Home & Living

28 Juli 2021

Bukan Teflon, Ini 3 Pilihan Wajan Anti Lengket yang Aman Digunakan!

Pilih wajan anti lengket yang aman agar terbebas dari bahan kimia berbahaya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Penggunaan wajan anti lengket atau teflon banyak disukai, karena lebih praktis untuk memasak makanan anak sehari-hari. Namun ternyata, Moms harus teliti dalam memilih wajan anti lengket yang aman.

Sebab, belakangan diketahui bahwa zat kimia bernama perfluorooctonoic acid (PFOA) dan polimer sintetis polytetrafluoroetheylene (PTFE) yang memberikan efek anti lengket di wajan ternyata berbahaya bagi tubuh.

PFOA telah lama diketahui sebagai bahan karsinogenik, pengganggu hormon, dan racun reproduksi, yang saat digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi akan mulai pecah dan masuk ke dalam makanan dan akhirnya ke dalam tubuh.

Uap dari teflon saat digunakan untuk memasak dengan suhu medium hingga tinggi juga cukup beracun, sehingga bisa membunuh burung yang ada di sekitar atau menimbulkan gejala mirip flu pada manusia.

Bahkan, sebuah studi yang dilakukan oleh Environmental Health Perspectives juga menemukan hubungan erat antara PFOA dengan peningkatkan resiko penyakit tiroid.

Baca Juga: 4 Alat Masak Jadul Ini Masih Jadi Andalan

Memahami Label dari Peralatan Masak

Sebelum membahas rekomendasi wajan anti lengket yang aman, ada baiknya Moms untuk mengetahui lebih dulu tentang istilah umum yang terkait dengan peralatan masak anti lengket, karena mungkin sulit untuk memisahkan klaim dari sebuah produk.

Moms mungkin sering melihat klaim yang menunjukkan ‘bebas PTFE’, ‘bebas PFOA’, dan ‘dibuat tanpa PFOA’. Kenyataannya, banyak istilah yang digunakan untuk menyiratkan bahwa produk peralatan masak tersebut aman. Beberapa istilah tersebut yakni:

  • PFAS: Ini adalah kelas bahan kimia buatan (berjumlah ribuan) yang mencakup PFOA, PFOS, GenX,. Baik PFOA (bertahap) dan Gen X (saat ini digunakan), telah digunakan untuk memproduksi lapisan antilengket PTFE yang biasa digunakan pada peralatan masak.
  • PFOA: Juga dikenal sebagai C8, ini adalah jenis bahan kimia PFAS yang diproduksi dan digunakan dalam produk yang tahan panas, minyak, noda, lemak, air, karpet, kain, dan peralatan masak anti lengket berbasis PTFE yang tahan noda. Setelah beberapa dekade digunakan di AS, produsen bahan kimia seperti Dupont dan 3M menghapus PFOA secara bertahap karena masalah kesehatan masyarakat.
  • Gen X: Juga bagian dari kelas PFAS bahan kimia sintetis, Gen X adalah nama dagang yang digunakan untuk membuat lapisan antilengket PTFE dan merupakan pengganti langsung untuk PFOA. Menurut rancangan laporan toksisitas oleh Environmental Protection Agency (EPA) , orang berpotensi terpapar GenX melalui air minum, menghirup udara, dan mengonsumsi makanan yang dibungkus dengan produk yang mengandung PFAS. Data yang muncul dari penelitian pada hewan menunjukkan efek kesehatan pada ginjal, darah, sistem kekebalan, perkembangan janin, dan terutama pada hati setelah paparan oral. Data juga menunjukkan potensi kanker.
  • PTFE: Awalnya ditemukan pada tahun 1938 oleh DuPont, "PTFE" paling dikenal sebagai Teflon (nama merek Dupont). Sementara pelapis PTFE dalam peralatan masak umumnya aman jika digunakan sebagaimana dimaksud, panci PTFE yang terlalu panas dapat menyebabkan pelepasan gas yang dapat menyebabkan gejala seperti flu yang disebut demam asap polimer, dikutip BMJ Case Report. Asap ini cukup kuat untuk membuat manusia dirawat di rumah sakit dan membunuh burung peliharaan.

Jika ada satu saja dari istilah di atas yang berkaitan dengan peralatan masak yang aman, itu untuk menghindari PTFE dan PFAS sama sekali.

Karena ternyata, ada banyakk merek yang mengganti nama pelapis PTFE mereka dengan nama merek mewah saat menggunakan label ‘bebas PFOA’. Kami tahu sekarang bahwa PFOA telah dihapus selama bertahun-tahun, jadi kami menganggap label ini sebagai minimum.

Baca Juga: Jangan sampai Salah ya Moms, Ini 5 Jenis Minyak untuk Memasak dan Kegunaannya

Alternatif Wajan Anti Lengket yang Aman

Nah, kali ini kami akan berbagi alternatif wajan anti lengket yang aman dan bisa Moms pilih untuk memasak makanan anak dengan lebih tenang.

1. Wajan Keramik

3 Alternatif Wajan Anti Lengket Yang Aman Untuk Memasak Makanan Anak 1.jpg

Foto: thekitchenwitches.com

Jika Moms perhatikan, wajan anti lengket keramik belakangan semakin banyak digemari dan digunakan untuk memasak makanan anak.

Wajan ini tidak sepenuhnya terbuat dari keramik, tetapi bidang memasaknya diberikan beberapa lapisan keramik dengan pemanasan khusus sehingga anti lengket dan tetap bebas dari PTFE dan PFOA.

Namun, lapisan anti lengket di wajan keramik biasanya hanya bertahan selama 3-5 tahun, karena tidak terlalu tahan panas tinggi, relatif mudah tergores, dan sisa bahan makanan yang lama-kelamaan menumpuk.

2. Wajan Cast Iron

3 Alternatif Wajan Anti Lengket Yang Aman Untuk Memasak Makanan Anak 2.jpg

Foto: eatthis.com

Wajan cast iron terbuat dari paduan besi-karbon dengan kandungan karbon kurang dari 2%, yang secara alami anti karat dan menjadi anti lengket setelah bidang memasak terlumuri oleh sedikit minyak atau mentega panas.

Kelebihan lain dari wajan cast iron adalah kemampuan retensi panas dan penyebaran panasnya yang sangat baik, sehingga aman digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi dalam durasi lama.

Wajan cast iron sebenarnya juga cukup awet dan bisa digunakan selama berpuluh tahun jika dirawat dengan benar, tapi sebaiknya pilih yang bergagang kayu supaya lebih nyaman digunakan.

Sebaiknya Moms pilih wajan cast iron tradisional tanpa lapisan enamel, karena penambahan lapisan enamel membuat kualitasnya lebih rapuh dan tidak lagi anti lengket.

Baca Juga: Ingin Merasakan Sensasi Memasak Pakai Claypot? Coba Yuk

3. Wajan Stainless Steel

3 Alternatif Wajan Anti Lengket Yang Aman Untuk Memasak Makanan Anak 3.jpg

Foto: cristelusa.com

Ya, wajan berbahan baja anti karat alias stainless steel memang tidak memiliki kualitas anti lengket sebaik keramik maupun cast iron.

Namun, penggunaannya tetap lebih aman tanpa zat kimia berbahaya, mudah dibersihkan tanpa mengeluarkan terlalu banyak tenaga, dan relatif tahan lama yang membuatnya masuk dalam rekomendasi wajan anti lengket yang aman.

Seperti dikutip dari The Kitchen Witches, trik untuk mencegah makanan menempel di wajan anti lengket adalah dengan memanaskan wajan sebentar sebelum menambahkan minyak, kemudian tunggu sampai minyak goreng benar-benar panas sebelum memasukkan bahan makanan.

Meski terlihat sepele, penggunaan wajan anti lengket yang tepat bisa melindungi kesehatan anak dalam jangka panjang. Jadi sebaiknya mulai beralih ke yang lebih aman ya, Moms.

Bagimana dengan Moms, sudahkah menggunakan salah satu alternatif wajan anti lengket yang aman di atas?

  • https://www.epa.gov/sites/production/files/2018-11/documents/factsheet_pfbs-genx-toxicity_values_11.14.2018.pdf
  • https://www.organicauthority.com/organic-food-recipes/non-toxic-cookware-brands-to-keep-chemicals-out-of-your-food
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4544973/#:%7e:text=Polymer%20fume%20fever%20is%20a,shivering%2C%20sore%20throat%20and%20weakness.
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait