Newborn

NEWBORN
30 Desember 2020

Leher Bayi Kuat Umur Berapa Bulan? Cari Tahu di Sini!

Bayi bisa mengangkat kepalanya sebentar ketika berbaring di umur ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Banyak sekali hal yang akan terjadi selama proses pertumbuhan bayi, termasuk kemampuan untuk mengangkat kepala.

Kepala bayi membutuhkan banyak pertolongan untuk bisa tegak selama beberapa bulan pertama sampai otot leher bayi kuat kuat.

Mendapatkan kekuatan untuk mengangkat kepalanya adalah modal awal untuk gerakan bayi Moms karena hal ini akan membantunya untuk berguling, duduk, merangkak, dan berjalan.

Baca Juga: Mengapa Lingkar Kepala Bayi Kecil?

Leher Bayi Kuat Umur Berapa Bulan?

kapan bayi bisa mengangkat kepala?

Foto: Orami Photo Stock

Pada usia enam bulan bayi, bayi akan mengembangkan otot leher yang cukup kuat untuk mengangkat kepalanya dan melihat dari sisi ke sisi. Di usia ini, leher bayi kuat dan ia bisa mengangkat kepalanya.

Otot leher bayi cukup lemah saat lahir. Selama beberapa bulan pertama, dia membutuhkan tangan Moms untuk menopang kepala dan lehernya ketika Moms memeluknya.

Hal ini sekaligus menjadi cara bagi Moms dan Si Kecil memiliki banyak interaksi tatap muka. Saat menggendongnya di lengan, nikmati kesempatan untuk menatap matanya. Karena akan membantu Moms untuk terikat dan akan membuatnya merasa dicintai.

Pada akhir bulan pertama usianya, ia mungkin bisa mengangkat kepalanya sebentar ketika dia berbaring. Sekitar enam minggu hingga delapan minggu, dia mungkin bisa mengangkat kepalanya ketika dia berbaring telentang.

Nah, agar Moms bisa lebih memahami kapan leher bayi kuat dan bayi bisa mengangkat kepalanya dengan benar, simak tahapan-tahapannya berikut ini, yuk.

1. Tahap 1: Mengangkat selama Waktu Tengkurap

Pada masa-masa awal kehidupan seorang bayi, mereka tidak bisa mengangkat kepala sama sekali. Tapi itu berubah dengan cepat, dengan beberapa bayi membuat kemajuan ketika mereka baru berusia 1 bulan.

Pengencangan kepala dan leher bayi kuat paling terlihat saat Si Kecil berbaring tengkurap. Misalnya, Moms mungkin memperhatikan saat bayi bertumpu pada dada atau bahu kita saat bersendawa atau meringkuk bersama.

Baca Juga: Kenali Plagiocephaly, Kepala Peyang Pada Bayi

Jika memperkenalkan waktu tengkurap, Moms mungkin juga melihat bayi mencoba mengangkat kepalanya cukup untuk memutarnya dari satu sisi ke sisi lain.

Latihan ini penting untuk mengontrol kepala di masa mendatang, tetapi juga berperan dalam mengembangkan otot di sekitar bahu, lengan, dan punggung yang akan membantu bayi menjadi lebih bergerak di kemudian hari. Dengan cara ini, leher bayi kuat.

Bayi yang baru lahir mungkin belum begitu tertarik dengan aktivitas, namun tidak ada salahnya untuk membaringkan bayi dengan posisi tengkurap selama beberapa menit setiap kali, beberapa kali per hari.

Moms juga dapat melatih waktu tengkurap dengan meletakkan bayi telungkup di dada, pangkuan, atau perut kita. Beberapa bayi lebih menyukai ini karena mereka masih dapat melihat wajah dan Moms dapat berinteraksi dengan mereka lebih dekat.

Saat memeluknya, dia mungkin memiliki kendali yang cukup untuk menahan kepalanya dengan gemetar, tetapi tidak untuk waktu yang lama.

2. Tahap 2: Mengangkat Kepala dan dada

Antara usia 1 dan 3 bulan, bayi biasanya mulai mengangkat kepalanya lebih sering (biasanya menguasai sudut 45 derajat) dan mungkin juga dapat mengangkat dada mereka sebagian dari lantai.

Pada titik ini, penglihatan bayi telah berkembang lebih jauh daripada bulan pertama. Mereka menghargai desain geometris dan pola hitam-putih, sehingga permadani atau selimut yang menarik dapat berfungsi sebaik tikar aktivitas pada tahap ini.

Moms mungkin juga ingin menambahkan beberapa insentif pada waktu bermain bayi dengan meletakkan mainan atau benda lain. Moms juga bisa berbaring di lantai di samping bayi, melibatkan mereka dengan perhatian kita.

Ini juga saat yang tepat untuk mulai menopang bayi sedikit selama waktu tengkurap dengan bantal menyusui atau selimut bayi yang digulung, tentunya dengan pengawasan ya. Terkadang sedikit dukungan ekstra dan pandangan yang lebih baik tentang apa yang ada di sekitar mereka, akan memberi bayi motivasi untuk terus berlatih mengangkat kepala sendiri.

Akhirnya, bayi Moms akan mulai mendorong dirinya sendiri dari lantai dengan lengannya sebagai pendahulu untuk merangkak. Leher bayi kuat dengan stimulasi seperti ini.

Baca Juga: Persalinan Normal Pengaruhi Bentuk Kepala dan Perkembangan Bayi?

Pada titik ini, mereka biasanya dapat mengangkat dada mereka sepenuhnya dan menahan kepala mereka sebagian besar pada sudut 90 derajat, meskipun mungkin tidak untuk waktu yang lama. Dengan kata lain, waspadai goyangan yang tak terhindarkan!

3. Tahap 3: Kontrol Kepala Penuh

Segala sesuatu yang terjadi dengan mengangkat kepala antara lahir dan usia 3 atau 4 bulan adalah pemanasan untuk acara utama: tonggak utama bayi Moms memiliki kendali penuh atas kepalanya dan leher bayi kuat.

Pada usia 6 bulan, sebagian besar bayi sudah mendapatkan kekuatan yang cukup di leher dan tubuh bagian atas untuk mengangkat kepala dengan sedikit usaha. Mereka biasanya juga dapat dengan mudah menoleh dari sisi ke sisi dan ke atas dan ke bawah.

Jika Moms merasa bayi membutuhkan sedikit bantuan untuk mengembangkan kendali kepala, ada beberapa aktivitas yang dapat kit lakukan dalam rutinitas harian untuk mendorongnya agar tetap membangun otot-otot tersebut:

  • Luangkan waktu untuk mendudukkan bayi dalam posisi tegak di pangkuan Moms atau disandarkan di bantal menyusui. Ini memungkinkan bayi untuk berlatih mengangkat kepalanya sendiri dengan jaring pengaman yang membantu menopang punggungnya.
  • Tempatkan mereka di kursi tinggi untuk waktu yang singkat, meskipun mereka belum makan lengkap. Ini juga akan memberi mereka beberapa dukungan sambil mendorong mereka untuk menegakkan kepala dan mendatar. Pastikan mereka diikat dan kursi ditetapkan pada sudut 90 derajat, bukan dalam posisi bersandar.
  • Pertimbangkan untuk membawa bayi dalam gendongan yang memungkinkan Moms menempatkannya dalam posisi tegak saat kita menjalankan tugas atau berjalan-jalan. Dunia adalah tempat yang menarik, kebanyakan bayi akan ingin duduk dan melihat-lihat jika Moms membiarkannya!
  • Letakkan bayi secara telentang di atas matras aktivitas yang dilengkapi lengkungan atau fitur gantung lainnya. Bayi Anda secara alami akan cenderung meraih apa yang dilihatnya, memperkuat otot di leher, punggung, dan bahunya.

Membantu Leher Bayi Kuat dan Bisa Mengangkat Kepala

leher bayi kuat umur berapa bulan

Foto: parenting.firstcry.com

Moms tidak perlu berbuat banyak untuk mendorong bayi untuk menjadikan leher bayi kuat dan mengembangkan kontrol kepalanya.

Tetapi harus berhati-hati untuk memegang kepalanya di bulan-bulan pertama. Gendong leher dan kepala bayi di telapak tangan ketika akan mengangkatnya.

Bahkan saat leher bayi sedikit goyah, berikan dia banyak kesempatan untuk tetap tidur.

Mengangkat kepala dan dadanya untuk melihat Moms atau mainannya akan menguatkan otot lehernya. Ini juga akan membantu membangun otot yang dia butuhkan untuk duduk.

Baca Juga: Bagaimana Cara Gendong Bayi 4 Bulan?

Dari tiga bulan hingga enam bulan, Moms mungkin ingin menaruhnya di sofa atau di tempat tidur.

Bila ingin melakukannya, pastikan dia ada di tengah tempat tidur atau sofa dan jauh dari tepi. Tetap bersamanya sepanjang waktu dan berikan banyak bantuan untuk bagian kepalanya.

Dan tetap ingat ya Moms, sampai bayi mampu mengangkat kepalanya sendiri, pastikan kepalanya disangga setiap kali mereka tidak berbaring telentang. Saat Moms menggendong bayi, selipkan satu tangan di bawah tulang belikatnya untuk mengangkat kepala dan lehernya sambil menggunakan tangan kita yang lain untuk mengangkat pantatnya. Balikkan langkah untuk membaringkan bayi kembali.

Namun jika Si Kecil masih kesulitan mengangkat kepalanya, menurut American Academy of Pediatrics, bayi dengan kontrol kepala yang buruk atau otot leher yang lemah harus dievaluasi oleh dokter anak jika mereka tidak memenuhi standar pengendalian kepala.

Itulah beberapa hal yang perlu Moms ketahui tentang kapan leher bayi kuat dan bisa mengangkat kepalanya. Stimulasi penting dilakukan agar Si Kecil bisa megembangkan kemampuan satu ini.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait