Home & Living

3 September 2021

Umur Berapa Kucing Bisa Hamil? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Bagaimana ya caranya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Buat Moms yang punya peliharaan kucing di rumah, pernahkah Moms bertanya-tanya sebenarnya umur berapa kucing bisa hamil?

Kucing memiliki perhitungan umur yang berbeda dengan manusia. Dibanding hewan mamalia lainnya, umur kucing ini terbilang cukup pendek. Rata-rata kucing bisa hidup antara 10-16 tahun lamanya.

Hal ini ternyata bisa mempengaruhi umur berapa kucing bisa hamil. Kehamilan kucing akan lebih cepat dibanding hewan mamalia lain. Lantas umur berapa kucing bisa hamil?

Baca Juga: 10 Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk, Wajib Diketahui!

Umur Berapa Kucing Bisa Hamil?

Umur Berapa Kucing Bisa Hamil

Foto: bbci.co.uk

Menurut situs icatcare.org, kucing bisa hamil pada umur 4 bulan. Biasanya di umur 4 bulan, kucing sudah akan mulai bisa kawin. Umur berapa kucing bisa hamil ini disebut dengan nama queening.

Meski demikian, ada juga kucing yang baru bisa hamil pada umur 5 bulan ke atas. Ada juga kucing yang baru bisa hamil pada usia 10 bulan.

Hal ini dikarenakan aktivitas reproduksi pada masing-masing kucing berbeda, tergantung dari jenis rasnya dan juga dari keadaan iklim cuaca di mana kucing tersebut tinggal.

Baca Juga: Yuk, Kenali 8 Bahasa Tubuh Kucing dan Maksud di Baliknya!

Kucing dengan ras bulu pendek akan bisa hamil pada umur 4-5 bulan. Sedangkan kucing dengan ras bulu panjang seperti anggora dan persia baru bisa hamil pada umur 10 bulanan.

Dari jurnal penelitian berjudul Clinical Management of Pregnancy in Cats, masa kehamilan kucing ini berlangsung cukup pendek yakni antara 63-65 hari atau sekitar 2 bulan lebih sehingga jika kucing Moms hamil pada umur 4 bulan, maka ia sudah bisa melahirkan pada usia 6 bulan.

Uniknya, berhubung masa kehamilan kucing sangat pendek, dilansir dari situs pets.thenest.com, kucing bisa mengalami masa kehamilan dua kali dalam setahun. Jadi Moms jangan heran kalau kucing peliharaan dalam beberapa bulan setelah melahirkan akan hamil kembali.

Baca Juga: 8 Vitamin Kucing yang Bagus, Bantu Tingkatkan Nafsu Makan hingga Melebatkan Bulu

Pada saat heat season alias masa di mana kucing betina sedang mengalami puberstas, ia bisa hamil hingga tiga kali dalam setahun.

Dalam sekali melahirkan, menurut situs bondvet.com, kucing bisa melahirkan anak hingga 10. Tapi rata-rata kucing betina akan melahirkan antara 3-6 anak kucing.

Biasanya, jika kucing melahirkan hingga 10 anak, ada beberapa anaknya yang tidak bisa bertahan hidup hingga beberapa hari sehingga akan meninggal.

Kucing betina sebenarnya masih bisa hamil pada usianya yang sudah tua atau sudah memasuki umur 10 tahun. Tapi sayangnya, pada usia di atas 10 tahun, fisik kucing sudah mulai melemah sehingga jika ia hamil, maka bisa berisiko pada kesehatannya dan juga janin dalam kandungan.

Hal ini membuat banyak pemilik kucing yang melakukan proses sterilisasi pada saat usia kucing mulai memasuki umur 5-6 tahun lebih.

Baca Juga: 8 Fakta Kucing Oren yang Terkenal Galak seperti Preman

Tanda-Tanda Kucing yang sedang Hamil

Umur Berapa Kucing Bisa Hamil

Foto: nbcnews.com

Kucing yang sedang hamil ini bisa diketahui tanda-tandanya dengan mudah. Beberapa tanda kucing sedang hamil adalah:

  • Mengalami muntah
  • Perut mulai membengkak
  • Naiknya nafsu makan dalam jumlah banyak
  • Puting yang membesar dan memerah agak gelap
  • Lebih sering mendengkur
  • Suka mencari perhatian dan lebih manja kepada pemiliknya

Baca Juga: Benarkah Bawa Sial? Ini 9 Fakta Kucing Hitam yang Unik!

Jika Moms kurang yakin, maka sebaiknya langsung bawa kucing Moms ke dokter hewan untuk mengetahui secara pasti apakah ia sedang hamil atau tidak.

Kucing yang sedang hamil harus mendapatkan perawatan yang berbeda dibanding kucing yang tidak sedang hamil. Moms harus memberikan makanan khusus, memberikannya vaksinasi, hingga menjaga suhu ruangan agar tetap hangat.

Itulah sekilas informasi mengenai umur berapa kucing bisa hamil. Semoga bisa menambah pengetahuan Moms yang memiliki kucing di rumah.

  • https://pets.thenest.com/cats-pregnant-7856.html
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7103129/
  • https://pets.webmd.com/cats/cat-pregnancy-gestation#1
  • https://cats.lovetoknow.com/Cat_Pregnancy
  • https://bondvet.com/b/cat-reproduction
  • https://icatcare.org/advice/cat-pregnancy/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait