepat kulo nyuwun ngapunten Met puasa. "

29. "Alhamdulillah Kita kembali dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan Semoga kita sama-sama berbenah diri Menjadi insan yang lebih mulia."

30. "Bulan ramadhan sudah di depan mata. Tak lama lagi kita berjumpa dengan bulan suci Ramadhan ini. Siapkan hati untuk mendekatkan diri padaNya. Marhaban ya Ramadhan."

31. "Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadhan."

32. "Kerinduan pada bulan suci Ramadhan kan segera terobati. Tak lama lagi bulan Ramadhan kan tiba. Ampunilah segala dosa hamba dan semoga kami selalu berada dalam limpahan rahmat-Mu."

33. "Terkadang sahabat beralih jahat. Rekan sejati mengingkari janji. Dari kelakar jadi bertengkar, Ramadhan sebentar lagi. Mari kita saling memaafkan!”

34. “Sahabat dekatku, dengan datangnya Ramadhan tahun ini, marilah kita syukuri dengan penuh rasa syukur dan suk cita. Semoga kebaikan selalu Allah Swt. limpahkan untuk kita semua, dan semoga kamu yang gendut bisa makin gendut. Selamat menunaikan Ibadah puasa.”

Baca Juga: Ini Hukum Puasa Ramadhan dan Syaratnya, Yuk Ajarkan kepada Si Kecil!

35. “Ada pepaya dimakan jerapah. Sahabat, maafkan aku ya kalau punya salah.”

36. “Ada nasi ikan serta sayur. Adanya di atas meja. Ku ucapkan selamat makan sahur. Ingat jangan semena-mena!”

37. “Dara kucir terbang tinggi. Dara balap terbang kencang. Ramadhan datang sebentar lagi. Pantun tak nyambung, maafin salah ane, ya!”

38. “Ke kota Yogyakarta hari Selasa, pulang pagi naik kereta. Sehari lagi kita puasa, mohon maaf lahir dan batin ya.”

39. "Selamat puasa, rekan. Semoga kuat puasanya tidak ada bolongnya. Semoga dilancarkan rejekinya. Semoga diampuni semua dosanya. Semoga dimudahkan jodohnya. Amin ya Rabbalallamin.”

40. "Meskipun kita tidak bisa bersama, izinkan aku mengucapkan selamat bulan puasa di tahun 2021 ini. Mohon ampuni segala kesilapanku."

Baca Juga: Apakah setelah Berhubungan Intim Boleh Shalat? Cek di Sini!

Semoga ucapan menyambut Ramadhan diatas bisa membantu Moms ya. Selamat menunaikan ibadah puasa!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait