Trimester 1

14 Maret 2021

Dosis dan Manfaat Vitamin C untuk Ibu Hamil

Vitamin C memang baik untuk tubuh, tapi perhatikan dosisnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Vitamin adalah hal yang penting saat hamil. Salah satu vitamin terpenting adalah vitamin C. Lantas mengapa vitamin C untuk ibu hamil sangat dibutuhkan?

Mari simak lebih lanjut tentang manfaat dan dosis vitamin C untuk ibu hamil. Jangan sampai salah takaran ya. Moms!

Manfaat Vitamin C untuk Ibu Hamil

Manfaat Vitamin C untuk Ibu Hamil

Foto: pixabay.com

Moms dan janin membutuhkan vitamin C setiap hari karena tubuh perlu membuat kolagen, protein struktural yang merupakan komponen tulang rawan, tendon, tulang, dan kulit.

Berdasarkan penelitian pada hewan, beberapa peneliti percaya bahwa kekurangan vitamin C pada bayi baru lahir dapat mengganggu perkembangan mental.

Juga dikenal sebagai asam askorbat, vitamin C untuk ibu hamil sangat penting untuk perbaikan jaringan, penyembuhan luka, pertumbuhan dan perbaikan tulang, dan kulit yang sehat.

Vitamin C membantu tubuh Moms melawan infeksi dan bertindak sebagai antioksidan, melindungi sel dari kerusakan.

Vitamin C untuk ibu hamil juga membantu tubuh Moms menyerap zat besi, terutama dari sumber-sumber buah dan sayuran.

Baca Juga: 7 Dampak Kelebihan Vitamin C pada Tubuh, Wajib Tahu!

“Memiliki asupan vitamin C yang rendah dapat dikaitkan dengan komplikasi dalam kehamilan seperti tekanan darah tinggi dengan pembengkakan pada tangan, kaki dan wajah (preeklamsia), anemia dan memiliki ukuran janin yang kecil,” ujar Alice Rumbold, Associate Professor dari University of Adelaide.

Dosis Vitamin C yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Cara Agar Asupan Vitamin C untuk Ibu Hamil Terpenuhi

Foto: pixabay.com

Dilansir dari Oregon State University, tidak seperti mamalia atau hewan lainnya, manusia tidak bisa memproduksi vitamin C secara alami dari tubuh, sehingga kita membutuhkan asupan makanan yang mengandung vitamin C atau suplemen.

Menurut Jennifer Thomas, M.D., IBCLC, FAAP, FABM, dokter anak dari Wisconsin, Amerika Serikat, Moms perlu memperhatikan kebutuhan vitamin C untuk ibu hamil.

Wanita hamil berusia 18 tahun ke bawah menbutuhkan 80 miligram (mg) per hari. Sementara wanita hamil berusia 19 tahun ke atas membutuhkan 85 mg per hari.

Tak hanya ibu hamil saja, Moms juga membutuhkan vitamin C saat menyusui. Wanita menyusui berusia 18 tahun ke bawah membutuhkan asupan vitamin C 115 mg per hari. Sementara wanita menyusui usia 19 dan lebih tua membutuhkan 120 mg per hari.

Pada kehidupan sehari-hari, kita juga membutuhkan asupan vitamin C. Wanita tidak hamil berusia 18 tahun ke bawah membutuhkan 65 mg per hari dan wanita tidak hamil berusia 19 tahun ke atas membutuhkan 75 mg per hari.

Baca Juga: Benarkah Vitamin D Dapat Menambah Kesuburan?

Cara Agar Asupan Vitamin C untuk Ibu Hamil Terpenuhi

stroberi sebagai sumber vitamin c untuk ibu hamil

Foto: pixabay.com

Asupan makanan saat hamil menjadi penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin C pada ibu hamil. Lantas, apa saja makanan yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin C?

National Health Service (NHS) menyebutkan beberapa sayur dan buah-buahan ini tinggi akan vitamin C:

  • Buah sitrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali
  • Paprika
  • Stroberi
  • Blackcurrant
  • Brokoli
  • Kentang

Pilih makanan segar sebagai sumber vitamin C karena panas dapat menghancurkan vitamin ini. Juga, beberapa sereal dan jus diperkaya dengan vitamin C.

Cobalah untuk memasukkan makanan yang kaya vitamin C di setiap kali makan untuk memaksimalkan jumlah zat besi yang Moms dapatkan dari makanan lain yang dimakan. Lalu, perlukah Moms mengonsumsi suplemen vitamin C tambahan?

Mungkin tidak. Cara termudah dan teraman untuk mendapatkan kebutuhan harian Moms dari makanan. Apalagi makanan juga membawa banyak nutrisi lainnya seperti vitamin dan mineral.

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin C dapat mengurangi timbulnya ketuban pecah dini, ada beberapa kekhawatiran bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur.

Ada juga laporan, meskipun jarang terjadi, bayi yang lahir dari ibu yang mengonsumsi suplemen vitamin C yang berlebihan selama kehamilan justru meningkatkan risiko penyakit kudis.

NHS juga menyebutkan kelebihan vitamin C, lebih dari 1.000 mg per hari, dapat menyebabkan sakit perut, diare, dan kembung.

Jadi, pastikan Moms berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C untuk ibu hamil.

Baca Juga: 8 Vitamin Pra Kehamilan Terbaik Rekomendasi Dokter

Apakah Moms pernah mengalami kondisi kekurangan atau kelebihan vitamin C saat hamil?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait