Karier & Keuangan

Yuk Coba! Ini 6 Ide Pekerjaan Sampingan yang Cocok Untuk Moms

Berikut rekomendasi ide usaha sampingan buat tambahan penghasilan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Karla Farhana

Moms sedang bingung mencari ide usaha sampingan yang tepat? Usaha sampingan yang tepat akan sangat membantu Moms untuk mendapatkan penghasilan tambahan, lho!

Kebutuhan rumah tangga yang begitu banyak dan mahal membuat Moms rasanya ingin mencari usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Namun demikian, tentu banyak yang bermasalah dengan waktu mengurus anak. Tak perlu khawatir, berikut ada beberapa jenis usaha sampingan yang cocok untuk Moms, lho. Yuk, disimak!

Baca Juga: Pekerjaan yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Ide Usaha Sampingan untuk Moms

Banyak jenis usaha sampingan yang Moms pilih. Ada yang bisa memanfaatkan keterampilan yang dimiliki, menjadi penyedia jasa, bahkan bekerja sama dengan orang lain.

Waktu usaha sampingan juga Moms bisa atur sendiri, sehingga lebih fleksibel dan tidak mengganggu aktivitas lainnya. Penasaran apa saja macam-macam usaha sampingan yang bisa jadikan referensi? Ini dia beberapa diantaranya.

1. Membuka Daycare

daycare.jpg

Foto: pinterest.com

Moms tentu sudah ahli dalam mengurus anak-anak bukan? Mengapa tidak untuk sekalian memanfaatkannya untuk usaha sampingan? Ini mungkin sebuah ide sederhana yang jarang terpikirkan sebelumnya.

Dengan membuka daycare, Moms dapat mengurus Si Kecil sekaligus memberikan tempat bermain dan belajar untuk anak-anak lainnya.

Selain membantu banyak orangtua lain, waktu Moms untuk Si Kecil juga tak akan berkurang. Selain itu, ia juga akan senang karena akan mendapat banyak teman.

Melalui daycare, anak-anak akan diajari hal-hal sederhana serta dapat berinteraksi bersama teman-teman sebayanya.

Kedengarannya memang mudah, namun pastikan Moms mendapat tenaga ahli yang benar-benar dapat membantu, ya.

Baca Juga : Sering Berganti Pekerjaan? Ini 3 Kelebihan dan Kekurangannya

2. Party Planner

shutterstock 494599828

Foto: Orami Photo Stock

Pernahkah Moms terpikir bahwa sebagai seorang perempuan tentu memiliki sisi kreatif yang bisa dimanfaatkan, salah satunya adalah dengan menjadi seorang party planner.

Usaha sampingan ini, cukup menjanjikan dan jadwalnya sangat fleksibel.

Yang dibutuhkan seorang party planner juga seharusnya tak lebih banyak dari seorang pekerja kantoran.

Selain itu, umumnya juga seorang party planner hanya bekerja di akhir pekan saja. Nah, Moms tentu dapat bergantian dengan Dads bukan dalam menjaga Si Kecil?

3. Guru Bimbingan Belajar

babysitter.jpg

Foto: pinterest.com

Moms tentu memiliki keahlian pada bidang tertentu yang dapat diajarkan pada orang lain bukan? Manfaatkanlah pengetahuan tersebut untuk menjadi guru bimbingan belajar.

Menjadi guru bimbingan belajar bisa jadi sebuah pilihan usaha sampingan yang tepat. Biasanya, anak-anak akan mendaftar les untuk sore hari atau akhir pekan. Moms bisa menyesuaikan jadwal dengan suami untuk menjaga Si Kecil di rumah.

Bahkan jika tidak memungkinkan untuk meninggalkan rumah, Moms bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dengan membuka bimbingan belajar online.

Dengan demikian, Moms tidak perlu meninggalkan rumah tetapi tetap bisa menjalankan usaha sampingan.

Memang tak mudah untuk mengajarkan anak-anak usia dewasa, karena mungkin membutuhkan keahlian khusus.

Namun mengapa tidak untuk mengajar anak-anak yang lebih kecil? Mulailah dengan mengajar anak-anak sekolah dasar.

4. Membuka Catering

shutterstock 219589021

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai seorang ibu rumah tangga, Moms tentu sering memasak untuk keluarga bukan? Bagi Moms yang merasa jago masak, cobalah manfaatkan untuk membuka usaha sampingan catering.

Banyak yang tertarik pada ide ini, namun merasa kesulitan dalam memasarkannya. Jangan khawatir, mulailah dari lingkup terdekat seperti teman sendiri, kantor suami maupun lingkungan sekolah anak.

Moms juga bisa mempromosikannya melalui media sosial. Ini bisa jadi trik marketing yang gratis dan efektif untuk mencari pelanggan.

Jika Moms masih mencoba mencari pembagian waktu yang tepat antara usaha sampingan dan mengurus rumah tangga, ada baiknya dimulai dengan mengambil pesanan dalam jumlah kecil terlebih dahulu.

Usaha sampingan ini juga sangat fleksibel, karena biasanya diperlukan saat acara-acara penting saja. Sehingga masih ada banyak waktu untuk Moms dan Si Kecil.

Baca Juga : 7 Pekerjaan Remeh Dengan Gaji Tinggi

5. Usaha Jasa Titip atau Jastip

shopping.jpg

Foto: savvymom.com

Minimnya waktu orang untuk berbelanja dapat Moms manfaatkan untuk membuka usaha sampingan menjadi jastip atau jasa titip.

Usaha sampingan ini tak butuh modal banyak, meski juga tak langsung mendapatkan untung yang besar. Namun demikian, usaha jastip boleh dibilang jenis usaha yang menyenangkan.

Tugas Moms hanya berbelanja barang titipan saja. Bahkan usaha ini juga memungkinkan Moms untuk lebih sering jalan-jalan, lho.

Usaha Sampingan yang Kreatif

Tak perlu mencari ide usaha sampingan yang muluk-muluk, Moms bisa juga memanfaatkan keahlian yang sudah Moms kuasai. Mulai dari kerajinan tangan, berjualan, hingga membuat makanan tradisional.

6. Menjual Kerajinan Tangan

shutterstock 1132912976

Usaha sampingan lain yang patut dicoba adalah menjual karya hasil kerajinan tangan. Jika Moms memiliki suatu keahlian membuat kerajinan tangan, yuk dimanfaatkan!

Memang tak semua orang memiliki kemampuan ini, namun tak jarang juga para perempuan mampu belajar menciptakan sebuah kerajinan tangan. Moms bisa belajar cara membuatnya dari buku, video YouTube, atau ikut kelas kerajinan.

Cobalah untuk mempelajari sebuah kerajinan tangan dan promosikan di sosial media.

Upayakan untuk menemukan suatu keunikan dari hasil karya Moms agar banyak orang tertarik. Meski tak mudah, namun usaha sampingan ini tak membutuhkan banyak waktu Moms untuk meninggalkan rumah.

Baca Juga: Jadi Ibu Rumah Tangga Bukan Berarti Kuper, Ikuti 5 Tips Berikut

7. Menjadi Dropshipper

handphone merusak kulit

Foto: Orami Photo Stock

Kini, ada banyak jenis usaha sampingan yang tidak mengharuskan Moms keluar rumah. Tidak hanya itu, modal yang diperlukan juga sangat kecil bahkan tidak perlu sama sekali.

Salah satunya adalah bisnis dropship atau dropshipper.

Dropship adalah sebuah bisnis online dimana penjual atau dropshipper tidak perlu memiliki stok barang. Moms hanya bertugas sebagai perantara antara ppenjual dan pembeli.

Jadi, tugas Moms hanyalah mempromosikan barang melalui media sosial, blog pribadi, forum atau toko online. Nah, setelah ada konsumen yang membeli, tugas selanjutnya memberitahu supplier untuk mengirim produk tersebut. Mudah sekali kan, Moms?

8. Jasa Laundry

laundry.jpg

Foto: istock.com

Membuka jasa laundry bisa menjadi peluang usaha sampingan yang sangat menguntungkan. Terutama bagi  Moms yang berada di daerah kampus, komplek karyawan atau di pusat keramaian kota. Kesibukan pada daerah-daerah tersebut membuat jasa laundry sangat dicari.

Peralatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu rumit. Dengan modal sekitar 7 jutaan termasuk gaji karyawan, Moms sudah dapat memulai usaha laundry.

Jika Moms tidak membuka layanan antar jemput, maka pencari jasa yang akan datang dan mengambil bajunya. Ini memungkinkan Moms untuk tetap di rumah saja.

Baca Juga: 5 Mitos Bekerja di Rumah, Percaya atau Tidak?

9. Jasa Menjahit

menjahit.jpg

Foto: istock.com

Menjual pakaian membutuhkan modal yang cukup besar. Moms juga perlu mempromosikannya, memikirkan packaging, hingga pengiriman jika dijual secara online.

Jika tetap ingin membuka usaha sampingan di bidang fashion, Moms bisa membuka jasa jahit jika memiliki keahlian menjahit.

Usaha sampingan menjahit sebenarnya usaha yang sangat menjanjikan. Hal ini karena jasa ini masih sangat dibutuhkan siapa saja dan kapan saja.

Bila Moms perhatikan di daerah perkotaan atau di daerah desa berkembang, maka akan menemukan banyak sekali jasa jahit yang bertebaran dimana-mana.

Moms juga hanya perlu modal mesin jahit dan beragam jenis benang, karena kain biasanya dibawa sendiri oleh pelanggan.

Bila masih memiliki waktu, tidak ada salahnya juga, lho Moms membuka kursus jahit. Moms bisa mengajak tetangga sekitar yang juga ingin memiliki keterampilan serupa.

10. Toko Jajanan Tradisional

artikel_HERO Jajanan Tradisional Indonesia dari Gula Merah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Di kota, biasanya sudah mulai sulit menemukan jajanan tradisional. Kalaupun ada, penjual biasanya hanya menjajakan beberapa jenis saja dan tidak lengkap.

Nah, peluang ini bisa Moms manfaatkan sebagai usaha sampingan, dengan membuka toko jajanan tradisional.

Moms tidak perlu membuat semua kue sendiri, justru Moms bisa memberdayakan para pembuat kue tradisional untuk menitipkan dagangannya di toko.

Dengan sistem bagi hasil, toko jajanan tradisional cukup menguntungkan walau tidak cepat.

Toko yang diperlukan tidak perlu besar, bahkan Moms bisa memanfaatkan teras rumah atau hanya membuka stand non permanen saja. Menarik bukan?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Pekerjaan Untuk Ibu Rumah Tangga Tanpa Harus Meninggalkan Rumah

Masih banyak lagi jenis usaha sampingan yang cocok untuk seorang Moms dan dapat menambah penghasilan. Di era sekarang ini persaingan memang begitu ketat, kita harus lebih kreatif lagi.

Jadi bagaimana Moms, tertarik untuk juga mengembangkan usaha sampingan? Tidak perlu modal besar, lho!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait