Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
22 Desember 2020

Virtual Family Camp Kak Seto, Cara Jitu Meningkatkan Bonding dengan Anak

Untuk meningkatkan bonding pada anak dan orang tua
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya
Disunting oleh Intan Aprilia

Menjalin ikatan batin dengan anak adalah hal yang perlu dilakukan setiap orang tua untuk meningkatkan keharmonisan dalam keluarga.

Melakukan bonding dengan anak adalah hadiah paling berharga yang dapat orang tua berikan kepada mereka. Terutama untuk orang tua yang bekerja, waktu dengan anak akan sedikit terpotong.

Hal ini dapat dilakukan sesederhana mungkin, seperti mendengarkan mereka bercerita, menyemangati anak, serta memainkan permainan favorit dengan mereka.

Menghabiskan waktu bersama anak menunjukkan bahwa mereka dicintai dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Meskipun di era pandemi seperti ini, banyak hal yang bisa dilakukan di rumah untuk meningkatkan bonding dengan anak, salah satunya kegiatan yang dilakukan secara virtual atau online.

Mengenal Virtual Family Camp Kak Seto

Virtual family camp kak seto.jpeg

Gerakan untuk #dirumahaja membuat para orang tua menghabiskan banyak waktu di rumah, seperti untuk bekerja, anak sekolah, serta melakukan kegiatan lain.

Lembaga edukasi diharuskan untuk terus berkreasi dan inovatif dalam mendirikan acara yang menghibur, edukatif serba meningkatkan hubungan orang dan anak meskipun di tengah pandemi.

Hal ini dibuktikan dengan diberlangsungkan acara Virtual Family Camp yang didirikan oleh Dr. Seto Mulyadi, M.Psi., Psikolog atau biasa dikenal sebagai Kak Seto. Ia sebagai psikolog anak dan pendiri acara anak-anak Indonesia, serta menjabat sebagai ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak.

Virtual Family Camp adalah kegiatan non-akademik yang diadakan sekali setahun oleh Sekolah Kak Seto, yang dilaksanakan selama dua hari pada 12-13 Desember 2020.

Acara virtual ini dibuat untuk meningkatkan keakraban dan kebersamaan orang tua serta mengedepankan kerja sama serta kolaborasi antar anggota keluarga.

Baca Juga: Perlukah Anak Masuk Sekolah PAUD Terlalu Dini?

Dengan dilaksanakan acara virtual ini, Sekolah Kak Seto tetap berupaya untuk tetap melangsungkan acara untuk meningkatkan bonding orang tua terhadap anak, meskipun di tengah pandemi seperti ini.

Sekolah Kak Seto berkeinginanan untuk tetap dapat memberikan rangkaian kegiatan orang tua dan anak yang menghibur, akan tetapi tetap aman untuk dijalani.

Bonding atau kedekatan emosional ini adalah cara untuk meningkatkan keharmonisan dalam keluarga dan sehat secara mental serta emosional.

Acara virtual ini diikuti oleh lebih dari 200 orang melalui akun Youtube Homeschooling Kak Seto. Meskipun waktu untuk setiap kegiatan virtual ini hanya sekitar 60 menit, antusiasme orang tua dan anak sangat tinggi.

Bonding Orang Tua melalui Virtual Family Camp

Sekolah Kak Seto, sebagai lembaga pendidikan yang sudah berdiri selama 13 tahun lamanya, selalu berkreasi dalam membuat kegiatan yang meningkatkan hubungan orang tua dan anaknya.

Melalui kegiatan Virtual Family Camp, anak-anak memiliki kesempatan untuk mendapatkan kegiatan non-akademik untuk menghibur dan mengisi waktu luang dengan keluarganya di rumah.

Apalagi saat pandemi ini berlangsung hampir setahun, sebagian anak tidak dapat bermain dengan teman sebayanya di luar rumah atau pergi ke sekolah. Sehingga ini dapat berisiko memicu stres pada anak dan kebosanan.

Kegiatan Family Camp diadakan serentak bersama seluruh satuan Sekolah Kak Seto dan terbuka untuk umum.

Rangkaian kegiatan Virtual Family Camp untuk meningkatkan keakraban anak dan orang tua, terdiri dari berikut ini:

  • Parenting class, "Keluarga Hebat, Keluarga Berkaya" untuk edukasi orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak dalam melakukan pendekatan dengan anak.
  • Dongeng anak, "Naga yang Sombong" untuk menghibur anak-anak di rumah yang dilakukan secara virtual dan dibantu properti dongeng.
  • Seminar siswa, "Belajar Mandiri dan Kreatif dari Pandemi", anak-anak dilatih dan diajarkan untuk tetap belajar secara mandiri di rumah dan kreatif dalam mengenal pola belajar yang seru.
  • Senam sehat, "Senam Sehat Gembira Bersama Kak Arbi", senam pagi yang dipandu oleh Kak Arbi untuk mengajak anak-anak di rumah senam sehat.

Baca Juga: Tak Bisa Sembarangan, Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Sekolah untuk Anak dengan Autisme

  • Sharing alumni, adik-adik SMA memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan alumni Homeschooling Kak Seto tentang pengalaman menempuh perkuliahan.
  • Menonton film bersama keluarga.
  • Cleaning time, kegiatan membantu ayah dan bunda membersihkan rumah secara virtual.
  • Kegiatan memasak.
  • Membangun tenda, momen kreatif untuk mendekatkan hubungan emosional orang tua dengan anak.
  • Kegiatan edukasi lainnya.

Manfaat yang didapatkan dari mengikuti Family Camp ini adalah untuk mampu meningkatkan hubungan orang tua dan anak agar family time yang terbentuk lebih berkualitas.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Alat Tulis Sekolah yang Bikin Anak Semangat Belajar

Keluarga yang kuat dan unconditional love dari orang tua akan memaksimalkan potensi anak-anak Indonesia untuk tetap maju dan semangat.

Sekolah Kak Seto terus konsisten dalam pengembangan dan inovasi kegiatan-kegiatan yang mengedepankan kepentingan anak dan orang tua.

"Berguna sekali untuk situasi sekarang, makasi HSKS, sangat bermanfaat sekali supportnya ," ucap salah satu peserta acara Virtual Family Camp, melalui akun Youtube Homeschooling Kak Seto.

Meskipun acara ini telah dilaksanakan beberapa minggu lalu, Moms bisa melihat keseruan acara melalui Instagram @hskakseto dan channel YouTube Homeschooling Kak Seto. Selamat terhibur!

Artikel Terkait