Di atas 5 tahun

14 Mei 2021

15 Vitamin untuk Anak Usia 12 Tahun Ke Atas, Catat ya Moms!

Anak usia remaja membutuhkan vitamin agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms, sudah tahukah apa saja kebutuhan vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas?

Beberapa iklan makanan seperti sereal atau minuman olahraga yang biasa dikonsumsi anak remaja Moms mengklaim bahwa produk mereka dikemas dengan vitamin dan mineral, untuk meningkatkan energi.

Akan tetapi, apakah itu artinya vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas sudah tidak dibutuhkan lagi?

Saat anak memasuki usia remaja atau berumur sekitar 12 tahun ke atas, pemandangan yang mungkin akan Moms liat adalah bagaimana pola makan anak remaja yang cukup berantakan.

Makanan serta minuman ringan atau instan adalah apa yang mereka hadapi hampir setiap hari. Itu artinya, mineral dan vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas bagi anak Moms masih harus menjadi perhatian Moms secara khusus.

Dikutip dari British Nutrition Fondation, masa remaja adalah masa di mana pertumbuhan dan perkembangan pesat dengan kebutuhan gizi yang relatif tinggi. Namun faktanya, asupan asam lemak jenuh, garam, dan gula ekstrinsik non-susu (gula tambahan) pada remaja berada di atas level yang disarankan.

Perlu Moms ketahui bahwa sebagian remaja atau anak yang berumur 12 tahun dan di atasnya, memiliki asupan vitamin dan mineral yang rendah. Kondisi ini terjadi pada kebanyakan remaja perempuan dan terutama kekurangan vitamin A, zat besi, kalsium, seng, dan yodium.

Baca Juga: 12 Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak, Bisa Dicoba oleh Si Kecil!

15 Mineral dan Vitamin untuk Anak Usia 12 Tahun Ke Atas

Terdapat beberapa mineral dan vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas baik dalam bentuk produk ataupun bisa diperoleh dari makanan sehari-hari.

1. Vitamin A

Vitamin A

Foto: medgadget.com

Vitamin A adalah salah satu vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas ysng berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat, melindungi mata, menjaga kesehatan kulit, dan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel.

Sumber makanan termasuk susu, telur, sereal yang diperkaya, hati, persik, sayuran berdaun hijau tua, dan mangga.

2. Vitamin C

Dikutip dari EU Register Of Nutrition & Health Claim, vitamin C bermanfaat membentuk kolagen yang penting untuk membentuk tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah yang sehat.

Vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas ini juga membantu penyerapan zat besi dan kalsium, membantu penyembuhan luka, dan berkontribusi pada fungsi otak.

3. Vitamin D3

Vitamin D memperkuat tulang dengan membantu penyerapan kalsium. Vitamin ini biasanya diproduksi oleh tubuh saat terkena sinar matahari.

Sumber makanan penyedia vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas ini yaitu kuning telur, minyak ikan, susu yang diperkaya.

Baca Juga: 5+ Vitamin Anak yang Bagus untuk Nafsu Makan, Yuk Coba!

4. Vitamin E

Vitamin E

Foto: moogoo.my

Vitamin E sebagai vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas berfungsi untuk melindungi sel dari kerusakan dan menjaga kesehatan sel darah merah.

Sumber makanan untuk memperoleh vitamin E bisa didapat dari minyak sayur, sayuran berdaun, kacang-kacangan, alpukat, bibit gandum, dan biji-bijian.

5. Vitamin B12

Vitamin B12 membantu produksi sel darah merah dan penting untuk fungsi sel saraf. Sumber makanan penyedia vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas ini misalnya ikan, daging merah, unggas, keju susu, telur, dan sereal.

6. Vitamin B6

Vitamin B6 membantu fungsi otak dan saraf normal. Sumber makanan untuk vitamin ini yaitu kentang, bayam, pisang, kacang-kacangan, biji-bijian, daging merah, unggas, ikan, telur, dan sereal.

Baca Juga: Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak, Perlukah?

7. Thiamin (B1)

Vitamin B1

Foto: livescience.com

Vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas bernama Thiamin (B1) ini mengubah karbohidrat menjadi energi dan membantu jantung dan sistem saraf berfungsi dengan baik.

Sumber makanan dari vitamin ini termasuk roti, sereal, pasta, daging, ikan, makanan kedelai, kacang kering, kacang polong, dan biji-bijian (bibit gandum).

8. Niacin (B3)

Niacin merupakan vitamin yang mengubah makanan menjadi energi, membantu fungsi saraf, dan memastikan kesehatan kulit. Sumber makanan dari vitamin ini yaitu daging merah, unggas, ikan, sereal panas dan dingin, serta kacang-kacangan.

9. Riboflavin (B2)

Riboflavin adalah bagian dari mineral dan vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas yang penting untuk penglihatan yang baik, produksi energi, serta produksi sel darah merah.

Sumber makanan vitamin ini termasuk daging, telur, polong-polongan, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, serta sereal.

10. Folat (B9)

Folat juga menjadi bagian mineral dan vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas yang penting untuk produksi DNA dan penting untuk produksi sel darah merah.

Sumber makanan yang bisa menyajikan folat adalah hati, kacang kering, polong-polongan, sayuran berdaun hijau, roti yang diperkaya, nasi, dan pasta.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Mengonsumsi Multivitamin Anak?

11. Kalsium & Vitamin D3

kalsium

Foto: idbrelief.com

Kalsium juga salah satu vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas yang penting untuk tulang dan gigi yang kuat.

Waktu untuk membangun tulang yang kuat adalah selama masa kanak-kanak dan masa remaja, jadi sangat penting untuk mendapatkan vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas berupa kalsium untuk melawan pengeroposan tulang di kemudian hari.

Tulang yang lemah rentan terhadap kondisi yang disebut osteoporosis, sehingga menyebabkan tulang mudah patah.

Sumber makanan termasuk susu, yoghurt, keju, sayuran berdaun hijau tua, makanan yang diperkaya, susu kedelai, dan jus jeruk bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kalsium.

12. Magnesium

Magnesium membantu fungsi otot dan saraf, memantapkan ritme jantung, menjaga tulang tetap kuat, membantu tubuh menciptakan energi, dan membuat protein.

Sumber makanan penyedia vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas ini misalnya biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran berdaun, kentang, kacang-kacangan, susu, alpukat, pisang, dan coklat.

Baca Juga: 6 Manfaat Magnesium untuk Ibu Hamil, Bumil Wajib Tahu!

13. Kalium

kalium

Foto: parenting.firstcry.com

Salah satu mineral dan vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas yang banyak dilupakan adalah kalium yang berfungsi membantu fungsi otot dan sistem saraf serta membantu tubuh menjaga keseimbangan air dalam darah dan jaringan tubuh.

Sumber makanan untuk vitamin ini yaitu kentang (dengan kulitnya), brokoli, jeruk, dan buah-buahan kering.

14. Zink

Mineral dan vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas yang tidak kalah penting dengan vitamin lainnya yaitu Zink. Zink penting untuk pertumbuhan normal, kekebalan yang kuat, dan penyembuhan luka.

Moms bisa mendapatkan Zink dari daging merah, unggas, makanan laut, kacang kering, kacang-kacangan, susu, produk susu, biji-bijian, dan sereal.

15. Zat Besi

Zat besi penting untuk mengantarkan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi adalah bagian vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas yang memiliki manfaat melawan anemia. Gejala anemia defisiensi besi termasuk kelemahan dan kelelahan, pusing, dan sesak napas.

Baca Juga: Yuk, Berikan 9 Makanan Kaya Zat Besi Ini untuk Anak

Cara Memperoleh Mineral dan Vitamin untuk Anak 12 Tahun Ke Atas

vitamin dan mineral

Foto: unlockfood.ca

Mineral serta vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas juga sangat berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung pertumbuhan dan perkembangan normal, serta membantu sel dan organ melakukan tugasnya.

Misalnya, seorang mungkin pernah mendengar bahwa wortel baik untuk kesehatan mata.

Wortel penuh dengan zat yang disebut karotenoid yang diubah tubuh menjadi vitamin A, yang membantu mencegah masalah mata.

Vitamin lain seperti vitamin K, membantu darah menggumpal sehingga pendarahan luka dan goresan pendarahan dapat berhenti dengan cepat.

Selain itu, terdapat beberapa manfaat mineral serta vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas yang dikonsumsi, yaitu sebagai 'bahan bakar' untuk pertumbuhan.

Anak remaja terus mengalami banyak perubahan fisik, termasuk pertumbuhan dan pubertas. Makan dengan benar selama masa ini sangat penting karena tubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral untuk tumbuh, berkembang, dan tetap sehat.

Makan berbagai makanan adalah cara terbaik untuk mendapatkan semua mineral dan vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas yang memang dibutuhkan setiap hari, serta keseimbangan yang tepat antara karbohidrat, protein, lemak, dan kalori.

Makanan utuh atau tidak diolah seperti buah dan sayuran segar, biji-bijian, produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, ikan, dan unggas adalah pilihan terbaik untuk menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Tidak apa-apa untuk makan makanan seperti keripik kentang dan cookies sesekali, tetapi ingat untuk tidak berlebihan mengonsumsi makanan berkalori tinggi seperti ini.

Bagaimanapun, makanan instan dan berkalori tinggi ini hanya menawarkan sedikit nutrisi dari mineral dan vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas.

Untuk memilih makanan sehat, periksa label makanan dan pilih item yang tinggi mineral serta vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas.

Misalnya jika Moms memilih minuman, maka Moms akan menemukan bahwa segelas susu adalah sumber vitamin D yang baik dengan mineral atau kalsium, fosfor, dan kalium. l

Sebaliknya, segelas soda tentu saja tidak mengandung atau memiliki berbagai mineral dan vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas.

Jika anak Moms ingin tetap memuaskan selera tanpa mengorbankan nutrisi saat makan di luar, maka pizza dan sandwich dengan potongan daging tanpa lemak, salad segar, dan kentang panggang bisa menjadi beberapa pilihan yang lezat dan bergizi karena cukup dilengkapi vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas.

Jika keluarga atau anak Moms seorang vegetarian, maka Moms harus merencanakan dengan cermat diet yang menawarkan mineral serta vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas yang terutama ditemukan dalam daging.

Sumber terbaik untuk mineral, zink dan zat besi adalah daging, ikan, dan unggas.  Namun, seng dan zat besi bisa didapatkan dari kacang-kacangan kering, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau seperti kangkung.

Vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas berupa vitamim B12 yang manfaatnya untuk pembuatan sel darah merah, tidak ditemukan dalam makanan nabati.

Jika keluarga Moms tidak makan daging, maka mereka dapat menemukan vitamin B12 dalam telur, susu serta olahannya, dan sereal. Vegan atau vegetarian yang sama sekali tidak makan produk hewani termasuk produk susu, mungkin perlu mengonsumsi suplemen vitamin.

Selain itu, jika Moms arau keluarga Moms berpikir untuk menjadi vegetarian, bicarakan dengan dokter atau ahli diet Anda tentang bagaimana merencanakan diet yang sehat dan seimbang.

Bagaimanapun, kebutuhan mineral serta vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas tetap harus dipenuhi dengan pilihan makanan apapun yang dikonsumsi.

Itulah 15 mineral dan vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas beserta manfaat dan cara mengkonsumsinya. Perlu diingat bahwa banyak remaja bertanya-tanya apakah mereka harus mengonsumsi suplemen vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas.

Jika pola makan mereka mencakup berbagai jenis makanan, termasuk produk biji-bijian, buah-buahan dan sayuran segar, produk susu, kacang-kacangan, biji-bijian, telur, dan daging, maka mereka mungkin sudah mendapatkan mineral dan vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas yang dibutuhkan tubuhnya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait