Kesehatan

22 April 2021

Ragam Manfaat Vitamin K untuk Tubuh, Sudah Tahu Moms?

Sedikit yang tahu manfaat kesehatan vitamin K!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Ada banyak manfaat vitamin K yang belum banyak dikenali. Vitamin K dikenal sebagai "vitamin yang membekukan darah" karena berperan penting dalam menyembuhkan luka.

Selain itu, vitamin K juga dapat menjaga kesehatan tulang.

Namun, vitamin K kalah populer dibanding nutrisi lain seperti kalsium, atau vitamin D, ketika berbicara tentang kesehatan tulang, gigi, dan kinerja tubuh. Padahal, ada banyak manfaat vitamin K yang mungkin belum diketahui.

Perlu dipahami, vitamin K adalah kelompok vitamin yang larut dalam lemak, dan memiliki struktur kimia serupa. Vitamin K dibagi menjadi vitamin K1 dan K2. Sama seperti vitamin lainnya, vitamin K juga punya sejumlah fungsi dan peran penting. Bagian dan organ tubuh yang menjadi area fungsi vitamin K yakni darah, tulang, dan jantung.

Baca Juga: Bayi Baru Lahir Wajib Mendapat Suntik Vitamin K?

Mengenal Makanan yang Mengandung Vitamin K

Mengenal Makanan yang Mengandung Vitamin K

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui manfaat vitamin K, ada pentingnya Moms untuk mengenal sumber makanan yang mengandung vitamin K. Hal ini karena sumber vitamin K bukan hanya dari suplemen saja, melainkan berbagai makanan yang bisa Moms temui.

Cara terbaik untuk memastikan manfaat vitamin K tetap optimal, serta mencegah defisiensinya, adalah mengonsumsi sumber makanan dengan kandungan vitamin tersebut.

Beberapa kelompok makanan sumber vitamin K, yaitu:

  • Sayuran hijau, seperti sayur kale, sayur bayam, lobak hijau, dan selada.
  • Kelompok sayuran lain, seperti brokoli, kubis, dan kembang kol.
  • Berbagai produk hewani, seperti ikan, hati, daging, dan telur.
  • Rutin mengonsumsi seporsi sayuran hijau, seperti bayam, sebenarnya sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin K.
  • Kombinasikan dengan sedikit sumber lemak, seperti kuning telur dan minyak zaitun, agar penyerapannya menjadi lebih optimal.

Jika memang Moms masih mengalami defisiensi vitamin K, maka bisa ditangani dengan mengonsumsi suplemen vitamin K.

Sumber makanannya sudah, apakah Moms penasaran tentang seberapa banyak vitamin K yang dibutuhkan dalam sehari? Sebenarnya, jumlah vitamin K yang dibutuhkan tergantung pada berat badan.

Moms membutuhkan sekitar 1 mikrogram per kilogram berat badan per harinya. Jika Moms memiliki berat badan 65 kilogram, maka Moms membutuhkan setidaknya 65 mikrogram vitamin K per harinya.

Beberapa kondisi medis dapat memengaruhi kemampuan Moms untuk menyerap nutrisi. Untuk itu, apabila Moms kekurangan vitamin K, maka diperlukan untuk mengonsumsi suplemen.

Namun, akan lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter atau praktisi kesehatan untuk mendapatkan solusi yang paling baik sesuai dengan kondisi saat itu.

Nah, jadi penasaran apa saja manfaat yang bisa Moms dapatkan dari vitamin K? Simak ulasan berikutnya, ya!

Baca Juga: 5 Sayuran Hijau Terbaik untuk MPASI Anak

Mengenal Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan

Tidak hanya untuk kesehatan tulang, ada berbagai manfaat vitamin K yang luar biasa untuk kesehatan tubuh Moms, yaitu:

1. Membantu Proses Pembekuan Darah

bekas luka1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dalam proses pembekuan darah, tubuh memerlukan protein tertentu, yang melibatkan fungsi vitamin K. Maka dari itu, vitamin K juga dikenal sebagai vitamin pembekuan darah. Dengan adanya vitamin K, Moms akan terhindar dari perdarahan berlebihan dan tidak terkontrol. Ini menjadi salah satu manfaat vitamin K yang utama.

Defisiensi vitamin K sebenarnya jarang terjadi pada orang dewasa. Kondisi ini, biasanya dialami oleh orang yang menderita malnutrisi, atau memiliki masalah dalam penyerapan nutrisi tubuh.

Selain itu, defisiensi vitamin K juga mungkin dialami oleh pengguna obat warfarin, yang digunakan untuk mencegah penggumpalan darah.

Bayi baru lahir juga rentan mengalami kekurangan vitamin K. Maka tak heran, bayi sering mendapatkan suntikan vitamin K untuk mencegah perdarahan berlebih, yang dikenal dengan haemorrhagic disease of the newborn (HDN).

American Academy of Pediatrics (AAP) telah secara rutin merekomendasikan suntik vitamin K pada bayi baru lahir sejak 1961, dikarenakan vitamin tersebut tidak melewati plasenta bayi dengan baik selama kehamilan.

Suntikan ini akan memberi bayi vitamin K yang dibutuhkan dengan cukup untuk bertahan hingga mereka mendapatkan jumlah yang cukup melalui makanan yang dikonsumsi nantinya. Bayi yang baru lahir akan memiliki kadar vitamin K yang cukup ketika mereka mencapai usia enam bulan, ketika masa MPASI (makanan pendamping ASI) dimulai.

Oleh karena itu, setiap newborn memerlukan injeksi vitamin K dosis tunggal, yaitu 1 mg yang diberikan secara intra muskular yaitu dengan injeksi. Atau Moms bisa membicarakannya dengan dokter sebelum melakukan suntikan vitamin K ini, ya.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Vitamin Ibu Hamil yang Paling Dibutuhkan

2. Baik untuk Ibu Hamil hingga Pasca Melahirkan

Baik untuk Ibu Hamil hingga Pasca Melahirkan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Masih berhubungan dengan manfaat vitamin K untuk pembekuan darah, ternyata vitamin ini diperlukan oleh ibu hamil hingga pasca melahirkan. Sebenarnya, memastikan ibu dan janin mendapatkan vitamin K yang cukup dalam persiapan untuk persalinan dan pemulihan sesudahnya.

Selain dibutuhkan untuk perkembangan tulang yang sehat dan pembentukan protein di hati, manfaat vitamin K memegang peran kunci dalam pembekuan darah, dan memungkinkan luka sembuh dengan baik pasca melahirkan.

Vitamin K dibutuhkan selama persalinan dan tepat pasca persalinan untuk memulihkan kondisi ibu hamil. Saat sedang hamil, usahakan mendapatkan vitamin K yang cukup agar tidak menimbulkan risiko bagi ibu dan janin.

Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan perkembangan kolestasis kehamilan. Kondisi ini menjadi salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan berkurangnya cairan empedu yang terjadi pada saat trimester ketiga.

Dikutip dari Cleveland Clinic, ada beberapa gejala yang terjadi saat Moms mengalami kolestasis kehamilan. Di antaranya adalah tubuh mudah merasa lelah, urine berwarna gelap, kehilangan nafsu makan, depresi, dan kulit serta mata menguning.

Baca Juga: 7 Makanan Sehat Untuk Jantung

3. Memelihara Kesehatan Tulang

efek samping cuka apel - tulang rapuh.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ternyata, manfaat vitamin K juga diperlukan untuk memelihara kesehatan tulang Moms, lho! Beberapa ahli meyakini, vitamin K juga mengaktifkan jenis protein yang dibutuhkan, untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang.

Melansir dari Lembaga keamanan pangan Eropa, European Food Safety Authority menyimpulkan, vitamin K terlibat langsung dalam pemeliharaan tulang yang sehat dan normal. Walau begitu, penelitian di masa mendatang masih diperlukan untuk melihat mekanisme dari manfaat vitamin K ini dalam menjaga kesehatan tulang.

Selain vitamin K, tentunya ada nutrisi lainnya yang harus Moms lengkapi agar tulang sehat dan mencegah terjadinya osteoporosis. Moms perlu mendapatkan protein dan kalsium yang cukup penting untuk memelihara kesehatan tulang agar tetap sehat.

Faktanya, sekitar 50 persen tulang terbuat dari protein dan kalsium adalah mineral paling penting untuk kesehatan tulang, juga mineral utama yang ditemukan di tulang. Moms juga memerlukan magnesium dan zinc.

Magnesium berperan penting dalam mengubah vitamin D menjadi bentuk aktif yang meningkatkan penyerapan kalsium. Sedangkan, zinc membantu membuat bagian mineral tulang dan membantu pembentukan sel pembangun tulang dan mencegah kerusakan tulang yang berlebihan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selain berperan dalam proses pembekuan darah serta pemeliharaan kesehatan tulang, manfaat vitamin K lainnya yang dipercaya ahli yakni menjaga kesehatan jantung.

Fungsi vitamin K untuk memelihara jantung tersebut disimpulkan, karena vitamin ini mengaktifkan sejenis protein, yang dapat mencegah penumpukan kalsium di pembuluh darah. Apabila penumpukan plak dari kalsium tersebut tidak dicegah, Moms menjadi rentan untuk mengalami penyakit jantung.

Selain itu, beberapa penelitian terkontrol berkualitas tinggi juga telah membuktikan, mengonsumsi suplemen vitamin K1 dan K2 dapat meningkatkan kesehatan organ ini. Menjaga kesehatan jantung juga diperlukan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi lainnya serta melakukan aktivitas fisik secara rutin.

Baca Juga: Tubuh Kekurangan Vitamin dan Mineral? Waspadai 9+ Penyakit Ini!

5. Menjaga Kesehatan Kognitif

Menjaga Kesehatan Kognitif

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat vitamin K berikutnya, yaitu mampu menjaga kesehatan kognitif yang berpengaruh di masa mendatang. Kesehatan kognitif yang dimaksud adalah kemampuan untuk berpikir, belajar, dan mengingat dengan jelas. Fungsi seperti keterampilan motorik, respons emosional, dan respons sensorik menunjukkan ketahanan terhadap kerusakan neuropatologis.

Faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup semuanya dianggap mempengaruhi kognisi dan kesehatan. Ternyata peningkatan kadar vitamin K dalam darah telah dikaitkan dengan peningkatan memori episodik pada orang dewasa yang lebih tua.

Dalam sebuah penelitian yang dilansir dari Neurobiology of Aging, individu sehat di atas usia 70 tahun dengan kadar vitamin K1 dalam darah tertinggi memiliki kinerja memori episodik verbal tertinggi.

Itulah penjelasan tentang sumber vitamin K dalam makanan dan manfaat dari vitamin K yang bisa Moms dapatkan. Jadikan vitamin K sebagai sumber nutrisi sehari-hari, ya!

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23850343/
  • https://pediatrics.aappublications.org/content/112/1/191.full
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/219867#benefits
  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17901-cholestasis-of-pregnancy
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait