Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Persiapan Melahirkan | Jul 21, 2018

Vicky Shu Joget untuk Kurangi Sakit Kontraksi, Apa Manfaatnya Menurut Medis?

Bagikan


Beberapa saat sebelum melahirkan, penyanyi Vicky Shu tertangkap kamera sedang asyik berjoget mengikuti alunan lagu Run The World (Girls) milik Beyonce. Bukan tanpa alasan tentunya Vicky berjoget di saat kontraksi demi kontraksi dirasakannya.

Selain untuk membuatnya rileks, joget juga diakui Vicky bisa mampu mengurangi rasa sakit akibat kontraksi yang dialaminya. “Nggak terlalu sakit kontraksinya kalau joget,” ujar Vicky pada video tersebut.

Ibunda Vicky, Faiza Al Jufri, juga berpikiran sama. Menurutnya, Vicky lebih baik mengalihkan perhatiannya dengan berjoget agar tidak kesakitan.

“Mungkin nggak begitu stres,” lanjut Faiza seperti terekam pada video yang diunggah ke Instagram Story. Sebenarnya apa manfaat joget saat kontraksi menurut medis?

Joget Kurangi Rasa Sakit Kontraksi

Langkah yang diambil Vicky untuk berjoget ternyata benar, berjoget ternyata bisa membantu kelancaran proses persalinan.

Melahirkan merupakan salah satu pengalaman paling menyakitkan dan mengerikan yang pernah dialami oleh manusia. Dr Fernando Guedes da Cunha yang juga dikenal sebagai dokter joget mengatakan bahwa rasa sakit itu bisa dikurangi dengan berjoget.

Dr Cunha menuturkan, joget yang dilakukan ibu hamil menjelang persalinan bukan sekadar untuk hiburan.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa pergerakan selama kontraksi akan membuat proses persalinan jadi lebih mudah.

Baca Juga: Vicky Shu Melahirkan Anak Pertama, Ini Nama yang Diberikan

Joget Permudah Proses Persalinan

foto: instagram.com/ade_imam

Joget, berjalan, aktivitas dengan birth ball, dan squat merupakan cara-cara yang bisa dilakukan untuk mempermudah proses persalinan.

Dokter yang dikenal dengan joget Despacito-nya bersama ibu hamil itu mengatakan bahwa gerakan-gerakan yang dilakukan saat kontraksi juga bisa memberikan efek rileks pada bayi yang akan dilahirkan.

Proses persalinan rata-rata memakan waktu selama delapan jam, namun banyak studi membuktikan bahwa joget dapat memperpendek proses persalinan dan membuatnya rasa sakitnya berkurang.

Baca Juga: Hamil Anak Pertama? Ini 12 Inspirasi Nama Bayi dengan Arti ‘Pertama’

Joget Bisa Bantu Bayi Masuk ke Jalan Lahir

foto: instagram.com/faiza_aljufri

Pada 1998, sebuah studi yang dilakukan The New England Journal of Medicine menemukan bahwa perempuan yang berjalan atau bergerak selama masa kontraksi melahirkan lebih cepat.

Studi lain yang dilakukan pada 2003 oleh Nursing Research membuktikan bahwa kontraksi akan terasa lebih sakit saat ibu hamil berada dalam posisi berbaring.

“Bayi harus bergerak menuju jalan lahir, jadi ketika ibu bergerak, dia mengarahkan bayi untuk masuk jalan lahir dengan baik,” ungkap Dr Regina Kaplan, dokter kandungan di Ocean Medical Center.

Pergerakan saat kontraksi juga akan mengurangi rasa sakit saat proses persalinan. “Ini akan membantu mengalihkan tekanan bayi ketika dia menekan bagian organ dan struktur tulang ibu,” kata Dr Kaplan.

Nah, ternyata joget terbukti bisa mengurangi rasa sakit kontraksi dan mempermudah proses persalinan Moms. Tertarik mencoba?

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.