Kesehatan Umum

6 September 2021

Waktu Terbaik untuk Olahraga: Pagi, Sore, atau Malam Hari?

Sebenarnya, kapan waktu terbaik untuk berolahraga sih Moms? Yuk simak di sini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Nydia
Disunting oleh Karla Farhana

Kapan waktu terbaik untuk olahraga?

Ibarat pepatah yang mengatakan bahwa ada banyak jalan menuju Roma, ada beragam cara pula untuk bisa hidup sehat. Salah satunya adalah dengan rutin berolahraga.

Namun, Moms mungkin bertanya-tanya, kapan sih sebenarnya waktu terbaik untuk olahraga? Apakah pagi? Sore? Atau malam hari?

Bila Moms ingin olahraga yang dilakukan efektif dan memberi hasil yang baik, ada faktor penting yang perlu diketahui. Salah satunya adalah alarm yang dimiliki otot tubuh.

Alarm tersebut bisa membantu menentukan kapan harus olahraga dan kapan harus istirahat atau berhenti. Yuk simak pembahasannya!

Kapan Waktu Terbaik untuk Olahraga?

Tubuh manusia terancang bagai sebuah sistem raksasa, di mana setiap sel di dalamnya memiliki jam atau jadwal tersendiri untuk melakukan tugasnya.

Jam alami tubuh ini disebut dengan istilah ritme sirkadian.

Baca juga: 8 Olahraga Tangan di Rumah dan Manfaatnya

Fungsi utamanya adalah untuk mengatur waktu tubuh, kapan harus tidur, bangun, makan, atau melakukan banyak fungsi lainnya, dalam waktu 24 jam.

Otot-otot tubuh yang Moms gunakan untuk olahraga atau melakukan berbagai aktivitas juga memiliki ritme sirkadian.

Studi yang dipublikasikan di Exercise and Sport Sciences Reviews menyatakan bahwa ritme sirkadian yang dimiliki otot-otot tubuh dapat membuat gerakan yang dihasilkan lebih efektif.

Itulah sebabnya, menentukan waktu terbaik untuk olahraga bisa dilakukan untuk mengetahui jam alami otot tubuh.

Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang menyatakan kapan waktu terbaik untuk olahraga. Sebab, setiap orang memiliki rutinitas yang berbeda-beda.

Misalnya, orang yang tidak terbiasa bangun pagi tentu sulit untuk bisa berolahraga di pagi hari. Jadi, olahraga di sore atau malam hari bisa jadi pilihan terbaik.

Mengutip laman American Heart Association, alih-alih terpaku pada pemilihan waktu, konsistensi dalam berolahraga rutin setiap harinya adalah kunci untuk mendapatkan manfaat terbaik.

Jadi, temukanlah waktu yang paling nyaman untuk Moms berolahraga dan jadikan itu sebagai bagian dari rutinitas harian.

Baik itu pagi, siang, sore, atau malam hari, olahraga dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan.

Namun, pemilihan waktu juga bisa memengaruhi manfaat yang didapat. Olahraga yang dilakukan di pagi hari bisa saja memberi efek berbeda, dengan bila dilakukan di malam hari.

Baca juga: 7 Olahraga Saat Haid yang Dianjurkan Plus Dampaknya Jika Berlebihan

Manfaat Olahraga Pagi

waktu terbaik untuk olahraga

Foto: pexels.com/@olly

Moms yang terbiasa bangun lebih awal bisa coba untuk melakukan olahraga di pagi hari. Menurut studi yang diterbitkan di The Journal of Physiology, membahas manfaat dari olahraga pagi bagi tubuh.

Penelitian ini menemukan bahwa olahraga yang dilakukan pada pukul 7 pagi dapat membantu memulai aktivitas lebih awal di hari berikutnya.

Artinya, Moms bisa merasa lebih segar selama satu hari penuh dan bisa berolahraga lebih cepat setelah bangun tidur keesokan harinya. Hal ini jika dibandingkan dengan olahraga pada sore atau malam hari.

Bila Moms juga ingin menurunkan berat badan, pagi hari sebelum sarapan adalah waktu terbaik untuk olahraga, karena membakar lemak 20 persen lebih banyak.

Namun, bila khawatir sakit perut atau terlalu lelah, Moms bisa mengisi perut terlebih dahulu 2 jam sebelum mulai olahraga.

Manfaat Olahraga Siang

waktu terbaik untuk olahraga

Foto: freepik.com

Sebuah penelitian pada tikus yang dipublikasikan di jurnal Cell Metabolism, mencoba mengetahui apakah otot memiliki ritme sirkadian untuk melakukan aktivitas.

Dari percobaan ini, karena merupakan hewan nokturnal, tikus lebih aktif berlari di atas mainan yang berputar ketika melakukannya pada malam hari.

Hasil percobaan tersebut membuat para peneliti menyimpulkan bahwa gen memiliki hubungan dalam mengatur ritme sirkadian tikus agar bekerja sangat efektif di malam hari.

Nah, karena manusia lebih aktif di siang hari, peneliti meyakini bahwa ritme sirkadian otot manusia lebih aktif di siang hari, sehingga olahraga lebih efektif dilakukan di siang hari.

Bila Moms ingin memilih siang hari sebagai waktu terbaik untuk olahraga, sebaiknya lakukan pada pukul 14.00 hingga 18.00.

Alasannya, di rentang waktu tersebut, tubuh berada di titik tertinggi untuk bisa mengoptimalkan fungsi dan kekuatan otot, serta daya tahan selama berolahraga.

Baca juga: Makan Sebelum Olahraga vs Setelah Olahraga, Lebih Baik Mana?

Manfaat Olahraga Sore dan Malam Hari

waktu terbaik untuk olahraga

Foto: pixabay.com/ghcassel

Seperti dijelaskan tadi, sah-sah saja bila Moms ingin berolahraga di sore atau malam hari, bila memiliki rutinitas padat di pagi hingga siang. Bagaimana manfaatnya?

Tentunya, ada. Menurut survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa 76-83% orang yang berolahraga di malam hari mengalami peningkatan kualitas tidur, dibanding yang tidak olahraga sama sekali.

Pada rentang waktu sore hingga malam hari, tubuh juga memiliki waktu reaksi paling cepat.

Jadi, Moms bisa coba melakukan latihan HIIT (high-intensity interval training), berjalan cepat, jogging, atau jenis olahraga lain yang bisa meningkatkan detak jantung yang cenderung menurun pada sore hingga malam hari.

Itulah pembahasan mengenai waktu terbaik untuk olahraga dan manfaat yang bisa didapat dari setiap waktu yang dipilih.

Dapat diketahui bahwa olahraga yang efektif dan bermanfaat tak hanya terpaku pada masalah pemilihan waktu saja.

Hal terpenting yang perlu Moms ingat adalah menjadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitas harian, secara konsisten.

Dengan begitu, Moms bisa mendapatkan manfaat dari olahraga bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Setidaknya, lakukan olahraga 150 menit setiap minggunya, ya.

Selain olahraga, tak kalah penting juga untuk menjaga asupan makanan yang bergizi seimbang, dan menjauhi kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol.

Bila Moms memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu, agar Moms bisa mengetahui waktu dan jenis olahraga yang aman dilakukan sesuai kondisi tubuh.

https://journals.lww.com/acsm-essr/Fulltext/2013/10000/Circadian_Rhythms,_Skeletal_Muscle_Molecular.7.aspx

https://doi.org/10.1016/j.cmet.2016.09.010

https://physoc.onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1113/JP276943

https://www.heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/when-is-the-best-time-of-day-to-work-out

https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/best-time-to-workout

https://www.self.com/story/the-pros-and-cons-of-exercisin

https://www.sleepfoundation.org/physical-activity/exercise-and-sleep

https://www.heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/aha-recs-for-physical-activity-in-adults

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait