Di atas 5 tahun

4 Juli 2021

5+ Rekomendasi Vitamin Anak yang Bagus untuk Nafsu Makan, Yuk Coba!

Ketahui juga vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Si Kecil susah makan? Moms mungkin berpikir untuk mencari vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan. Sebelum itu, yuk simak ulasan terkait vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan di bawah ini.

Apakah Moms pernah mengalami masa-masa di mana anak Moms tidak memiliki nafsu makan bahkan hingga melakukan gerakan tutup mulut (GTM)? Anak yang susah makan terkadang membuat orang tuanya frustasi.

Nafsu makan anak Moms akan berubah seiring pertumbuhannya. Itu semua adalah hal yang normal bagi banyak anak untuk berhenti makan makanan yang pernah mereka sukai dan melalui fase di mana mereka makan hampir semuanya dan kemudian hampir tidak makan sama sekali.

Ketika anak Moms tidak memiliki nafsu makan, pasti Moms khawatir dia tidak mendapatkan cukup vitamin dan nutrisi. Padahal, anak-anak membutuhkan energi dan nutrisi yang cukup untuk aktivitas fisik dan metabolisme yang normal serta untuk mendukung tumbuh kembang.

Sementara diet seimbang dan bervariasi sejauh ini adalah cara terbaik bagi anak-anak untuk mendapatkan nutrisi mereka, secara konsisten ditemukan bahwa pemakan pilih-pilih memiliki variasi yang lebih sedikit dalam makanan mereka daripada pemakan yang tidak pilih-pilih.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Memilih Suplemen Vitamin Untuk Anak

Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Anak

Vitamin-Penambah-Nafsu-Makan-Anak.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum masuk ke pembahasan vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan, Moms sebeiknya mengetahui dulu vitamin dan mineral apa saja yang dibutuhkan oleh anak.

Pada dasarnya pemberian vitamin dan mineral merupakan sebuah suplementasi. Hal ini berarti vitamin dan mineral hanya diberikan pada bayi dan anak yang kebutuhan mikronutriennya tidak terpenuhi dari asupan makanan sehari-hari.

World Health Organization (WHO) memberikan rekomendasi pemberian beberapa jenis vitamin dan mineral yang disesuaikan dengan kondisi negara masing-masing, serta memperhitungkan prevalensi masalah kesehatan tersering pada daerah tersebut.

Apa saja vitamin dan mineral yang dibutuhkan anak? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

1. Vitamin A

Bukti ilmiah menunjukkan suplementasi vitamin A bermanfaat menurunkan angka kematian sebesar 24 persen dan kematian terkait diare sebesar 28 persen. Berdasarkan fakta tersebut, maka WHO merekomendasikan pemberian suplementasi vitamin A sebesar 100.000 U pada bayi usia 6-11 bulan, dan vitamin A 200.000 U tiap 4-6 bulan pada anak usia 12-59 bulan.

Kabar baiknya, program ini sudah diimplementasikan ke dalam program Kementerian Kesehatan Indonesia setiap bulan Februari dan Agustus (bulan vitamin A). Moms bisa mendapatkan vitamin A untuk Si Kecil pada bulan vitamin A di Posyandu terdekat ya. Gratis!

2. Vitamin D

American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan bayi sebaiknya tidak terlalu sering terpapar sinar matahari agar tidak berisiko mengidap kanker kulit di kemudian hari. Di lain pihak, sinar matahari sangat penting dalam pembentukan vitamin D yang bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan tulang.

Oleh karena itu, AAP merekomendasikan pemberian suplementasi vitamin D sebesar 400 IU pada bayi ASI eksklusif, bayi yang minum susu formula kurang dari 1 liter sehari, dan anak-anak serta remaja.

Bagaimana rekomendasi di Indonesia? Sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk merekomendasikan suplementasi vitamin D secara rutin untuk anak Indonesia.

Baca Juga: Perlukah Mengonsumsi Suplemen Vitamin Anak?

3. Zat Besi

Suplementasi mineral yang paling disoroti oleh WHO adalah suplementasi zat besi. Zat besi memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak, meningkatkan daya tahan tubuh serta konsentrasi dan prestasi belajar. Suplementasi zat besi ini disarankan diberikan rutin setiap hari selama 3 bulan setiap tahunnya pada bayi sejak usia 6 bulan.

Suplementasi ini terutama ditujukan pada negara dengan prevalensi anemia lebih besar dari 40 persen. Data Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) tahun 2012 menyatakan bahwa prevalensi anemia (dengan berbagai penyebab) pada balita di Indonesia sebesar 40,5 persen.

Indonesia belum memiliki data prevalens nasional untuk anemia defisiensi besi. Pemberian suplementasi besi secara rutin telah direkomendasikan oleh IDAI dan perlu dikaji efektivitasnya.

4. Zink

Mineral lain yang penting bagi bayi dan anak-anak adalah zink (seng). Suplementasi zink terbukti dapat menurunkan insidens diare dan pneumonia, mendukung pertumbuhan linear dan memiliki efek positif dalam menurunkan angka kematian terkait penyakit infeksi.

Suplementasi zink diberikan rutin selama minimal 2 bulan setiap 6 bulan sekali, pada bayi usia 6-23 bulan.

5. Yodium

Iodium merupakan mineral yang penting untuk pertumbuhan berat dan tinggi badan serta perkembangan kecerdasan otak. Balita yang mengalami kekurangan yodium akan memiliki intelligent quotient (IQ) yang lebih rendah 13,5 poin dibandingkan balita yang cukup yodium.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan akses rumah tangga di Indonesia terhadap garam beryodium sebesar 77,1 persen. Oleh karena itu, sesuai pedoman WHO suplementasi yodium hanya diberikan pada kelompok balita yang rentan kekurangan yodium.

Vitamin Anak yang Bagus untuk Nafsu Makan

Oleh karena itu, multivitamin atau vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan dapat membantu mengisi beberapa celah kebutuhan nutrisi penting. Beruntunglah kini terdapat banyak vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan dan mudah diperoleh.

Masalah selanjutnya adalah memilih vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan dari sekian banyak yang ada. Sering terdengar pertanyaan, apakah ada yang namanya vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan tetapi 'tidak sehat'? Atau vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan mana yang harus dipilih dan sesuai untuk anak Moms?

Berikut ini adalah 6 vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan dan bisa Moms dapatkan dengan mudah di luar sana, yaitu:

Baca Juga: 6 Vitamin untuk Anak yang Penting Dikonsumsi Sehari-hari

1. Vitamin Anak yang Bagus untuk Nafsu Makan: Scott's Emulsion Vita

d811631f48a049cc85f7212378a55300.png

Foto: Shopee.com.my

Dalam daftar pertama, vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan yaitu Scott's Emulsion Vita. Produk dengan rasa jeruk ini diklaim sangat cocok dikonsumsi anak-anak untuk menambah nafsu makan dan pertumbuhan badan anak.

Tidak hanya itu, vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan ini memiliki berbagai khasiat lainnya. Scott's Emulsion Vita rupanya juga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin A & D untuk memelihara kesehatan tubuh dan membantu memelihara perkembangan kesehatan anak serta pertumbuhan tulang dan gigi.

Dosis pemakaian Scott's Emulsion Vita:

  • 1 - 6 thn sebanyak 1x15 ml satu kali sehari
  • 7 - 12 thn sebanyak 1x15 ml dua kali sehari
  • > 12 thn sebanyak 1x15 ml tiga kali sehari.

Scott's Emulsion Vita yang merupakan vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan ini dibanderol dengan harga sekitar Rp40.000 - Rp60.000. Suplemen ini dapat ditemukan di berbagai apotek atau marketplace yang biasa Moms gunakan.

2. Vitamin Anak yang Bagus untuk Nafsu Makan: Blackmores Superkids

superkids-multi-chewables-60-tablets.jpg

Foto: Blackmores.com.au

Vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan kedua adalah Blackmores Superkids Multi Chewables. Blackmores Superkids adalah vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan dengan formulasi bebas gula 99,5 persen.

Vitamin ini mengandung 13 nutrisi penting dalam dosis harian untuk membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Blackmores Superkids membantu memberikan dukungan untuk fungsi otak (vitamin B5, yodium) dan pengembangan sistem saraf pusat (yodium).

Tidak hanya itu, didalamnya juga terdapat antioksidan untuk mendukung perkembangan anak-anak (vitamin B2, C), serta dukungan untuk pertumbuhan dan perkembangan normal (Vitamin B3, B1, C, D, B12, B2, yodium, folat). Sangat mudah didapatkan, vitamin ini dibanderol dengan harga sekitar Rp140.000 - Rp 175.000.

Baca Juga: Moms, Waspadai 5 Gejala Kekurangan Vitamin D Pada Balita Ini

3. Vitamin Anak yang Bagus untuk Nafsu Makan: Möller’s Cod Liver Oil

Mollers_CLO_Natural_ND2018_250ml_UK-959x1342.png

Foto: Mollers.com

Möller’s Cod Liver Oil juga masuk dalam jajaran vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan. Minyak hati ikan kod telah lama menjadi bagian penting dari makanan Norwegia dan menurut penelitian, orang Norwegia termasuk orang yang paling sehat dan paling bahagia di dunia.

Di Norwegia, sejumlah penyakit serius jarang terjadi. Selain memiliki keluhan fisik yang lebih sedikit, mereka memiliki lebih sedikit masalah jantung dan pembuluh darah dan lebih sedikit keluhan mental seperti kelelahan dan depresi, demensia dan Alzheimer. Dengan banyak efek kesehatan yang terbukti, tidak heran ketika Möller's Cod Liver Oil masuk dalam daftar vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan.

Dengan berbagai khasiat hebatnya, suplemen ini dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibanding harga vitamin lainnya yaitu sekitar Rp 350.000.

4. Vitamin Anak yang Bagus untuk Nafsu Makan: Curcuma Plus Grow Emulsion

ois35bpjm80h2awwcgzb.jpg

Foto: Soho Global Health

Curcuma Plus diformulasi khusus untuk memperbaiki nafsu makan dan memenuhi kebutuhan multivitamin harian Si Kecil agar ia makan jadi lahap, tumbuh tinggi & sehat. Vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan ini juga diformulasi dengan temulawak organik untuk daya tahan tubuh, minyak ikan kod untuk perkembangan otak dan kemampuan belajar, kalsium, dan serta vitamin D untuk pertumbuhan tulang optimal dan kesehatan gigi.

Curcuma Plus Grow diminum sesudah makan dengan aturan:

  • Anak usia 1 - 6 th: 1 x 1 sendok makan (15 ml)
  • Anak usia 6 - 12 th: 2 x 1 sendok makan (15 ml)
  • Dewasa: 2 x 1 sendok Makan ( 15 ml).

Seperti vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan lainnya, Curcuma Plus Grow dapat dibeli di apotek dan toko lainnya dengan harga sekitar Rp40.000.

Baca Juga: Bolehkan Memberikan Vitamin Gummy untuk Anak?

5. Vitamin Anak yang Bagus untuk Nafsu Makan: Likurmin

153215146764978_a51543df-becc-4270-ba35-a41fea5149f1.jpg

Foto: tokopedia.com

Likurmin adalah suplemen penambah nafsu makan dengan bentuk sirup yang digunakan untuk anak-anak. Sebagai vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan, Likurmin tersedia dengan rasa jeruk yang disukai anak-anak.

Likurmin mengandung asam amino esensial dengan kombinasi vitamin B kompleks, niacinamid, asam pantotenat dan kurkuminoid bermanfaat untuk memperbaiki nafsu makan, dan menjaga keseimbangan tubuh. Tidak terlalu mahal, vitamin Likurmin dibandrol dengam harga sekitar Rp.50.000.

6. Vitamin Anak yang Bagus untuk Nafsu Makan: Gowvit Sagon Cereal

123691053_2662729970722615_5684448221208999744_n.jpg

Foto: Indofood.com

Govit Sagon Cereal adalah produk nutrisi terjangkau berbahan dasar sereal mengandung 11 vitamin dan 4 mineral untuk anak usia 6-12 tahun. Jangan salah karena meskipun berupa cereal, Govit juga bagus digunakan sebagai vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan.

Vitamin tersebut terdiri dari vitamin A, B kompleks (B1, B2, B3, B6, B9, B12), C, D, E, dan K. Mineral terdiri dari seng, Besi, Yodium, dan Tembaga. Govit diproses secara higienis dan tanpa pewarna buatan, pemanis buatan, MSG dan pengawet ditambahkan. Tersedia dalam kemasan 8 gram sachet dengan 5 rasa coklat, strawberry, keju, susu dan 6 gram rasa jagung bakar yang gurih.

Baca Juga:Sereal, Baikkah Untuk Anak?

Itulah 6 vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan. Selain menggunakan vitamin untuk meningkatkan nafsu makan anak, Moms juga dapat menggunakan beberapa tips yang disebutkan di bawah ini untuk meningkatkan nafsu makan anak.

  • Pastikan anak itu tidak pernah melewatkan sarapan
  • Cobalah untuk membuat mereka minum segelas air 30 menit sebelum makan
  • Alih-alih memilih diet lengkap 3 kali sehari, pilih untuk memberi mereka makanan dalam interval perkiraan setiap dua jam
  • Tawarkan gigitan kecil kepada anak untuk membangun metabolisme yang pada gilirannya bertindak sebagai perangsang nafsu makan.

Baca Juga: 4 Tips Mudah Mengatasi Anak yang Susah Makan

Menggabungkan dua cara seperti menggunakan vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan dengan tips sederhana namun efektif ini, dapat membantu memulihkan kekurangan vitamin serta meningkatkan nafsu makan mereka.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait