Kesehatan

1 Juni 2021

Moms, Ketahui Perkembangan Ukuran Payudara Mengikuti Umur

Ukuran payudara bisa berubah seiring bertambahnya usia, terutama pada usia 40-an saat menopause
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Payudara wanita selalu menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Selain bentuknya yang indah, besar kecilnya payudara juga biasanya tak lepas untuk dibahas. Lalu, berapakah ukuran payudara mengikuti umur yang sebenarnya? Apakah ukuran payudara Moms dan anak remaja Moms sudah sesuai? Simak selengkapnya.

Menurut Kids Health, sebagian besar payudara anak perempuan mulai tumbuh sejak usia 8 atau paling lambat 13 tahun.

Beberapa payudara anak perempuan tumbuh lambat dan yang lainnya tumbuh dengan cepat. Pertumbuhan payudara pada anak gadis akan berlangsung selama masa remaja dan bahkan hingga mencapai usia awal dua puluhan. Namun yang jelas, payudara anak perempuan mulai berkembang pada usia dan tingkat berbeda.

Baca Juga: Ukuran Payudara Moms Berbeda, Normalkah?

Ukuran Payudara Mengikuti Umur

Ukuran Payudara Mengikuti Umur

Foto: Orami Photo Stock

Perlu Moms ketahui bahwa perkembangan payudara terjadi secara bertahap. Tahap pertama dimulai pada awal masa pubertas, ketika ovarium seorang gadis mulai membesar dan hormon wanita yang penting bernama estrogen mulai beredar di dalam tubuh.

Dokter sering menyebut tahap awal perkembangan payudara sebagai "breast budding." Pertumbuhan payudara tahap awal ini digambarkan seperti kuncup bunga.

Kuncup payudara tersebut terdiri dari benjolan kecil di belakang puting. Setelah payudara terus tumbuh, puting dan lingkaran kulit di sekitar puting (disebut areola) pun akan membesar dan sedikit lebih gelap seiring waktu. Kemudian area di sekitar puting dan areola mulai tumbuh menjadi payudara.

Saat payudara terus mengalami pertumbuhan, bentuk payudara mungkin akan menjadi runcing untuk beberapa waktu sebelum menjadi lebih bulat dan lebih penuh.

Satu tahun lagi, payudara mulai menjadi lebih menonjol seiring dengan pelebaran areola.

Pada beberapa gadis, salah satu payudara mungkin sedikit lebih besar dari ukuran yang lainnya. Dan, hal ini sangat normal, ya Moms.

Ketika wanita memasuki usia 15 hingga 16 tahun, ukuran payudara akan tumbuh menjadi ukuran yang sama satu sama lainnya. Kemudian payudara akan menjadi benar-benar penuh dan mulai membentuk bentuk akhir payudara orang dewasa, seiring dengan pertumbuhan ukuran payudara menurut umur.

Ketika sudah berada dalam tahap ini, puting payudara akan menonjol dan kemungkinan membentuk gundukan kecil.

Baca Juga: Saling Membandingkan Ukuran Payudara Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

Kondisi Payudara Mengikuti Umur

Kondisi Payudara Mengikuti Umur

Foto: Orami Photo Stock

Seiring bertambahnya usia seorang wanita, perkembangan ukuran payudara mengikuti umur pun berkembang, Moms.

Menurut Lisa Jacobs, M.D., profesor bedah di Johns Hopkins Medicine yang dikutip dari Women’s Health, kondisi payudara dapat berfluktuasi karena berbagai alasan.

Pertama, pertumbuhan payudara wanita mungkin akan berhenti di usia 17-18 tahun, metabolisme tubuh pun melambat dan mulai menyesuaikan diri dengan berat badan orang dewasa.

Tak hanya itu, "Payudara akan berubah ukurannya seiring bertambah atau berkurangnya berat badan," kata Jacobs.

Pengaruh kehamilan pun turut berperan. "Di usia 20-an, banyak wanita hamil, jadi ada pembesaran payudara yang terjadi karena penambahan berat badan dan persiapan untuk menyusui," tambahnya.

Setelah perubahan laktasi, payudara mungkin tampak lebih kecil atau lebih besar daripada sebelum kehamilan. Kehamilan juga bisa membuat areola lebih gelap dan puting lebih besar, meskipun kedua perubahan ini dapat kembali ke keadaan sebelum hamil.

Adapun perubahan ukuran payudara mengikuti umur, antara lain:

1. Payudara Wanita Saat Berusia 20 Tahunan

payudara usia 20-an

Foto: Orami Photo Stock

Perubahan fibrokistik atau kondisi sangat umum yang ditandai dengan benjolan jinak di salah satu atau kedua payudara, sering kali muncul saat wanita berusia 20-an.

Wanita pada usia ini mungkin menghadapi perubahan dalam siklus menstruasi mereka, yang berarti perbedaan hormon seperti estrogen. Kondisi tersebut dapat menyebabkan payudara membengkak dan lebih besar, tetapi biasanya normal.

Namun, jika dirasa ada benjolan menyakitkan pada payudara yang sama atau yang lainnya, itu pertanda adanya perubahan fibrokistik dan tidak mengkhawatirkan.

Meski demikian, pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter jika melihat ada perubahan besar yang tidak biasa, Moms.

Baca Juga: Apa Penyebab dan Cara Mengatasi Benjolan di Payudara?

2. Payudara Wanita Saat Berusia 30 Tahunan

Ukuran Payudara Usia 30-an

Foto: Orami Photo Stock

Ukuran payudara mengikuti umur 30 tahun, atau biasanya setelah seorang perempuan memiliki anak pun berubah. Setelah memiliki anak, kulit payudara bisa saja mulai meregang karena terkait dengan kenaikan dan penurunan berat badan.

"Hal itu dapat menyebabkan stretch mark atau ptosis, yang merupakan sebab dari penurunan ukuran payudara," jelas Jacobs.

Kondisi ini biasanya terjadi ketika wanita harus menghadapi perubahan berat badan yang signifikan selama dan setelah kehamilan.

Meski perubahan berat badan karena kehamilan ini tidak memengaruhi semua payudara wanita, tetapi peregangan atau menurunnya elastisitas kulit tetap mungkin terjadi di bagian tubuh lainnya, seperti perut.

Baca Juga: 4 Posisi Menyusui yang Salah Ini Membuat Payudara Kendur dan Nyeri

3. Payudara Wanita Saat Berusia 40 Tahunan

Kondisi Payudara Umur 40-an

Foto: Orami Photo Stock

Di usia 40-an, menopause menyebabkan lebih banyak perubahan pada ukuran payudara karena ovarium mulai memproduksi lebih sedikit estrogen.

Pada titik ini, payudara akan mengalami apa yang disebut involusi, yaitu ketika jaringan payudara digantikan oleh lemak sehingga membuat tekstur payudara terasa lebih lembut dan tidak terasa keras seperti sebelumnya.

Ukuran dan bentuk payudara pun berubah sehingga mulai tampak kendur.

Ukuran payudara memang perlu mendapat banyak perhatian saat proses pertumbuhannya dan saat hal ini terjadi, beberapa anak gadis mungkin bertanya-tanya bagaimana mereka bisa membuat payudara tumbuh lebih cepat atau lebih besar.

Sayangnya, tidak ada krim atau pil ajaib yang dapat mempercepat proses atau membuat payudara seorang gadis lebih besar dari yang sebenarnya.

Faktanya, faktor keturunan dan berat badan seorang gadislah yang sangat menentukan ukuran dari payudara mereka, Moms. Semoga informasi ini bermanfaat, ya Moms!

  • https://kidshealth.org/en/kids/breasts-bras.html
  • https://www.womenshealthmag.com/health/a19916097/breasts-change-with-age/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait