Kesehatan Umum

13 Desember 2020

Walau Berbau Kurang Sedap, Ini 11+ Manfaat Belerang

Sering disebut di pemandian air panas, sebetulnya apa saja manfaat belerang?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Meskipun memiliki bau yang kurang sedap, namun manfaat belerang atau sulfur di dunia kesehatan dan kecantikan tidak perlu diragukan lagi. Selain terkenal untuk menyembuhkan jerawat, belerang juga memiliki berbagai manfaat untuk kulit yang mungkin Moms belum ketahui.

Manfaat Belerang

Secara sederhana, belerang adalah unsur alami yang merupakan komponen esensial bagi semua kehidupan. Jumlah belerang sangatlah melimpah dan terdapat di seluruh alam semesta, tetapi jarang ditemukan dalam bentuk murni dan tidak tergabung di permukaan bumi.

Belerang juga ditemukan di bebatuan dan merupakan mineral yang penting untuk pertumbuhan tanaman. Bahkan tubuh kita mengandung belerang yang merupakan mineral penting selain kalsium dan fosfor.

Belerang faktanya telah digunakan sepanjang sejarah dalam dunia medis untuk mengobati berbagai macam penyakit, terutama yang berhubungan dengan penyakit kulit. Belerang mempunyai peran penting dalam tubuh untuk sintesis protein tertentu.

Belerang juga terkenal di dalam dunia kecantikan. Sudah banyak produk kecantikan dengan berbagai klaim yang mengandung belerang, seperti krim anti jerawat, krim anti penuaan atau anti aging, dan krim pencerah wajah.

Belerang memiliki sifat antimikroba dan anti bakteri. Berkat sifat anti mikrobanya ini, belerang telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu mengatasi jerawat dan kondisi kulit lainnya. Lalu apa saja kira-kira manfaat belerang ?

Baca Juga: 3 Manfaat Mandi Garam Epsom untuk Anak, Patut Dicoba!

Manfaat Belerang untuk Kulit

Meskipun memiliki bau yang kurang disukai, namun belerang menjadi salah satu komponen penting yang digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Penggunaan belerang untuk mengatasi masalah kulit sudah dilakukan sejak berabad-abad lalu.

Belerang bertindak sebagai zat keratolitik, yaitu membantu pengelupasan kulit mati. Manfaat belerang untuk kulit juga didapat dari sifat antibakteri dan antimikroba yang merupakan sumber masalah beberapa penyakit kulit.

Belerang yang digunakan untuk mengobati masalah kulit sudah terlebih dahulu dicampur dengan bahan-bahan lain. Produk yang dipasarkan juga mudah digunakan, seperti dalam bentuk sabun, lotion, bubuk, hingga sampo. Inilah manfaat belerang untuk kulit:

1. Mengobati Gatal dan Infeksi Kulit

Belerang membantu meredakan gatal dan infeksi kulit

Foto: Freepik.com

Manfaat belerang untuk kulit yang pertama adalah mampu mengobati rasa gatal pada kulit. Dalam jurnal The Antibacterial Properties Of Sulfur mengemukakan bahwa belerang memiliki sifat sebagai antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Dalam penelitian lain, belerang telah dikenal sebagai agen antibakteri yang dapat diberikan secara oral untuk mengatasi berbagai masalah infeksi bakteri. Belerang juga digunakan secara topikal untuk pengobatan pada kulit yang terinfeksi. Pengolesan belerang di kulit dapat membantu mengatasi kudis dan gatal yang disebabkan oleh gigitan tungau.

2. Mengobati Eksim

Eksim merupakan masalah kulit yang ditandai dengan kulit kering, rasa gatal dan ruam kemerahan pada kulit. Banyak juga yang menyebut eksim sebagai penyakit dermatitis atopik yang mengacu pada peradangan kulit.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya eksim, salah satunya karena makanan tertentu seperti kacang-kacangan dan produk olahan susu. Meskipun tidak menular, penyakit eksim membuat penderitanya tidak nyaman karena terus merasa gatal dan tidak kunjung reda.

Eksim dapat sembuh jika diolesi dengan krim atau lotion yang mengandung belerang. Sifat antibakteri pada belerang mampu meredakan rasa gatal dan ruam kemerahan akibat eksim.

3. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Belerang membantu mengangkat sel kulit mati

Foto: Freepik.com

Membantu mengangkat dan mengelupas kulit mati adalah salah satu manfaat belerang untuk kulit.

Zat keratolitik pada belerang memiliki sifat yang membantu pengelupasan sel-sel kulit mati. Pengelupasan sel kulit mati dibutuhkan agar membantu regenerasi kulit sehingga kulit akan tampak lebih sehat, lembut dan cerah.

4. Menghilangkan Ketombe

Penggunaan belerang dalam produk khusus ketombe telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) AS. Manfaat belerang untuk menghilangkan ketombe sering dikombinasikan dengan asam salisilat untuk hasil yang lebih efektif.

Sebuah penelitian kecil dilakukan pada tahun 1987 pada 48 orang dengan ketombe. Hasil menunjukkan bahwa ketika subjek menggunakan sampo yang mengandung belerang dan asam salisilat, mereka melaporkan berkurangnya kerak dan ketombe pada kulit kepala. Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan belerang mengatasi ketombe secara efektif.

Baca Juga: 6 Manfaat Mandi Susu dan Cara Melakukannya di Rumah

Manfaat Air Belerang

Manfaat air belerang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Belerang dapat meningkatkan suhu air sehingga terasa hangat. Air belerang dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Dalam jurnal Sulphurous Mineral Waters: New Applications for Health menyatakan bahwa air belerang telah digunakan secara tradisional dalam dunia medis sebagai pengobatan untuk gangguan kulit, pernapasan dan muskuloskeletal.

Manfaat air belerang didapatkan oleh keberadaan belerang dalam bentuk Hidrogen Sulfida (H2S), molekul aktif di dalam air belerang. Para peneliti menemukan adanya sifat terapeutik dalam air belerang.

Karena banyaknya manfaat air belerang, situs pemandian air panas yang sumber airnya kaya akan belerang, selalu ramai dikunjungi. Lalu, apa saja manfaat air belerang untuk tubuh kita?

5. Memperlancar Sirkulasi Darah

Mandi air belerang dapat memperlancar sirkulasi darah

Foto: Freepik.com

Manfaat air belerang yang pertama adalah mampu memperlancar sirkulasi darah. Air belerang mengandung berbagai macam mineral, seperti kalsium dan natrium bikarbonat.

Ketika tubuh kita berendam di dalam air belerang, maka tubuh kita menyerap mineral tersebut, sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan aliran oksigen dalam tubuh secara keseluruhan.

Kandungan air belerang membantu liver dalam proses detoksifikasi atau pengeluaran racun. Selain itu, menghirup uap dari air belerang juga bermanfaat untuk mengobati beberapa masalah pernapasan seperti asma, sinus, alergi dan lain sebagainya.

6. Menyembuhkan Masalah Kulit

Berendam di dalam air yang tinggi kandungan belerang dianggap bermanfaat bagi kesehatan dan disebut juga sebagai Balneoterapi.

Balneoterapi adalah pengobatan penyakit dengan mandi di air mineral panas. Metode ini telah digunakan selama berabad-abad terutama untuk perawatan masalah kulit kronis dan kondisi muskuloskeletal.

Kandungan belerang memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antimikroba dapat bermanfaat dalam mengatasi masalah kulit seperti gatal, kudis, eksim, dan kulit kemerahan.

Kandungan mineral silika pada air panas membantu mengangkat sel kulit mati sehingga dapat melembutkan kulit yang kering dan kasar. Tidak hanya dapat mengobati gatal-gatal, manfaat air belerang juga dapat melindungi tubuh dari racun yang terdapat dalam lingkungan.

7. Meredakan Kelelahan

Berendam air belerang dapat membantu meredakan kelelahan

Foto: Freepik.com

Manfaat air belerang jika digunakan untuk berendam dapat membantu meredakan kelelahan dan menenangkan pikiran. Tekanan pada air belerang yang bersuhu panas dapat memberikan efek relaksasi pada otot dan persendian.

Jika dilakukan secara rutin, berendam dengan air belerang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, sehingga menjaga stamina agar tidak cepat kelelahan. Hal ini juga dapat membantu seseorang yang mengalami masalah susah tidur menjadi lebih tenang dan mengantuk.

Baca Juga: Mandi ASI Untuk Bayi, Ketahui 5 Manfaat Ini

Manfaat Belerang untuk Wajah

Sejak dahulu, belerang telah digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah kulit dan wajah. Kandungan belerang atau sulfur, umumnya ditemukan di produk-produk yang dikhususkan untuk menghilangkan jerawat.

Beberapa manfaat belerang untuk wajah yang perlu diketahui, yaitu:

8. Mengobati Jerawat

Belerang dapat membantu mengatasi jerawat

Foto: Freepik.com

Manfaat belerang untuk wajah yang pertama adalah dapat mengobati jerawat. Klaim ini tentunya sudah tidak asing lagi terdengar karena banyak sekali produk-produk perawatan kulit yang mengandung belerang atau sulfur.

Sebagai obat topikal untuk jerawat, belerang bekerja mirip dengan benzoil peroksida dan asam salisilat. Namun, sifat belerang tidak sekeras benzoil peroksida yang berpotensi membuat kulit kasar. Sebaliknya, penggunaan belerang untuk mengobati jerawat cenderung lebih lembut di kulit.

Belerang membantu mengeringkan permukaan kulit dan membantu menyerap minyak berlebih pada wajah yang sering dikaitkan dengan munculnya jerawat. Belerang juga dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati untuk membersihkan pori-pori.

Belerang bekerja paling baik untuk jerawat yang terbentuk dari kombinasi sel kulit mati dan sebum berlebih. Namun, perlu diingat hasil akan berbeda di setiap jenis kulit masing-masing orang.

9. Menghilangkan Komedo

Tidak hanya sebagai penghilang jerawat, manfaat belerang untuk wajah selanjutnya juga dapat membantu menghilangkan komedo. Komedo merupakan bentuk jerawat paling ringan.

Komedo terbentuk ketika minyak dan sel kulit mati bergabung dan tersangkut dalam folikel rambut halus di wajah. Belerang yang memiliki zat keratolitik dapat membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati sehingga tidak membuat pori-pori tersumbat dan dapat menghilangkan komedo yang mengganggu penampilan.

10. Meredakan Rosacea

Belerang mampu mengatasi beberapa jenis penyakit kulit

Foto: Freepik.com

Mengutip dari Mayo Clinic, rosacea adalah kondisi kulit umum yang menyebabkan kemerahan dan pembuluh darah terlihat di wajah. Kondisi ini juga dapat menghasilkan benjolan kecil, merah dan berisi nanah. Rosacea bisa menyerang siapa saja, namun paling sering terjadi pada wanita paruh baya.

Belerang yang dioleskan secara topikal dapat membantu mengobati rosacea. Sifat anti-inflamasi pada belerang mampu mencegah dan meredakan peradangan, sedangkan sifat anti bakteri pada belerang mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan rosacea semakin parah.

11. Menghilangkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat pada wajah yang tidak kunjung hilang dapat terasa mengganggu penampilan. Selain dapat menghilangkan jerawat, belerang juga memiliki manfaat untuk menghilangkan bekas jerawat. Sifat belerang yang dapat mengangkat sel kulit mati, dapat memicu regenerasi kulit lebih cepat sehingga bekas luka maupun bekas jerawat segera memudar.

12. Mencerahkan Wajah

Belerang dapat membantu mencerahkan wajah

Foto: Orami Photo Stock

Karena belerang memiliki zat keratolitik yang bersifat membantu pelepasan sel-sel kulit mati, menggunakan produk berbahan sulfur dapat membantu mencerahkan wajah. Pengelupasan sel-sel kulit mati bertujuan untuk membantu regenerasi kulit dengan cepat. Hal ini membuat kulit wajah dapat terlihat lebih halus dan cerah.

13. Memperlambat Tanda Penuaan

Manfaat belerang untuk wajah selanjutnya adalah dapat memperlambat tanda-tanda penuaan, seperti keriput, bercak hitam pada wajah, dan kulit kering. Mengutip dari Riordan Clinic, belerang diperlukan untuk memproduksi dan perbaikan kolagen di kulit.

Kolagen merupakan komponen penting dalam kulit yang berperan dalam mencerahkan kulit, serta membuatnya kenyal dan kencang. Kandungan belerang sering kali ditambahkan pada produk-produk anti aging. Selain itu, fungsi belerang dalam produk anti aging dapat membunuh bakteri penyebab kerusakan kulit.

Baca Juga: 7 Makanan yang Mempercepat Penuaan Kulit, Hindari dari Sekarang!

Inilah manfaat belerang untuk berbagai masalah di tubuh, khususnya kulit. Moms mau coba?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait