Bayi

BAYI
31 Agustus 2020

5 Vitamin untuk Bayi 8 Bulan yang Bisa Moms Berikan Kepada Buah Hati

Cukupkan gizi Si Kecil dengan tambahan vitamin untuk bayi 8 bulan berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Dina Vionetta

Vitamin adalah zat yang diperlukan agar pertumbuhan dan kinerja tubuh dapat optimal. Vitamin juga berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh manusia dengan membangun dan memperkuat sistem imun, terutama pada anak-anak.

Karena tubuh tidak dapat memproduksi vitamin sendiri, vitamin masuk ke dalam tubuh dari luar seperti makanan dan suplemen. Bagi Si Kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan dan bergantung pada Moms, apakah vitamin yang diterima Si Kecil sehari-hari sudah cukup atau masih perlu tambahan?

5 Jenis Vitamin untuk Bayi 8 Bulan

Jika Moms menyusui Si Kecil dengan ASI eksklusif, dokter mungkin akan menyarankan Moms memberikan tambahan vitamin dari suplemen atau makanan pendamping ASI yang dapat mulai diperkenalkan sejak usia 4-6 bulan. Apa saja vitamin untuk bayi 8 bulan yang bisa Moms berikan setiap harinya?

1. Vitamin A

jenis Vitamin untuk Bayi 8 Bulan vitamin a.jpg

Foto: freepik.com

Salah satu kebutuhan vitamin untuk bayi 8 bulan yang tidak boleh terlewatkan adalah vitamin A, yang berperan untuk membangun sistem imun serta perkembangan indera penglihatan. Makanan sumber vitamin A cukup mudah didapat dari ikan yang berlemak seperti salmon, wortel, labu, ubi, mangga, pepaya, bayam, atau kale.

Vitamin A termasuk vitamin yang dapat disimpan oleh tubuh di dalam liver, sehingga program pemberian vitamin A oleh Puskesmas atau dokter anak biasanya langsung memberikan dosis yang besar sebagai cadangan untuk beberapa bulan.

Baca Juga: Bayi Gemuk Ciri Bayi Sehat, Mitos atau Fakta?

2. Vitamin C

jenis Vitamin untuk Bayi 8 Bulan vitamin c.jpg

Foto: freepik.com

Kebutuhan vitamin untuk bayi 8 bulan lainnya adalah vitamin C, yang berperan untuk menyerap zat besi, menjaga imun tetap sehat, memproduksi kolagen, dan sebagai antioksidan. Bayi 8 bulan membutuhkan sekitar 50 mg vitamin C setiap harinya.

Si Kecil bisa mendapatkan vitamin C dari ASI, ataupun makanan seperti stroberi, kiwi, jeruk, brokoli, atau pepaya. Jika Moms ingin menyalurkan vitamin C lewat ASI, Moms bisa mengonsumsi 120 mg vitamin C setiap hari agar mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil.

3. Vitamin D

jenis Vitamin untuk Bayi 8 Bulan vitamin d.jpg

Foto: freepik.com

Dalam artikel penelitian Vitamin D supplementation, dipaparkan bahwa kekurangan vitamin D adalah kondisi umum pada wanita hamil. Suplementasi vitamin D untuk ibu hamil dan saat laktasi yang kurang dari 1000 IU/hari dianggap kurang memadai untuk menjaga level yang optimal bagi ibu dan bayinya.

Level vitamin D yang rendah dalam ASI dan dampaknya terhadap bayi yang disusui dapat diatasi dengan suplementasi ibu ketika hamil dengan dosis besar atau dengan suplementasi bayi dengan dosis 400 IU setiap hari.

Jika Moms ingin memberikan asupan vitamin D lewat makanan untuk Si Kecil, Moms bisa mencoba memberikan telur dan ikan yang berlemak seperti salmon.

Kulit manusia memang bisa memproses sinar matahari menjadi vitamin D bagi tubuh, namun jumlahnya tidak mencukupi, selain itu mempertimbangkan akibat buruk berjemur terlalu lama bagi kulit anak, Moms bisa memilih suplemen vitamin D untuk mencukupi kebutuhan Si Kecil.

Baca Juga: Pentingnya Mengonsumsi Vitamin D Bagi Kesehatan

4. Vitamin B Kompleks

jenis Vitamin untuk Bayi 8 Bulan vitamin b kompleks.jpg

Foto: freepik.com

Vitamin B kompleks terdiri dari 8 vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Masing-masing memiliki fungsi dan perannya sendiri. Secara umum, vitamin B kompleks berperan vital untuk menjaga kesehatan dan kinerja tubuh manusia. Vitamin B kompleks juga berdampak langsung terhadap energi, fungsi otak, dan metabolisme sel.

Jika makan-makanan yang seimbang dan sehat, Moms dan Si Kecil seharusnya tidak perlu khawatir kekurangan vitamin B kompleks. Makanan yang mengandung vitamin B kompleks yaitu telur, daging unggas dan daging merah, ikan yang berlemak, bayam, alpukat, kentang, kacang-kacangan, pisang, semangka, dan masih banyak lagi.

5. Zat Besi

jenis Vitamin untuk Bayi 8 Bulan zat besi

Foto: freepik.com

Mineral ini merupakan salah satu yang sering ditemukan kurang jumlahnya dalam tubuh anak-anak. Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan anemia atau kekurangan darah.

Dalam artikel Iron and the Breastfed Infant, ketika lahir full-term atau tepat waktu (38-40 minggu), bayi yang sehat memiliki cadangan zat besi sekitar 75 mg/kg berat badan mereka, proporsional dengan volume darah dan konsentrasi Hb.

American Academy of Pediatrics menyarankan bayi yang menerima ASI eksklusif mendapatkan 1 mg/kg asupan zat besi mulai dari umur 4 bulan.

Bayi yang baru lahir memiliki cukup cadangan zat besi hingga berumur 4-6 bulan. Setelah 4 bulan, bayi mendapatkan zat besi dari makanan pendamping, ASI, atau suplemen. Sumber zat besi bisa Moms dapatkan dari tahu, sayuran berdaun hijau gelap, daging merah dan unggas, ikan yang berlemak, telur, dan sereal khusus bayi yang sudah diberi tambahan vitamin dan mineral.

5 Merek Vitamin untuk Bayi 8 Bulan

Ketika Moms merasa Si Kecil kekurangan asupan vitamin, Moms dapat memberikan suplemen multivitamin yang biasanya dijual bebas dalam bentuk cair.

Cara memakainya pun praktis, Moms bisa meneteskan langsung ke mulut Si Kecil atau mencampurnya dengan makanan atau minuman. Namun, sebelum memberikan Si Kecil vitamin tambahan, Moms sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter agar mendapatkan rekomendasi yang lebih tepat dan diagnosis yang akurat.

1. Apialys Drop - Rp45.000

merek Vitamin untuk Bayi 8 Bulan apialys.jpg

Foto: lapilaboratories.com

Apialys Drop cukup populer sebagai merk vitamin untuk bayi 8 bulan yang lengkap dan harganya terjangkau. Selain melengkapi kebutuhan vitamin Si Kecil, Apialys Drop juga mengklaim dapat menambah nafsu makan dan mempercepat proses penyembuhan saat sakit. Mengandung vitamin A, B kompleks, C, dan D, serta nicotinamide, lysine, dan pantothenol.

Baca Juga: 3 Tips Mengatasi Berkurangnya Nafsu Makan Bayi Saat Sakit

2. Zamel Drop - Rp40.000

merek Vitamin untuk Bayi 8 Bulan zamel drop.png

Foto: novellpharm.com

Dengan tambahan zinc, merek vitamin untuk bayi 8 bulan Zamel Drop juga dapat menjadi pilihan dengan harga yang juga tidak terlalu mahal. Terdapat vitamin A, B kompleks, C, D, E, pantothenic acid, nicotinamide, dan biotin di setiap tetesnya.

3. Bexce Plus Drop - Rp46.000

merek Vitamin untuk Bayi 8 Bulan bexce.jpg

Foto: tokopedia.com

Multivitamin yang mengandung vitamin A, B kompleks, C, D, E, nicotinamide, serta panthenol. Dosisnya 0,5 ml sehari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin Si Kecil, terutama jika Si Kecil mengalami defisiensi vitamin B kompleks dan C.

4. Solvita Baby Drops - Rp20.000

merek Vitamin untuk Bayi 8 Bulan solvita.jpg

Foto: halodoc.com

Merek vitamin untuk bayi 8 bulan ini mengandung multivitamin, mineral, asam amino esensial, dan suplemen asam lemak yang memberikan nutrisi pada sel dan mendukung pertumbuhan gigi pada bayi. Dengan dosis 0,2 ml per hari, Si Kecil akan mendapatkan vitamin A, B kompleks, C, D, nicotinamide, panthenol, lysine, fluoride, DHA, omega-3, dan omega-6.

Baca Juga: 5 Langkah Merawat Gusi dan Gigi Bayi

5. Sangobion Baby Drops - Rp35.000

merek Vitamin untuk Bayi 8 Bulan sangobion.jpg

Foto: halodoc.com

Merek Sangobion telah dikenal sebagai suplemen pencegah anemia di kalangan masyarakat. Sangobion Baby Drops dibuat khusus sebagai merk vitamin untuk bayi 8 bulan tidak kekurangan zat besi dan asam folat sebagai pencegah anemia.

Memastikan Si Kecil tumbuh dengan sehat dan tanpa kekurangan gizi memang tidak mudah ya, Moms. Mencegah memang lebih baik daripada mengobati, maka tidak ada salahnya Moms berkonsultasi dengan dokter anak apabila merasa Si Kecil menunjukkan tanda-tanda kekurangan vitamin. Semoga Moms sekeluarga sehat selalu!

Artikel Terkait