3-12 bulan

3-12 BULAN
25 Februari 2021

Anak Susah Makan, Coba Vitamin Penambah Nafsu Makan Bayi 13 Bulan

Bantu anak dengan konsumsi vitamin ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Adeline Wahyu


Bayi berusia 13 bulan atau lebih dari satu tahun, kerap mengalami perkembangan yang pesat.

Bayi 13 bulan mulai menunjukan perkembangan seorang bayi misalnya memberi respon, merangkak bahkan mulai berjalan, serta meraih barang didekatnya.

Aktifitas serta perkembangan bayi 13 bulan yang pesat ini, kerap membuat mereka menjadi susah makan atau tidak nafsu makan.

Namun, kurangnya nafsu makan memang dapat dipengaruhi banyak faktor dan tentu saja menyebabkan berat badan Si Kecil tidak bertambah.

Bayi baru lahir biasanya mendapatkan kembali berat lahirnya dalam 14 hari dan menggandakan berat lahirnya dalam 3-4 bulan ke depan.

Moms dapat mengharapkan bayi Moms untuk melipatgandakan berat badan lahirnya pada usia 1 tahun atau 13 bulan ke atas.

Dikutip dari Proeves banyak alasan jika Si Kecil tidak bertambah berat badannya sesuai dengan grafik pertumbuhan setelah usia satu tahun.

Nafsu makan yang buruk pada bayi dan balita juga bisa disebabkan oleh penyakit seperti demam, pilek, dan batuk.

Meskipun tubuh pulih dari demam atau dingin, proses pencernaan membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali ke jalur semula.

Hal ini mengakibatkan rasa tidak enak dan nafsu makan rendah pada Si Kecil termasuk mereka yang berusia 13 bulan.

Oleh karena itu, terkadang dibutuhkan tambahan suplemen seperti vitamin penambah nafsu makan pada bayi 13 bulan Moms.

Baca Juga: Fakta Seputar Minyak Ikan untuk Anak yang Harus Moms Tahu

Vitamin Penambah Nafsu Makan Bayi 13 Bulan

Perhatian utama setiap Moms adalah tentang penambahan berat badan dan nafsu makan yang baik dari bayi mereka.

Berikut ini ada vitamin penambah nafsu makan pada bayi 13 bulan yang bisa Moms coba.

1. Scott's Emulsion

vitamin penambah nafsu makan

Foto: guardians.my

Vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan yang pertama adalah Scott's Emulsion.

Vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan merek ini mengandung minyak hati ikan kod yaitu sumber alami yang kaya Vitamin A dan D bersama dengan kalsium dan sodium hipofosfit.

Berada dalam bentuk emulsi, vitamin A dan D dalam minyak ikan cod lebih mudah diserap.

Scott's Emulsion cocok untuk anak-anak di atas usia satu tahun dan untuk orang dewasa, sehingga bisa Moms jadikan pilihan dalam daftar vitaman penambah nafsu makan bayi 13 bulan Moms.

Scott's Emulsion original dibandrol dengan harga sekitar dari Rp.46.000 untuk ukuran 400ml.

Karena ini adalah salah satu vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan, maka vitamin ini memang diperuntukan bagi balita berusia 1 tahun hingga anak dewasa berusia 12 tahun.

Vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan merek ini bisa Moms berikan kepada Si Kecil dengan dosis 5 ml, sekali dalam sehari.

Lebih baik lagi, jika Moms melakukan konsultasi dengan dokter sebelum memasukannya dalam daftar vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan untuk Si Kecil.

2. Vidoran Smart Vitamin Strawberry Sirup

tingkatkan nafsu makan anak

Foto: Duniaamartvidoran

Vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan yang kedua adalah Vidoran Smart Vitamin Strawberry.

Tidak hanya menjadi vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan, Vidoran Smart Vitamin Strawberry juga membantu pertumbuhan dan proses serta kemampuan belajar anak.

Vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan dari Vidoran ini mengklaim memiliki keunggulan yang tidak kalah dengan vitamin lainnya.

Keunggulan Vidoran yaitu mengandung Omega 3, Vit. B kompleks dan Vit. C untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral serta membantu pertumbuhan dan kemampuan belajar pada anak.

Vidoran juga mengandung Omega 3 yang terdiri dari DHA dan EPA untuk membantu meningkatkan kemampuan belajar.

Vitamin B kompleks yang berperan dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak yang penting bagi perkembangan anak dan vitamin C berperan bagi daya tahan tubuh anak.

Bayi Moms yang berusia 13 bulan, bisa mengkonsumsi Vidoran Smart Vitamin Strawberry Sirup dengan dosis 5ml, satu kali dalam sehari.

Tergolong murah untuk vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan, Vidoran Smart Vitamin Strawberry hanya dibandrol dengan harga sekitar Rp 15.000 untuk botol 100 ml.

Baca Juga: Nafsu Makan Anak Berubah Tiba-Tiba, Mengapa?

3. Curcuma Plus Grow Emulsion

penambah nafsu makan anak

Foto: tokopedia.com

Vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan yang ketiga adalah multivitamin anak dari produk Curcuma Plus yang diklaim paling direkomendasikan dan disukai di Indonesia yaitu Curcuma Plus Grow Emulsion.

Curcuma Plus Grow Emulsion mengandung temulawak organik, minyak ikan, multivitamin & nutrisi untuk pertumbuhan bayi yang sehat.

Curcuma Plus Grow Emulsion diformulasikan khusus untuk meningkatkan nafsu makan serta mendapatkan nutrisi seimbang dan memenuhi asupan mutivitamin harian.

Selain itu, manfaat yang utama dari vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan ini tentu saja membantu bayi Moms makan lebih baik, lahap dan tumbuh tinggi.

Bayi Moms yang sudah genap berusia di atas 1 tahun, dapat mengkonsumsi Curcuma Plus Grow Emulsion dengan dosis satu sendok makan, sekali dalam sehari.

Vitamin penambah nafsu makan ini juga tidak terlalu mahal dan dibandrol harga sekitar Rp 30.000 untuk botol ukuran 200 ml.

4. Apialys Drop 10 Ml

nafsu makan anak bertambah

Foto: Lapi Laboratories

Salah satu produk Lapi Laboratories ini adalah suplemen atau vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan yang biasanya diberikan oleh dokter, yaitu Apialys Drop.

Namun, Apialys termasuk vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan yang dijual bebas dan dapat dibeli tanpa resep dokter.

Apialys Drop digunakan dengan dosis 0,6ml, sekali dalam sehari untuk meningkatkan nafsu makan dan stamina tubuh pada anak-anak yang dalam usia pertumbuhan.

Vitamin ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 50.000.

Apialys adalah vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan yang mengandung multivitamin dan mineral.

Suplemen ini digunakan sebagai tambahan nutrisi untuk bayi dan anak-anak, membantu mengoptimalkan tumbuh kembang, meningkatkan nafsu makan dan mempercepat proses penyembuhan saat sakit.

Baca Juga: 6 Khasiat Buah Avokad untuk Pertumbuhan Anak

5. Fitkom Platinum

Vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan

Foto: hdmall.id

Vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan yang selanjutnya adalah Fitkom Platinum.

Fitkom platinum rasa orange adalah suplemen yang digunakan untuk pertumbuhan, menambah nafsu makan dan kecerdasan Si Kecil.

Suplemen ini mengandung Choline, DHA , AA , EPA , L-Glutamic Acid , Folic Acid , Biotine , L-Lysine HCl , Vitamin B1 , Vitamin B2 , Vitamin B6 , Vitamin B12 , Vitamin A , Vitamin C , Vitamin D , Nicotinamide , D-Panthenol. Anak usia 1-6 tahun atau bayi Moms yang 13 bulan diminum satu kali, satu sendok teh per hari setelah makan.

Harga vitamin ini sekitar Rp43.000 untuk botol ukuran 200 ml.

6. Fitkom Gummy Multivitamin

multivitamin anak

Foto: tokopedia.com

Masih dari brand Fitkom, Vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan terakhir adalah Fitkom Gummy Multivitamin.

Fitkom Gummy ini dapat menjadi solusi, jika anak Moms tidak mau meminum suplemen atau vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan lainnya yang berbentuk sirup atau drops.

Fitkom Gummy Multivitamin adalah vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan yang berbentuk gummy dengan bentuk bintang laut yang lucu dan dengan rasa yang enak.

Walaupun bentuknya unik, tetapi Fitkom Gummy Multivitamin tetap mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6,  B12, C, dan E.

Fitkom mengklaim bahwa produknya dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak (multivitamin dan mineral) agar tumbuh sehat, aktif dan cerdas.

Selain kandungannya yang bermanfaat, kemasan Fitkom juga sangat disenangi karena bentuknya yang dapat menjadi mainan menarik dan begitupula harganya yang terjangkau yaitu Rp 16.000 untuk setiap box.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Vitamin C di Bawah 100 Ribu untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Makanan Untuk Membantu Menambah Berat Badan

pisang untuk si kecil.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selain mencoba vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan, Moms juga harus mencoba beberapa cara dan bahan makanan lain yang bisa menambah berat badan Si Kecil.

1. Pemberian ASI

Meskipun bukan bagian vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan, Moms tentu tahu bahwa sejak lahir hingga usia 6 bulan, bayi hanya membutuhkan ASI untuk menambah berat badan.

ASI adalah makanan super yang paling bergizi dan seimbang untuk bayi. ASI juga membantu meningkatkan kekebalan dan nafsu makan pada bayi.

2. Susu Full Cream

Susu full cream juga dapat membantu anak Moms untuk menambah berat badan.

Susu adalah sumber alami kalsium, protein, vitamin dan mineral esensial.  Moms harus memberikan setidaknya dua gelas susu per hari sebagai makanan anak usia satu tahun.

3. Pisang

Pisang kaya akan karbohidrat, kalium, serat makanan, Vitamin C dan B6, sehingga merupakan sumber energi alami yang sangat baik. Satu buah pisang menyediakan lebih dari 100 kalori.

Pisang bisa dikenalkan setelah usia enam bulan. Moms bisa membuat banana smoothie, shake, puding atau hanya pisang tumbuk untuk anak Moms yaNg berusia 13 bulan.

Pisang mudah diberi saat di rumah dan saat bepergian untuk snack Si Kecil.

Baca Juga: Ragam Manfaat dan Olahan Pisang untuk Bayi, Lezat dan Kaya akan Nutrisi

4. Ubi Jalar

Moms bisa memperkenalkan ubi jalar setelah enam bulan. Ubi jalar merupakan salah satu makanan paling bergizi karena kaya akan vitamin A (beta karoten), vitamin C, tembaga, mangan dan vitamin B6.

Makanan ini juga merupakan sumber potasium, magnesium, serat makanan, fosfor yang baik dan rendah lemak jenuh. Ubi jalar mudah dihaluskan dan dicerna dan juga sangat enak misalnya diolah menjadi donat.

5. Daging dan Telur Polos

Daging bisa menjadi pilihan yang baik untuk menambah berat badan, termasuk anak Moms yang berusia 13 bulan. Daging mengandung asam amino esensial, lemak, protein, besi, seng, dan selenium.

Daging merah dapat menjadi bentuk zat besi yang mudah diserap untuk bayi Moms.

Telur juga tinggi protein dan lemak jenuh, serta mengandung mineral dan vitamin A dan B12. Telur adalah pilihan yang sangat sehat untuk tumbuh kembang anak.

Telur adalah sumber kolin yang baik, yang membantu mengatur sistem saraf dan otak.

6. Keju

Keju dikemas dengan kalsium, protein, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, dan fosfor. Moms bisa mulai memberikan keju kepada bayi Moms mulai usia 8 bulan.

Keju adalah makanan ideal yang kaya kalori dan membantu menambah berat badan. Keju juga dapat diberikan jika anak Moms mengalami intoleransi terhadap produk susu karena sebagian besar protein susu diuraikan dalam keju sehingga dapat ditoleransi.

Jadi, itulah 6 vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan dan 6 pilihan makanan yang dapat membantu menambah berat badan bayi berusia 13 bulan.

Pastikan Moms berkonsultasi dengan dokter sebelum memilih dan memberikan salah satu dari 6 vitamin penambah nafsu makan bayi 13 bulan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait