Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




8 Vitamin Pra Kehamilan Terbaik Rekomendasi Dokter

Bagikan


Direktur Medis SGF, Dr. Eric Widra menyatakan bahwa kebutuhan nutrisi wanita sebelum pembuahan berbeda dari vitamin selama kehamilan. Dr. Widra merekomendasikan agar semua pasiennya mengonsumsi vitamin pra konsepsi yang tepat saat mencoba untuk hamil.

Menurut Dr. Widra, vitamin pra kehamilan dirancang untuk mempersiapkan tahapan kehamilan yang sehat. Seiring transisi wanita ke dalam tahap kehamilan, beberapa persyaratan akan berbeda. Karena itu penting untuk mulai konsumsi vitamin pra kehamilan segera setelah Moms mulai mencoba untuk hamil untuk meningkatkan kemungkinan memiliki bayi yang sehat.

Baca juga: Vitamin Apa Saja yang Bisa Membuat Cepat Hamil?

Vitamin rekomendasi dokter manakah yang terbaik?

Di bawah ini adalah vitamin rekomendasi dokter bagi semua wanita yang ingin hamil:

1. Vitamin B

Ada berbagai jenis vitamin B untuk dikonsumsi oleh Moms sebelum kehamilan.

- Thiamin (Vitamin B1): membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, membantu sistem saraf, fungsi jantung, dan otot berfungsi normal, serta sangat penting untuk perkembangan otak bayi kelak.

- Riboflavin (vitamin B2): membantu tubuh menghasilkan energi, meningkatkan pertumbuhan bayi dan mengembangkan penglihatan yang baik serta kulit yang sehat. Riboflavin juga penting untuk perkembangan saraf, tulang, dan otot bayi.

- Vitamin B6: membantu perkembangan bayi secara keseluruhan, dan membantu Moms mencerna protein, mengurangi mual dan morning sickness pada wanita hamil.

- Vitamin B12: membantu sintesis DNA dan segi neurologis pertumbuhan bayi, serta membantu membentuk pertumbuhan sel darah merah dalam tubuh.

2. Asam folat

Asam folat tidak hanya penting bagi pertumbuhan janin tetapi juga telah terbukti secara drastis mengurangi risiko cacat tabung saraf yang terjadi pada tahap awal kehamilan.

Sumber alami asam folat adalah sayuran berdaun hijau, jus jeruk, kacang-kacangan, dan buah sitrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali. Dokter merekomendasikan setidaknya mengonsumsi 400 mcg asam folat dalam sehari.

Baca juga: 9 Diet Sehat untuk Merencanakan Kehamilan

3. Kalsium

Suplemen kalsium membantu janin berkembang sekaligus membantu ibu menjaga kekuatan tulangnya sendiri. Kalsium juga terdapat pada sayuran berdaun hijau, telur, kacang kedelai, kacang-kacangan, dan ikan.

4. Zat besi

Zat besi adalah mineral penting lainnya yang terkandung dalam vitamin prenatal yang membantu ibu dan darah bayi untuk mengangkut oksigen. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan cacat lahir yang parah bagi bayi, selain komplikasi lainnya bagi ibu.

Karena kekurangan zat besi ini, anemia menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan juga komplikasi lainnya.

Baca juga: Benarkah Makan Kedelai Akan Meningkatkan Kesuburan?

5. Vitamin C

Vitamin C merupakan fondasi penting untuk pengembangan kolagen, yaitu protein struktural yang merupakan komponen tulang, tulang rawan, kulit, dan tendon.

Vitamin C juga membantu tubuh melawan infeksi, dan berfungsi sebagai antioksidan, sehingga mencegah kerusakan sel. Sumber vitamin C terdapat pada buah sitrus, buah beri, dan tomat.

6. Zinc

Zinc adalah mineral yang terdapat dalam kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, gandum, dan biji-bijian tertentu. Zinc dibutuhkan untuk pembelahan sel, serta pertumbuhan jaringan dan penting untuk perkembangan sel bayi dan DNA selama kehamilan.

7. Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk perkembangan tulang, karena juga membantu penyerapan kalsium. Kurangnya atau kekurangan konsumsi vitamin D dapat menyebabkan pertumbuhan tulang yang tidak normal, rakhitis untuk patah tulang pada bayi baru lahir. 

Baca juga: Benarkah Vitamin D Dapat Menambah Kesuburan?

8. Omega 3

Omega 3 adalah asam lemak tak jenuh yang bersifat anti inflamasi dan sangat penting untuk perkembangan otak. Omega 3 tidak selalu disertakan dalam vitamin prenatal, karena dokter mungkin menyarankan agar Moms mengonsumsi suplemen terpisah.

Baca juga: Makanan Sehat Kaya Omega 3 Untuk Ibu Hamil

Selalu konsultasikan dengan dokter untuk mendiskusikan kandungan vitamin pra kehamilan yang terbaik selama persiapan kehamilan.

Sudahkah Moms mengonsumsi vitamin pra kehamilan?

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.